Desain dan Denah Rumah + Toko dengan Atap Miring Ukuran 6 x 12 M Cocok untuk Keluarga Kecil untuk Berwirausaha

 

Gambar : @Desainrumah46

Homeshabby.com -- Belakangan ini, sebagian orang lebih menyukai untuk memanfaatkan hunian pribadinya menjadi tempat usaha. Alternatif rumah yang sekaligus dijadikan toko tentu juga akan mengurangi beban biaya sewa toko untuk usaha keluarga anda. Lokasi rumah yang strategis dan mudah dijangkau sangat menguntungkan bagi perkembangan usaha bisnis anda. Rumah di atas lahan 6 x 12 m bisa anda tambahkan space kosong di bagian samping carport sebagai toko berukuran 4 x 3 m dengan desain yang simple namun cukup untuk menampung semua barang jualan anda. Efisien bukan? Berikut ini penjabaran secara detail mengenai desain dan denah rumah+toko dengan atap miring ukuran 6 x 12 m cocok untuk keluarga kecil yang ingin berwirausaha di atas lahan pribadi :


Tampak samping depan rumah+toko ukuran 6 x 12 m

Bangunan dari samping depan nampak memiliki kemiringan atap yang berbeda, dengan perpaduan bagian depan menggunakan atap dak cor di bagian toko dan kanopi kaca berangka besi hollow untuk pelindung bagian carport terhadap perubahan suhu. Untuk tetap memunculkan hijaunya tanaman, terdapat jenis tanaman rambat yang dibiarkan hidup pada bagian atap toko sehingga selain membuat fasad nampak lebih hidup juga mampu memberikan suasana fasad lebih sejuk. Dinding penopang atap fasad nampak pengaplikasin bata ekspos merah berbentuk segitiga dan pola garis-garis teralis kayu pada bagian sisi kanannya untuk sentuhan aksen yang lebih natural dan modern.


Nampak atap rumah + toko ukuran 6 x 12 m

Desain bagian model atap miring dengan ketinggian kemiringan yang berbeda yang mampu mencerminkan modernitas dari bangunan. Genteng yang digunakan dari beton flat khas gaya rumah minimalis yang memiliki nilai estetika tersendiri. Kemiringan yang tajam mampu mengalirkan curahan air hujan langsung ke bawah pekarangan hijau sebagai area peresapan air sehingga suasana sekitar hunian juga lebih aman dari banjir dan tentunya menjadi lebih asri. Atap toko dari dak cor beton, di berikan sentuhan batuan alam pada bagian tepi agar aksen alam bisa terlihat jelas dari bagian fasad.


Inspirasi desain dapur menyatu dengan dining room dari @ifthako

Kalau di lihat dari denah pembagian tata letak ruang dan interior rumah + toko ini nampak penataan bagian kitchen menyatu dengan dining room agar lebih efisien dan saving space. Ruang berukuran kisaran 3 x 3,5 m yang menyisakan dimensi gerak untuk akses keluar masuk pintu belakang menuju area indoor laundry bisa anda coba desain kitchen seperti ini. Memiliki model kitchen set memanjang menyesuaikan sudut space dan lantai parket serta pengaplikasian keramik granit hitam untuk aksen top table kitchen yang gloosy sehingga desain nampak lebih classy di dalam rumah yang hanya berukuran 6 x 12 m.

Sedangkan untuk bagian dining room, pastikan anda memilih set meja makan dengan size meja tidak melebihi ukuran ruang dengan material kayu finishing selaras dengan konsep rumah, agar nampak lebih cantik di lihat dan nyaman untuk beraktifitas.

Denah ruang pada rumah + toko ukuran 6 x 12 m

Berikut merupakan denah pembagian tata letak ruang interior pada rumah yang cocok untuk keluarga kecil, di antaranya :

Yang paling utama yaitu toko bagian depan berukuran 4 x 3 m seukuran dengan area carport atau garasi mobil pribadi anda. Terdapat terrace 1 x 3 m, living room 2,5 x 3 m, dining room dan kitchen 3,5 x 3 m, laundry room bagian belakang 1 x 3 m, serta sebelah kiri terdapat 2 kamar tidur dengan bathroom luar di bagian tengahnya. Kamar tidur bagian depan berukuran 3,5 x 3 m, bathroom 1,5 x 1,5 dan bedroom belakang berukuran 3 x 3 m.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis      : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber dari instagram