Desain Rumah Ukuran 6 x 12 M Konsep Tropis Sederhana yang Nampak Besar

 

Homeshabby.com -- Hello bunda, untuk menemani waktu istirahat anda, Homeshabby.com akan membagikan inspirasi mengenai desain dan denah rumah di atas lahan 6 x 12 m dengan mengadopsi konsep tropis sederhana yang nampak besar. Di katakan besar karena bentuk bangunan fasad yang melebar dan minimalis sehingga cocok untuk anda yang memiliki anggota keluarga yang cukup besar.


1. Desain rumah tampak atas

Nampak atas depan rumah ukuran 6 x 12 m

Bangunan rumah ini menggunakan model atap limasan yang dikombinasikan dengan atap dak cor dan kaca pada area carport dan kamar mandi, desainnya yang timeless dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada fasad rumah minimalis tropis. Konstruksinya yang awet dan kokoh dengan genteng beton flat mampu melindungi dari sinar matahari dan hujan yang merata di setiap sisi bangunan. Bagian depan menggunakan pagar kayu dan besi pada carport dan teralis pagar secara permanen di bagian tengah, selain itu terdapat area taman pagar dan area bersantai dengan permukaan tanah yang di tanami rumput hias di balik pagar tersebut.


2. Desain rumah tampak atap

Nampak samping kiri atas rumah ukuran 6 x 12 m
 
Tujuan penggunaan atap datar yang terletak pada area carport dan kamar mandi agar lebih efisien sekaligus sebagai tempat tangki air untuk kebutuhan penghuninya. Pada bagian carport atap bagian tengah di kombinasikan dengan atap kaca dengan rangka besi hitam agar memberikan ventilasi cahaya di bagian bawahnya. Sehingga tidak akan terkesan gelap ketika pagar rumah dalam posisi tertutup sekalipun.

3. Desain ruang makan  


Desain ruang makan dan dapur
 
Beralih ke desain interior ruang makan dan dapur dalam satu elemen bidang yang sama. Terletak di sebelah kiri ruang tamu atau ruang keluarga dengan ukuran 2,8 x 3,5 m yang langsung bersebelahan dengan area teras dengan 3 jendela panjang sebagai sirkulasi udara agar tidak terasa pengap saat memasak.  Kitchen set, 1 lemari dan kulkas 2 pintu di letakkan menepi ke dinding agar kesan lega tetap terjaga, sedangkan untuk set meja makan di bagian tengah dengan model kaki yang ramping sehingga menyisakan dimensi ruang untuk memberikan suasana yang airy dan nyaman.
 

5. Desain denah lengkap ukuran

Denah ruang rumah ukuran 6 x 12 m

Berikut ini anda bisa lihat secara detail mengenai tata letak dan pembagian ruang untuk rumah ukuran 6 x 12 m dengan konsep tropis sederhana yang nampak lebar jika di pandang pada bagian fasad. Berbeda dengan desain rumah minimalis pada umumnya, untuk ukuran 12 m di bagian depan dengan panjang ke belakang 6 m dan untuk pembagian ruangnya yaitu :

Carport di sebelah kiri berukuran  2,8 x 4,5 m, taman dengan lebar kurang dari 1 m yang memanjang yaitu 0,8 x 5,9 m. Masuk dengan pintu utama dengan model samping menuju ruang tamu sekaligus ruang keluarga 3,3 x 2,8 m, bersebelahan dengan 2 kamar tidur berukuran 3,03 x 3,11 m dan 2,8 x 2,4 m. Sedangkan di bagian belakang ruang tamu terdapat area kosong yang bisa anda manfaatkan untuk ruang laundry sekaligus taman. Di sebelah kiri terdapat ruang makan dan dapur berukuran 3,5 x 2,8 m dan kamar mandi 1,2 x 2,8 m.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Desain rumah 36