Desain dan Denah Rumah Sederhana dengan Bata Ekspos Ukuran 6 x 12 M Tampil lebih Indah dan Natural

 

 
Homeshabby.com -- Hai bunda, kembali lagi ke inspirasi desain dan denah rumah idaman anda. Kali ini Homeshabby.com akan mengulas tentang desain dan denah rumah yang nampak sederhana menggunakan material bata ekspos pada sebagian banyak sisi dinding eksterior dengan ukuran bangunan 6 x 12 m yang tampil lebih indah dan natural. Dinding roster juga diaplikasikan pada fasad rumah untuk ventilasi cahaya matahari dengan sentuhan tanaman juntai agar tidak terkesan kering dan panas. Berikut inspirasinya :
 

Nampak samping depan rumah

Pada fasad rumah diaplikasikan bata Terakota sebagai titik fokus dinding yang lebih natural. Memiliki beberapa ukuran mulai dari 20 x 5 x 2 cm sampai 22 x 6 x 2 cm dengan volume isi per box mulai 60 - 80 pcs/m, harganya pun juga bervariasi sekitar 170ribu/box nya tergantung kebutuhan. Terdapat dua sisi pintu masuk yaitu pada bagian living room dan laundry room yang lebih efisien. Pagar dari besi hollow berwarna hitam yang rendah dengan bentuk teralis horizontal sehingga carport nampak lebih airy dan lega. 

 

Nampak teras leter L rumah ukuran 6 x 12 m

Bagian lantai carport yang menggunakan grass block nampak serasi dipadukan dengan lantai granit yang terkesan glossy pada bagian teras rumah mungil. Kusen pintu dan jendela utama menuju living room juga terkesan mewah dengan bahan baja ringan dan kaca bening sebagai aksen masuknya cahaya luar secara alami. Lighting bergaya industrial juga mampu menambah keindahan fasad, memberikan suasana hangat dan earthy ketika malam hari.

 

Desain family room dengan konsep open space

Dua fungsi ruang memiliki kesan menyatu karena model penyekat antar ruang yang menggunakan bentuk partisi dan saving space. Pandangan mata juga tidak akan terhalang walaupun kehadiran pembatas di antara living room dan family room. Begitu pula, pada tata interior ruang keluarga terkesan open space karena adanya bukaan yang lebar ke belakang rumah, sehingga anda dapat mengatur sirkulasi udara dan penggunaan listrik yang lebih hemat biaya. Berukuran 3 x 3 m dilengkapi long sofa dan backdrop untuk peletakan TV. Desain yang lapang dengan udara yang segar menjadikan waktu istirahat menjadi lebih nyaman bersama keluarga. 

 

 Desain kamar tidur di bagian belakang

Desain bedroom di bagian belakang berukuran 3 x 3 m di lengkapi bed queen size dengan rancangan headboard setinggi plafon yang terdapat sentuhan hidden light dan penerangan lampu dinding membuat suasana bedroom lebih hangat dan romantis. Selain itu konsep workspace yang menghadap jendela dapat menjadikan ruang lebih segar karena masuknya udara taman ke dalam bedroom sehingga waktu bekerja anda juga akan lebih fokus dan menyenangkan.


Denah ruang pada rumah 6 x 12 m

Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai denah pembagian ruang pada rumah sederhana ukuran 6 x 12 m ini berdasarkan gambar di atas : 

Berbeda dengan desain pada umumnya, denah rumah yang memiliki konsep dapur, ruang makan dan laundry di tempatkan pada bagian depan. Dengan ukuran per ruangnya yaitu teras depan selebar 1 m dengan lorong dinding roster menuju ruang laundry semi outdoor berukuran 2 x 4 m, kitchen dan dining room 2 x 3,5 m. Kembali ke area outdoor terdapat carport 4,5 x 3 m menyatu dengan teras leter L sebagai akses menuju living room dan family room berukuran 6 x 3 m. Kamar tidur anak 3 x 2 m, kamar mandi 1,5 x 2 m, master bedroom 3 x 3 m dan taman outdoor di bagian belakang seluas 1,5 x 3 m.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. 
Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis    : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Asri Matra