Desain dan Denah Rumah Modern Terbaru Ukuran 8 x 12 M dengan Carport dan Balkon yang Luas

 

Homeshabby.com -- Hai bunda, memiliki hunian yang lebar dengan lokasi sekelilingnya dipenuhi area hijau tentu menjadi impian banyak orang. Rumah di atas lahan 8 x 12 m memiliki 2 lantai dengan area carport dan balkon yang luas ini menjadi daya tarik tersendiri pada desain kali ini. Ventilasi dan pencahayaan setiap ruang sangat bagus, menjadikan suasana rumah terasa nyaman dan udara menjadi lebih sehat bagi keluarga anda. Bagian atap carport lebih efisien dan multifungsi, yang sekaligus digunakan sebagai lantai balkon yang seluas carport lantai 1 sehingga bangunan nampak begitu megah dan luas karena ruang terbuka di bagian depan. Sisa lahan di fungsikan sebagai taman agar penghawaan juga lebih maksimal masuk ke dalam rumah. Untuk desain dan denah lebih detailnya anda bisa melihat paparan berikut ini :

 

Nampak samping atas rumah

Dengan mengusung konsep modern dengan luas 8 x 12 m ini bagian fasad nampak begitu elegan, dengan penggunaan elemen bata ekspos di bagian sisi dinding sebagai tambahan aksen yang natural setinggi bangunan. Taman minimalis melengkapi tampilan fasad menjadi lebih asri walaupun dengan ukuran yang sangat minimalis. Bangunan tanpa adanya pagar depan sebagai pelindung dan pembatas justru membuat kesan halaman lebih terlihat lega dan luas. Kombinasi warna putih, abu-abu, cream dan warna batu bata yang khas mampu menghasilkan hunian yang stylish dan menawan.

 

Nampak atap rumah

Seperti pada desain rumah pada umumnya, rumah modern berukuran 8 x 12 m ini menggunakan atap limasan dari genteng beton flat yang mencirikan bangunan bergaya minimalis modern, namun jika anda ingin menampilkan daya tarik yang berbeda dan lebih mewah, anda bisa menggunakan genteng metal yang memiliki kontur lebih glossy dan memukau sehingga akan lebih stand out, daya tahannya juga hampir sama seperti beton flat. Area balkon nampak terbuka, sebagai area bersantai dan berkumpul dengan tambahan meja kursi dan penutup payung lipat yang efisien mampu mereduksi panas dan cahaya lebih teduh. Balkon juga dilengkapi teralis besi hollow sebagai railing pagar yang safety, selain itu juga terdapat tanaman pagar dengan ketinggian yang rendah yang menghijaukan area outdoor tersebut.

 

Desain family room lantai 2

Berdampingan langsung dengan area stairs lantai 2, terdapat penempatan family room yang tepat yaitu memaksimalkan letak sliding door yang langsung tertuju ke luar balkon yang luas sebagai ventilasi udara dan menjaga sirkulasi udara yang sehat ke dalam ruangan. Posisi ruang keluarga di dekat balkon ini, dimaksudkan agar ruang nampak luas serta waktu berkumpul keluarga menjadi lebih sejuk dan menyenangkan.

 

Denah lantai 1

Pada lantai 1, pembagian ruang lebih diprioritaskan sebagai public area dengan pemanfaatan lahan kosong sebagai area taman baik di bagian depan maupun belakang rumah dengan konsep semi outdoor yang menggunakan atap transparan. Bagian depan taman berukuran 4,3 x 2 m sedangkan di bagian belakang hanya 2,9 x 1,5 m. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan area carport yang lebih luas 5,8 x 4,5 m agar dapat menampung 1 atau 2 mobil sekaligus. 

Masuk ke dalam interior rumah terdapat living room 2,8 x 2,9 m, bedroom 1 untuk tamu atau saudara berukuran 2,8 x 2,7 m, area tangga di tempatkan di sudut depan agar lebih efisien. Beralih ke ruang tengah terdapat kitchen, dining room dan ruang keluarga yang open space 4,2 x 8 m, sedangkan untuk ruang belakang digunakan untuk bathroom 1,5 x 1,8 m.

 

Denah lantai 2

Sedagkan untuk denah lantai 2 di fokuskan untuk private area dengan 2 kamar tidur di setiap sudutnya. Di sudut depan dekat area balkon berukuran 4,8 x 3 m dan bedroom kids di sudut belakang berukuran 2,8 x 2,6 m, family room 4,2 x 2,5 m, ruang cuci 1,5 x 2,2 m dan bathroom 1 x 2,2 m. Terdapat area balkon depan seluas carport lantai 1 yaitu 4,5 x 6,3 m dan balkon belakang 2,5 x 2,5 m.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Desain rumah 36