Desain Rumah Minimalis Elegan Ukuran 7,5 x 14 m 3 kamar Tidur + Mushola lengkap dengan RABnya

 Desain dan denah rumah minimalis 7,5 x 14 m

Homeshabby.com -- Selamat siang bunda, kembali lagi dengan inspirasi desain dan denah rumah dari Homeshabby.com. Siang ini akan di ulas mengenai hunian yang minimalis dan elegan di atas lahan 7,5 x 14 m yang memiliki pembagian 3 kamar tidur dan 1 mushola dengan interior kontemporer dan tentunya tidak ketinggalan zaman. Selain itu di akhir artikel juga akan di bagikan mengenai rancangan anggaran biaya tentang rekapitulasi nilai pekerjaan di luar harga tanah dan bahan bangunan. Penasaran seperti apa ? Mari simak baik-baik dan jangan lupa untuk colek suami tercinta ya bund.

1. Desain rumah tampak fasad

Nampak samping depan rumah 7,5 x 14 m

Fasad bangunan rumah ini nampak lebih simple dan sederhana dengan menonjolkan elemen fasad yang ramah lingkungan seperti bahan kayu pada kusen pintu dan jendela, batuan alam pada pilar dinding teras, keramik granit yang nampak kecoklatan di bagian depan serta tembok roster untuk sirkulasi cahaya yang lebih hemat biaya di bagian carport. Penggunaan bahan yang natural sangat di minati banyak orang selain untuk menekan biaya yang tidak terlalu mahal juga mampu memberikan suasana fasad lebih sejuk dan homey.

2. Desain rumah tampak atap

 

Nampak atap rumah 

Bagian atap rumah ini menggunakan kombinasi model atap limasan dengan genteng beton flat yang merupakan ciri khas rumah bergaya minimalis dan atap datar dengan sentuhan model atap pergola kayu yang kekinian. Perpaduan atap yang keren ini mampu membuat hasil hunian lebih terkesan modern dan elegan. Di bagian samping kiri di biarkan terbuka agar anda bisa memanfaatkannya sebagai area penghijauan yang open space dengan taman samping rumah untuk tempat berkebun ataupun bersantai di pagi dan sore hari.

3. Desain kamar tidur

 

Desain kamar tidur utama

Desain kamar tidur berukuran 3 x 2,5 m ini di lengkapi bed single size serta nakas untuk peletakan table lamp. Cahaya dari hidden light pada headboard mampu membuat kesan kamar tidur menjadi lebih elegan yang menawan. Warna coklat dan abu-abu pada bed akan membuat waktu istirahat anda lebih hangat dan menenangkan. Tidak lupa adanya jendela samping dan tambahan gorden coklat yang memberikan pencahayaan natural pada siang hari sehingga lebih menghemat listrik.

4. Desain dapur

 

Inspirasi dapur dan mushola di ruang belakang

Beralih ke ruang belakang terdapat kitchen dan mushola minimalis yang berhadapan. Ruang mengadopsi konsep open space yang tidak memanfaatkan dinding ataupun pintu sebagai pembatas ruang sehingga desain interior pada hunian ini nampak lebih lega dan ruang gerak aktifitas lebih bebas. Ornamen islami juga nampak di tonjolkan pada setengah dinding partisi mushola sehingga mampu menambah nilai estetika dari ruang ibadah tersebut. Open space dapat terwujud karena pintu belakang menggunakan sliding door dari kusen kayu dan kaca glass untuk menghubungkan ruang indoor dengan ruang cuci jemur yang outdoor.

 

5. Denah dan ukuran

 

Denah ruang rumah ukuran 7,5 x 14 m

Berikut ini anda bisa melihat lebih detail denah ruang pada desain rumah minimalis elegan berukruan 7,5 x 14 m. Pada bagian motorport berukuran 2,5 x 5 m dengan kapasitas sampai 3 kendaraan, sedangkan di bagian depan teras berukuran 2,5 x 1,5 m digunakan untuk taman berkebun dengan luas 2 x 5 m. 

Masuk pada area interior rumah terdapat living room 2,5 x 3 m, kamar tidur depan 3 x 2,5 m, kamar tidur belakang motorport berukuran sama yaitu 3 x 2,5 m berhadapan langsung dengan family room, dining room dan area garden samping rumah dengan ukuran area sepanjang 4,5 m. Kamar mandi 1,5 x 1,5 m. 

Beralih ke ruang belakang terdapat kitchen 3 x 2,5 m dan mushola berukuran 3 x 1,5 m serta area laundry outdoor 4,5 x1,5 m. Selain itu di sudut belakang juga di manfaatkan sebagai ruang beristirahat atau kamar tidur dengan ukuran yang lebih luas dan fasilitas bathroom dalam berukuran 3 x 4,5 m.

 Rancangan anggaran biaya

Berikut ini merupakan rancangan anggaran biaya atau RAB dari pembangunan rumah ukuran 7,5 x 14 m ini mulai dari persiapan akomodasi dan transportasi samping pekerjaan sanitasi air kotor air bersih dengan jumlah Rp. 171.386.825 dan harga permeternya 2,5 juta.

Catatan :  harga rekapitulasi ini bisa berbeda-beda sesuai daerah yang akan di bangun serta jumlah anggaran tersebut belum termasuk harga tanah dan interior di dalamnya. 


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. 

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. 

Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Arsi Matra