Desain dan Denah Rumah Megah Berbentuk L Atap Pelana dan Fasilitas Mewah yang Tampil lebih Mempesona

 Desain dan denah rumah megah bentuk L beratap pelana
 

Homeshabby.com -- Pagi yang cerah ini akan kami bagikan inspirasi bermanfaat dari project Homeshabby.com mengenai desain dan denah rumah megah berbentuk L yang memiliki sudut siku-siku dengan sisi yang bisa sama panjang atau panjang sebelah dengan atap pelana dan fasilitas mewah yang tampil lebih mempesona. Rumah yang mewah dengan lahan yang luas dan bentuk yang unik adalah impian seluruh keluarga, terutama bagi anda yang mempunyai budget yang sudah dipersiapkan dengan matang. Berikut penjabarannya :

 

Nampak depan rumah dengan carport terbuka

Bagian depan rumah megah ini terlihat minimalis dengan bentuk panjang ke belakang dan posisi carport disamping kanan. Pemilihan warna eksterior lebih kalem dan lembut dari kombinasi elemen secara natural seperti batu alam, semen ekspos, kayu atau batu bata serta putihnya cat dan tekstur jendela tempa yang nampak unik dan menawan. Batu alam di aplikasikan sebagai titik fokus pilar fasad yang menunjang bangunan terkesan lebih tinggi, selain itu paving block pada lantai carport membuat desain eksterior menjadi lebih modern.


Nampak samping kiri fasad rumah megah

Pada bentuk eksterior yang minimalis dan simple memanfaatkan lahan depan secara maksimal sebagai area penghijauan dengan berbagai tanaman dan pohon yang rindang, sehingga fasad teraspun akan terasa lebih segar dan sejuk walaupun pada rumah dengan bangunan yang menghadap ke timur. Pilar teras dengan lampu eksterior dan penyangga kayu teralis di bagian atasnya membuat bangunan lebih kekinian.


Nampak bagian atas depan rumah berbentuk L

Sedangkan untuk tampilan fasad dari atas, nampak penggunaan atap yang bervariatif dan estetik, bagian utama rumah menggunakan atap model pelana dengan kemiringan yang tajam serta di lengkapi saluran pipa air hujan menuju halaman untuk peresapan air secara maksimal. Selain itu, bagian carport menggunakan kanopi dari bahan kaca Solarflat yang transparan dan besi hollow putih sehingga pencahayaanan pun secara alami bisa masuk ke area fasad secara maksimal. Sedangkan untuk pemilihan pagar dengan bahan kayu horizontal dikombinasikan dengan pagar batu alam yang bersifat permanen.


Nampak atap rumah berbentuk L

Memiliki lahan yang luas namun berhimpitan langsung dengan lahan pekarangan milik orang lain membuat anda berfikir kreatif dalam memperhatikan desain rumah agar lebih maksimal. Terlihat dari bangunan rumah megah berbentuk L yang unik dan berbeda ini, Perpaduan model atap yang beragam, mulai dari atap pelana, kanopi kaca dan atap datar dari dak cor di bagian sudut siku. Selain itu terdapat space yang menerapkan konsep outdoor untuk dimanfaatkan untuk area taman di sudut belakang dan di bagian ujung leter L sebagai area kolam ikan dan bersantai.


Kolam ikan dan taman relaksasi di bagian ujung leter L

Penampakan desain eksterior lebih jelas, terdapat pemanfaatkan lahan kosong di bagian ujung leter L sebagai area outdoor yaitu tempat bermain dan relaksasi dengan kolam ikan dan taman minimalis dengan steeping batu alam yang menghubungkan ruang kerja dengan ruang dapur sehingga tata eksterior terlihat lebih indah dan rapi. 2 ruang indoor yang di himpit area outdoor tentu menjadikan suasana menjadi lebih homey dan hemat energi, waktu berkumpul baik pagi maupun malam hari pun akan terasa menyenangkan dengan udara dan cahaya secara natural.

 

 

Denah pembagian ruang dalam rumah megah berbentuk L secara detail

Berikut ini merupakan denah tata letak ruang secara keseluruhan pada rumah berbentuk L yang tampil lebih mempesona. Mulai dari bagian depan fasad berukuran lebar lahan 10,5 m dan panjang ke belakang 13 m sebelah kiri dan 9,5 m sebelah kanan menuju sudut leter L. Sedangkan untuk lebar bangunan bagian belakang berukuran 26,5 m dan di bagian depannya 16 m dengan panjang 4 m. Sedangkan untuk tata letak ruangnya yaitu :

Carport 3 x 6 m, teras depan 3,5 x 2,5 m, ruang tamu 3,5 x 3,5 m, Kamar tidur utama bagian depan 4 x 5 m dengan bathroom dalam 1,5 x 1,5 m. Masuk ke ruang tengah terdapat TV room 3 x 6,5 m, bersebelahan dengan kamar tidur ke-2 dan bathroom dalam 3 x 4 m, Sudut belakang dengan konsep outdoor digunakan untuk area taman dan ruang laundry berukuran 3 x 5,5 m, sebelah kanannya terdapat kamar tidur ke-3 3 x 4 m dan bathroom dalam 2,5 x 1,5 m serta bathroom luar berukuran sama. Beralih ke bagian ruang Leter L belakang, difokuskan untuk ruang berkumpul bersama keluarga besar, terdapat area kitchen dan dining room yang luas 6 x 4 m, taman dan kolam ikan 5,5 x 4 m dan ruang kerja berukuran 3 x 4 m di bagian ruang paling ujung.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. 
Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis    : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Homeshabby.com