Desain dan Denah Rumah Kontemporer Bertingkat di Lahan Hook ukuran 13 x 15 M dengan Material Ramah Lingkungan

 

Homeshabby.com -- Hai bund, di hari yang cerah ini Homeshabby.com akan membagikan ulasan inspirasi mengenai desain dan denah rumah yang berbeda dari sebelumnya. Rumah kontemporer bertingkat di lahan hook atau biasanya di sebut rumah sudut yang terletak di sudut jalan, sengaja di buat menghadap ke arah barat dan ke arah utara untuk akses samping.


Hunian ini berukuran 13 x 15 m dengan fasilitas dan tata letak ruang yang sangat lengkap, memanfaatkan material bagian fasad yang ramah lingkungan sehingga bisa mereduksi arah sinar matahari secara tidak langsung. Penasaran penjabaran selanjutnya? berikut inspirasinya :

Nampak dari depan rumah di lahan hook

Nampak fasad dari arah barat, nampak kisi-kisi kayu pada kusen jendela sebagai secondariskin guna mereduksi panas matahari menjadi lebih sejuk ketika di dalam rumah. Aksen dinding menggunakan material marmer travertine yang dipadukan dengan batu alam palimanan yang khas. Atap miring dengan genteng beton yang mtahan lama dan anti bocor walaupun dalam jangka umur yang panjang berangka atap baja ringan dengan finishing menyerupai kayu. Sedangkan di bagian carport menggunakan pelindung atap kanopi besi hollow 40 x 40 + kaca tempered dengan ketebalan 12 mm serta pagar pembatas dengan model besi ringan dengan permainan pola yang membuat kesan fasad lebih terbuka dengan lingkungan.


Nampak eksterior samping rumah

Nampak rumah kontemporer dari arah samping, terlihat banyaknya elemen jendela dengan gaya yang berbeda-beda yang bermaterial kaca bening dan kusen kayu borneo khas kalimantan guna menonjolkan bangunan yang kekinian namun dengan gaya lokal dan ramah lingkungan. Aksen dinding juga nampak focal point dari perpaduan batu bata finishing cat dan marmer travertine yang bisa menyerap panas dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan homey.


Desain kamar tidur depan sebelah kiri

Beralih ke desain interior yang berada pada kamar tidur depan di posisikan tepat di belakang carport, Berukuran 3 x 4 m terdapat bed single size, wardrobe serta meja belajar dengan desain kamar penuh cahaya dari bukaan swing window yang langsung menyatu dengan view halaman bagian depan. Nampak tidak berlebihan dengan aksen dinding artwork yang terkesan outsending serta colortone yang kalem sehingga mampu menghangatkan suasana istirahat anda di dalam kamar tidur ini.



Denah lantai 1

Berikut merupakan denah tata letak ruang lantai 1 di antaranya:


Carport 4 x 5,15 m, teras dengan lantai keramik motif kayu 1,5 x 3,4 m, taman leter L 5,5 x 6,15 m, ruang tamu 3 x 3 m, kamar tidur depan sebelah kiri dan sebelah kanan berukuran 3 x 4 m dengan posisi bathroom di sebelah ruang tamu 1,95 x 1,5 m. Bagian ruang tengah dimanfaatkan untuk teras samping outdoor 4 x 2 m, family room 4 x 4 m, kitchen dan pantry 3 x 4,5 m, gudang penyimpanan 3 x 2 m, kamar tidur anak bagian sudut belakang sebelah kiri 4,5 x 3 m (bertujuan agar posisi kamar yang dilengkapi bukaan jendela bisa menghadap ke taman samping untuk area vegetasi bangunan yang dapat mereduksi sinar matahari menjadi lebih segar), 2 bathroom berukuran sama yaitu 1,5 x 1,5 m, kamar tidur pembantu 2,5 x 3 m serta laundry jemur di sudut belakang kanan 3,5 x 3 m.

Denah lantai 2
 
Sedangkan untuk denah tata letak ruang lantai 2 yaitu :

Ruang keluarga bagian depan 3 x 5 m dekat jendela yang menghadap ke arah depan sebagai jalur sirkulasi udara maupun cahaya, posisi tangga dengan space void di tengah sehingga bisa langsung melihat ke arah lantai 1. Ruang baca 4 x 2,5 m, mushola sudut belakang sebelah kiri ukuran 3 x 2,5 m sebagai tempat ibadah dengan tujuan lebih tenang dan privasi. Terdapat kamar tidur utama 4 x 3 m dengan fasilitas bathrom dalam 1,5 x 1,5 m dan wardrobe 2,5 x 1,5 m.
 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis      : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Sibambostudio