6 Ide Kolong Dapur Rumah Sederhana Agar Bermanfaat dan Tampil Cantik

 

Gambar : @ha4ppy_home

Homeshabby.com -- Ibu rumah tangga mana yang tidak suka memiliki dapur sederhana dan rapi? Pentingnya sebuah dapur seperti itu memang tidak hanya ditentukan oleh besar kecilnya ukuran, namun juga dibutuhkan trik khusus dalam penataaan perlengkapan maupun peralatan dapur, apalagi jika dapur rumah anda tidak memiliki kitchen set. Meja kitchen yang di buat secara costum atau manual oleh tukang biasanya menyisakan kolong dapur bagian bawah yang kosong, lalu bagaimana cara memanfaatkan kolong dapur agar lebih multifungsi dan tetap tampi cantik ? Berikut 6 ide kolong dapur rumah sederhana agar bermanfaat dan tampil cantik :


Gambar : @pinterest.com

Desain dapur sederhana bergaya Industrial yang identik dengan material yang terekspos nampak rapi berkat penataan peralatan dapur di bagian kolong bawah. Untuk table kitchen dari semen finishing keramik batu alam yang warnanya natural selaras dengan area backplash dan dinding ruangan. Laci atau kabinet di buat secara costum dari bahan kayu ulin yang dikonsep tanpa penutup sehingga lebih terkesan lega untuk penyimpanan wadah anyaman bambu, oven ataupun tempat sampah.


Gambar : @avie_novi

Kalau di sebelumnya kolong wastafel di biarkan kosong dan terbuka, berbeda pada desain dapur sederhana dengan ukuran kecil ini. Dapur bernuansa putih kayu yang nampak classy memiliki kolong kabinet bagian bawah wastafel menjadi lebih multifungsi, yaitu sebagai area penyimpanan rak pengering untuk peralatan masak seperti panci, ataupun wajan penggorengan yang jika anda letakkan di rak top table kitchen, kehadirannya akan lebih mengganggu tampilan dapur menjadi kurang menarik.


Gambar : @lia_iwi

Beralih ke dapur sederhana berukuran kisaran 1,6 x 2 m ini memiliki table kitchen berbentuk leter L menyesuaikan space dari material batu bata finishing cat putih dan keramik sebagai alas bagian top table yang nampak lebih cantik dengan warna cream. Selain itu dapur tanpa adanya kabinet bawah menyisakan kolong kosong yang terlihat nyata, sehingga dapur kecil pun juga nampak lebih lapang untuk bergerak. Agar lebih bermanfaat dan tetap cantik, anda bisa menambahkan rak plastik ataupun rak kayu dengan finishing cat kuning ataupun putih senada dengan interior bagian backsplash sebagai wadah penyimpanan gas elpiji ataupun barang lainnya.


Gambar : @Rumahcaca

Dapur rumahan ini terkesan lebih simple dengan material granit putih ukuran 60x60 cm dan pada bagian backsplash ini subway bevel white glossy. Di lengkapi dengan kompor merk Modena 2 tungku serta beberapa keperluan memasak yang di letakkan baik pada rak dinding maupun dibiarkan menggantung. Nah, sedangkan untuk ide pemanfaatan kolong dapur yang tertutup tirai shabby yang cantik, ditambahkan custom ambalan bahan plastik sebagai storage yang saving space dan mudah untuk dipidah atau diganti jika ada penambahan perlengkapan dapur.


Gambar : @rumahendu

Dapur sederhana yang luas dengan pencahayaan luar mampu membuat suasana dapur dengan kolong bawah yang kosong bisa menjadi lebih cerah dan lebih luas. Jika peralatan ataupun barang dapur anda di rasa sudah cukup dan tersimpan rapi pada kabinet ataupun laci tertutup. Anda bisa juga membiarkan kolong bawah dapur terlihat kosong, namun agar kesan cantik dan manis kolong bisa anda hiasi dengan tirai kain sebagai penutup yang low budget.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. 

Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. 

Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka

Editor         : Munawaroh

Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.