6 Ide Dekorasi Jemuran Baju di dalam Rumah yang Anti Kehujanan

 

Gambar : @roemah.rangkai

Homeshabby.com -- Area jemuran baju merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Posisi laundry room dan area jemur yang berdekatan bahkan menyatu adalah cara menyiasati ruang yang terbilang terbatas. Namun, kerap sekali orang mengeluh kalau menjemur dalam kondisi cuaca yang buruk, pasti sangat mengganggu. Nah, mendesain area jemur pakaian indoor bisa anda coba di rumah, tidak hanya mengedepankan fungsi, lebih dari itu juga akan memperhatikan faktor kenyamanan dan estetika ruang jemur anda. Berikut inspirasi 6 ide dekorasi jemuran baju di dalam rumah yang anti kehujanan :



Gambar : @kellyshirouchi

Poin utama sebelum membuat area jemur pakaian di dalam rumah adalah ketersediaan cahaya dan panas secara alami. Nah, desain area jemur indoor ini terlihat nyaman dan aman terhadap cuaca hujan walaupun untuk pakaian basah dan tebal pun. Cahaya bisa di terpancar dari penggunaan atap transparan yang tembus pandang, nampak airy dengan interior yang tidak berlebihan sehingga tidak terkesan pengap dan jauh dari kesan kotor.


Gambar : @lulu_bastari

Cahaya yang di dapatkan pada area jemur juga bisa berasal dari glass block bagian dinding, konsep warna putih plan juga bisa memberikan kesan lapang dan bersih, pantulan cahaya bisa semaksimal mungkin di serap oleh pakaian basah. Supaya lebih menarik, anda bisa menambahkan tanaman rambat di atas peletakan mesin cuci sehingga saat mencuci pun bisa terasa sedikit teduh karena di serap tanaman tersebut.



Gambar : @rumahmungilnabil

Tidak perlu dengan area yang besar asalkan efisien sudah bisa anda ciptakan untuk laundry room sekaligus area jemur di dalam satu elemen bidang. Memanfaatkan lorong space kosong yang tidak terpakai selebar mesin cuci seperti ini bisa anda coba di rumah. Atap tetap transparan dengan posisi sinar matahari yang tepat, mengedepankan fungsi dan keamanan dalam menjemur. Sedangkan untuk penempatan besi sebagai media jemur, bisa memanfaatkan langit-langit sehingga lebih praktis dan tidak memakan tempat.


Gambar : @gina.dm

Inspirasi berikutnya yaitu pemanfaatan area belakang rumah dengan konsep indoor sebagai tempat ruang cuci dan jemuran minimalis yang nyaman serta serbaguna. Space yang nampak lebih lapang bisa secara mudah anda satukan dengan fungsi ruang lainnya seperti, tempat bermain, gudang minimalis, serta area vertikal garden yang menyejukkan mata. Bagian kanopi ataupun atap yang dipadukan dengan garis pola berbahan kayu sebagai media tanaman rambat bisa membuat suasana area jemur ini lebih hidup dan sedap di pandang.

Gambar : @teni.feryanto

Apabila anda memiliki lahan sisa di lorong belakang ataupun akses jalan menuju area outdoor, jangan dianggurin ! Ubah space yang ada sebagai laundry room dan area jemur dengan konsep semi outdoor seperti gambar di atas. Konsep seperti ini sebagai pencegah sinar matahari langsung mengenai pakaian sehingga lebih awet dan efisien untuk bahan pakaian. Material lantai dari keramik yang tidak licin apalagi di hiasi adanya kerikil hias mampu membuat area jemur tidak akan takut terjadi genangan di bagian bawahnya.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis       : Imka
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.