Desain dan Denah Rumah Mezzanine Ukuran 6 x 10 M Kecil Namun Bikin Nyaman untuk Keluarga

Desain dan denah rumah mezzanine

Homeshabby.com -- Hai bunda, masih familiar dengan istilah rumah mezzanine? Arti karat mezzanine sendiri merupakan suatu ruang tambahan yang diletakkan berada di antara lantai dan plafon atau lantai satu dengan lantai dua jika bangunan tersebut bertingkat. Jadi, kali ini Homeshabby.com akan membagikan inspirasi yang lebih unik dari biasanya mengenai desain dan denah rumah mezzanine ukuran 6 x 10 m yang nampak kecil namun nyaman untuk keluarga anda. Berikut inspirasinya :


Tampak samping depan

Fasad samping rumah nampak dengan detail atap miring kedepan yang dikombinasikan dengan kanopi dak cor pada penutup atap motorport atau teras. Terdapat ventilasi cahaya pada bagian bawah atap yang berfungsi sebagai akses masuknya sinar matahari ke dalam rumah sehingga akan lebih menghemat energi pada siang hari. 2 pilar tegak di pasang pada bagian pembatas teras yang membuat kontruksi bangunan semakin terlihat tegas dan tinggi.

Tata letak ruang lantai dasar

Bagian lantai dasar dikhususkan untuk tata letak ruang seperti living room dan TV room yang open floor sebagai wajah dari dalam rumah. Berdampingan dengan bedroom di sebelahnya. Bagian belakang di gunakan untuk kitchen, ruang laundry, bathroom dan akses tangga naik turun ruang mezzanine. Tips paling penting untuk menyiasati ukuran space yang tidak seberapa adalah menerapkan konsep open floor dan pemanfaatan bedroom dengan ukuran yang sesuai kebutuhan anda sehingga kesan ruang akan terlihat airy dan memberikan ruang gerak aktifitas lebih bebas.


Tata letak ruang mezzanine

Tampilan lebih detail dengan desain 3D yang menunjukkan tata letak ruang mezzanine pada rumah ukuran 6 x 10 m ini. Bagian living room di biarkan terbuka langsung dengan plafon sedangkan ruang mezzanine bertempat di bagian atas ruang tengah lantai dasar yang terdiri dari ruang keluarga, ruang kerja, ruang baca yang dilengkapi railing pagar sebagai pembatas dan pelindung dari bagian tepi area mezzanine dan bedroom. Penambahan ruang mezzanine pada lantai dasar yang bertingkat mampu membuat tampilan rumah lebih stylish dan terkesan simpel dengan hanya ukuran 6 x 10 m namun memberikan kenyamanan yang maksimal untuk anggota keluarga. Menarik bukan?


Inspirasi ruang khusus keluarga

Area mezzanine di khususkan untuk ruang private bagi anggota inti, salah satunya tempat berkumpul bersama keluarga dengan dekorasi interior yang lengkap, seperti ruang kerja, sofa memanjang dan TV LED yang di letakkan pada almari rak buku yang multifungsi. Ruang kerja di tempatkan pada posisi berdekatan dengan railing tangga yang memberikan efek positif berupa view dari balik jendela besar. Sehingga ruang mezzanine akan menjadi tempat paling favorit bagi keluarga anda di rumah.


Denah rumah mezzanine 6 x 10 m

Lantai dasar terdiri dari teras bagian depan berukuran 3,4 x 2,6 m menyisakan space kosong di depan ruang tamu untuk taman mini 0,6 x 3,3 m dan ruang tamu 2,7 x 3,3 m. Ruang tengah di manfaatkan untuk ruang tv atau ruang keluarga 3,3 x 4 m dan kamar tidur utama yaitu 4 x 2,6 m. Bagian belakang terdapat kitchen dan tempat jemuran 4 x 2,5 m dan kamar mandi di sudut ruang 1,6 x 1,8 m yang menyisakan space untuk akses tangga seluas 1,9 x 0,8 m. 

Sedangkan untuk luas area mezzanine seluas ruang tengah sampai belakang lantai dasar dan menyisakan area outdoor yang difungsikan untuk area jemur dan laundry.


Syarat utama yang diperlukan untuk membuat rumah mezzanine adalah ukuran jarak antara plafon atau atap dan lantai yang digunakan harus tinggi minimalis 5 meter. Jika jarak tersebut lebih tinggi dari 5 meter maka pembuatan ruang mezzanine tentu akan lebih mudah di wujudkan. Semoga bunda selalu berikan kelancaran dalam merencanakan pembangunan rumah impian anda. Amiin !

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Youtube @Redbara artwork




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.