Inspirasi Tata Letak Ruang Bikin Rumah Kecil Lebih Lapang dan Nyaman

Inspirasi tata letak ruang rumah kecil

Homeshabby.com -- Rumah dengan desain ukuran yang kecil tentu membuat anda lebih mempertimbangkan mulai dari tata letak ruang, pemilihan furniture yang tepat serta pemilihan warna yang bisa memantulkan cahaya agar kesan lebih lega. Khususnya pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan ataupun private area anda untuk istirahat bisa lebih nyaman dan memberikan ruang gerak tentu perlu direncanakan matang-matang agar tidak terkesan sekadar ada. Apalagi beberapa ruangan menjadi tempat yang paling sering di pakai dan dikunjungi tamu atau keluarga lainnya. Kali ini homeshabby.com akan berbagi dengan bunda berbagai inspirasi tata letak ruang yang dapat membuat rumah kecil lebih lapang dan nyaman.


1. Pilih warna cerah dan maksimalkan cahaya pada ruang tamu


Ruang tamu

Untuk desain rumah yang berukuran kecil, pilihkan warna-warna cerah yang dominan seperti putih, cream, biru mudah dan lainnya yang dapat menjadikan dekorasi yang berwarna lainnya lebih focal point. Salah satu contoh warna putih yang paling mudah diaplikasikan ke hunian mampu membuat ruangan akan terkesan tidak begitu padat, lebih luas dan clean look.

Ruang tamu yang kerap sebagai tujuan orang yang bertamu untuk bersantai membuat anda harus lebih detail memperhatikannya, berikan pencahayaan bukaan jendela yang maksimal, lapisi dengan tirai atau gorden yang berwarna serupa dan transparan sehingga bisa memudarkan cahaya panas luar rumah yang terlalu ekstrim. Furniture set sofa lengkap dengan meja multifungsi dan rak di bagian samping dengan bentuk berkaki kayu yang terkesan tinggi membuat ruangan mampu memberikan ruang gerak aktifitas lebih leluasa.


2. Terapkan konsep lesehan pada living room

Living room

Masih pada desain ruangan dalam 1 hunian. Living room ini terletak tepat di belakang ruang tamu dengan konsep yang tanpa sekat. Warna putih yang cerah dikombinasikan dengan parket lantai membuat kesan ruangan lebih clean look dan hangat. Sehingga walaupun anda menerapkan konsep lesehanpun atau tanpa sofa dan kursi akan tetap memberikan suasana yang santai dan hangat. Tambahkan karpet bulu dan bean bag untuk teman anda saat bersantai sambil menonton TV LED yang menempel di dinding. Tidak terlalu banyak dekorasi cukup dengan lukisan floral, Clock warna gold yang cantik, aksesoris di atas rak tv lengkap dengan beberapa storage serta tanaman hijau yang keseluruhan membuat tampilan ruangan lebih lapang, dan eye catching bagi orang yang melihatnya.


3. Kreasikan berbagai warna kesukaan anak di kamar tidurnya

Bedroom Kid

Desain tata letak ruang untuk rumah kecil ini memiliki kamar tidur anak berukuran kisaran 2 x 2,5 m. Maka dari itu, anda bisa mengaplikasikan berbagai warna pastel kesukaan anak yang dikombinasikan menjadi satu konsep desain bedroom yang menggemaskan. Warna-warna pastel tersebut misalnya kuning, pink muda, abu-abu, biru, hijau ataupun ungu. Anda bisa melihat gambar di atas, parket kayu yang menjadi warna dasar konsep rumah secara keseluruhan di kombinasikan dengan berbagai warna yang ciamik, warna pink abu-abu untuk dinding, rak dan karpet bulu putih dan seprai bermotif unicorn cantik membuat kesan private area anak lebih ceria penuh kreasi dan menyenangkan. Model ring box juga jangan terlalu tinggi menyesuaikan tubuh anak dengan pijakan karpet yang lembut sehingga anak akan merasa lebih betah berlama-lama di kamarnya.


4. Gunakan furniture yang ramping untuk ruang makan

Dining room

Konsep dining room yang biasanya menyatu dengan area dapur mungkin akan terkesan sempit. Namun untuk menyiasatinya anda cukup memilih model dan jenis furniture yang tepat dan menyesuaikan konsep ataupun ukuran space ruangan tersebut. Dinding berwarna dengan wall moulding yang elegan dan classy membuat ruangan terkesan 3D sehingga cukup dengan meletakkan mirror bingkai yang unik dapat menampilkan kesan lebih lapang pada ruangan. Tambahkan tanaman monstera yang diletakkan di sudut ruangan untuk memberikan suasana berkumpul bersama keluarga lebih segar dan menyenangkan. Selain hal-hal tersebut yang paling penting, pilih furniture set meja makan berkaki kayu ramping dengan chair stool yang modelnya lebih slim dan saving space serta karpet berwarna kontras dan tekstur kasar agar lebih safety dan modern.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari yang sederhana sampai modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa di bagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adealah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.