Inspirasi Ciri Khas Dekorasi Interior Rumah Kontemporer Konsep Scandinavian Terpopuler Tahun ini

Desain rumah scandinavian

Homeshabby.com -- Rumah konsep scandinavian merupakan salah satu gaya desain kekinian yang tengah digemari banyak orang. Desain rumah yang mampu menampilkan kesan yang bersih, sederhana tapi tetap berkelas. Mengubah dekorasi interior rumah menjadi konsep scandinavian kerap jadi pilihan praktis dalam mewujudkan rumah impian yang nyaman untuk ditinggali. Mengenali gaya Scandinavian interior tidak sulit karena adanya ciri khas yang umumnya bisa anda jadikan inspirasi bagi rumah anda. Berikut ini adalah ciri-ciri khusus dari dekorasi interior rumah kontemporer konsep scandinavian yang terpopuler tahun ini :


1. Jendela dan bukaan yang relatif besar sebagai pencahayaan alami

Living room

Suasana terang pada hunian kontemporer konsep Scandinavian tidak hanya di dapat dari pemakaian warna saja, tapi juga dengan kehadiran bukaan pada interior yang relatif besar sebagai pencahayaan alami yang sempurna. Kehadiran jendela besar dibagian samping memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam living room sehingga membuat aktifitas bersantai bersama keluarga akan lebih nyaman. Pilih tirai atau gorden berwarna putih yang mampu menyamarkan cuaca panas yang terlalu ekstrim. Hadirkan kain lembut pada sofa bed yang mampu membuat kesan hangat dan tidak kaku sekaligus sebagai pemanis ruangan.


2. Dekorasi natural pelengkap ruang Scandinavian 

Tampak belakang living room

Pada dekorasi interior rumah kontemporer konsep Scandinavian pada umumnya menggunakan dekorasi bersifat natural seperti tanaman-tanaman indoor dan furniture beragam storage yang terbuat dari bahan kayu. Meskipun dalam pemilihan dekorasi interior yang tidak berlebihan dan terlihat sederhana namun warna netral dan terang yang dominan dengan perpaduan tanaman hijau tetap bisa tampil outstanding dan tetap menarik.


3. Karakter Warna Netral yang menjadi warna utama

Bedroom

Memasuki setiap ruangan rumah dengan konsep Scandinavian, anda pasti akan disambut dengan warna-warna terang dan umumnya bersifat netral. Sebagai contohnya pada ruangan kamar tidur. Warna putih menjadi warna yang utama dalam dekorasi interior scandinavian dan kemudian disempurnakan dengan warna lembut dan hangat seperti, abu-abu, cream dan coklat kayu yang mampu menciptakan suasana rumah lebih hangat dan homey. Parket kayu dengan tekstur glossy sangat cocok diaplikasikan pada lantai agar terlihat semakin berkelas. Kualitas tidur juga akan lebih baik dengan pencahayaan dan suasana yang dipancarkan dari pemakaian warna ruangan.


4. Scandinavian interior identik dengan material kayu

Kitchen & Dinning room

Selain itu, kehadiran elemen kayu pada area kitchen dan dinning room juga menjadi salah satu faktor gaya Scandinavian tetap terlihat hangat dan natural. Elemen kayu tampil dominan dan diaplikasikan pada dinding, lantai, top kitchen, set meja makan yang difinishing agar terlihat semakin menawan. Bahan kayu tidak memiliki warna yang kontras melainkan warna yang cenderung lebih lembut dan menyatu dengan alam. Warna coklat muda yang terang dan putih menjadi pilihan kombinasi warna yang menghadirkan ruangan terkesan nyaman, bersih, dan menenangkan.

5. Sederhana dan Pemanfaatan tata letak ruang yang lebih

Bathroom

Hunian kontemporer konsep Scandinavian cenderung mengaplikasikan gaya-gaya sederhana yang menjurus ke minimalis dengan memanfaatkan space yang kosong tanpa detail-detail yang rumit. Salah satunya pemanfaatan lorong tangga yang digunakan untuk bathroom yang limited space dan memperhatikan ukuran furniture yang sesuai membuat konsep Scandinavian akan lebih terlihat lapang. Bahan kayu tetap di terapkan senada dengan konsep ruangan lainnya, dibagian lantai dibuat unfinishing agar tidak licin dan safety bagi penghuninya.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari yang sederhana sampai modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpuolan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.