Desain dan Denah Rumah Mungil Ukuran 6,9 x 7,5 M 1 Lantai dengan Rooftop yang Unik

Tampak depan desain rumah mungil

Homeshabby.com -- Good morning bunda, semoga hari ini lebih menyenangkan daripada hari-hari sebelumnya ya bund :). Di hari yang cerah ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi desain dan denah rumah mungil ukuran 6,9 x 7,5 m 1 lantai namun punya area rooftop untuk tempat bersantai dengan desain yang unik. 

Terlihat dari depan, penggunaan atap miring dengan kontruksi ketinggian yang berbeda menjadi pilihan dalam pembangunan hunian ini. Sedangkan di bagian teras beratap beton datar dengan realing baja yang sekaligus digunakan untuk area rooftop. Kusen alumunium pada jendela dengan bentuk yang berbeda-beda yaitu di sebelah kiri dengan jenis casement coklat dengan bukaan ke atas model collage sedangkan di bagian teras jenis swing coklat bukaan ke samping.


Nampak atap rumah

Penggunaan atap miring ini dengan genteng beton flat yang dilengkapi pipa paralon untuk mengalirkan air hujan ke permukaan tanah. Terlihat menarik dari desain rumah mungil ini adanya rooftop di bagian atap dak cor beton teras dengan railing baja untuk tempat bersantai menikmati pemandangan secara maksimal. Tangga spiral untuk menyiasati minimnya space yang tersedia dengan bahan besi dan ukuran anak tangga yang terbilang lebih kecil. Harga terbaru di pasaran pada umumnya berkisar 4 juta satu set tangga berdasarkan bahan material dan ukurannya.


Desain ruang tamu

Masuk pada area ruang tamu konsep open floor menyatu dengan dining room dan area kitchen, sebagai sekat antar ruang digunakan teralis kayu vertikal dengan lebar 1 meter dan peletakan kulkas 2 pintu. Artwork monstera di letakkan di dinding sebagai dekorasi yang mampu mempercantik ruangan tersebut. Pilih sofa single yang memanjang dan letakkan mendekat di dinding lengkap dengan coffee table di bagian tengah yang lebih menghemat tempat dan memberikan ruang gerak yang lebih leluasa. Masalah konsep dan tema ruangan bisa anda sesuaikan keinginan anda agar menciptakan suasana yang lebih nyaman.


Kitchen

Masih di ruang yang sama terdapat kitchen dan dinning room yang dilengkapi bentuk kitchen set menyesuaikan spcae yang ada. Ventilasi udara di pasang di bagian backplash dan di sebelah samping kitchen agar suasana dapur lebih segar dan terhindar dari rasa pengap dan asap yang mengganggu walaupun tidak adanya cooker hood. Kontruksi di dalam ruangan desain rumah mungil ini menggunakan plafon metal yang permukaannya lebih glosy dengan downlight untuk penerangan yang bernuasa hangat.



Bagian belakang

Fasad bangunan kalau di lihat dari belakang terdapat swing jendela dengan kusen alumunium dan kusen kayu pada pintu yang lebih natural. Desain rumah yang di kelilingi pekarangan kosong memudahkan anda untuk memanfaatkannya sebagai area jemur dan bermain anak yang lebih efisien dan menyatu dengan alam. Sedangkan bagian atap miring ini di tambahkan risplang yang terkesan modern dan mampu menutupi bagian atas bangunan sehingga nampak rapi ketika dilihat dari bawah, sebagai elemen sebuah bangunan lisplang juga berfungsi menambah segi nilai estetika dan segi konstruksi dari desain hunian mungil tersebut.


Pembagian ruang

Desain rumah mungil ukuran 6,9 x 7,5 m ini memiliki 2 kamar tidur yang bisa dimanfaatkan untuk master bedroom dan bedroom kid yang menggunakan tempat tidur bertingkat atau bunk bed di bagian belakang bersebelahan dengan area kitchen. Bathroom di letakkan di antara 2 bedroom agar lebih efisien dan mudah dijangkau dalam beraktifitas. Sedangkan di sebelah kanan terdapat ruang tamu, dining room dan kitchen seperti dijelaskan sebelumnya.


Denah ruang pada desain rumah mungil

Terakhir, pada gambar di atas bisa anda lihat dan cermati bagaimana pembagian denah ruang beserta ukurannya untuk mewujudkan hunian yang nyaman dan efisien. 

Di bagian teras yang sekaligus digunakan sebagai area rooftop di atasnya berukuran kurang lebih 1,9 x 3 m yang sekaligus adanya tangga spiral untuk akses naik. Ruang tamu, dinning room dan kitchen berukuran 5,95 x 3 m dengan pembagian ruang lebar ruang tamu 3,20 m dan kitchen selebar 2,50 m. Ruang sebelah kirinya terdapat  2 bedroom berukuran 2,50 x 3 m dan bathroom di bagian tengahnya berukuran 2,05 m x 1,8 m.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.