Desain dan Denah Rumah Minimalis Terbaru Split Level Cocok untuk Daerah Perkotaan

Desain dan denah rumah minimalis terbaru

Homeshabby.com -- Anda pernah mendengar istilah rumah split level? Atau bahkan tertarik menerapkannya pada rancangan rumah idaman anda? Gaya rumah dimana setiap lantai saling tergantung dengan ketinggian level yang berbeda. Di lihat dari fasad rumah desain hunian ini terkesan seperti 1 lantai namun akan berbeda ketika diamati di dalam rumah tersebut. Konsep rumah ini sangat tepat dijadikan sebagai alternatif dalam membangun rumah di daerah perkotaan karena melihat faktor harga tanah yang semakin tinggi dan cocok dibangun secara vertikal di atas lahan yang terbatas. Penasaran seperti apa ? Mari simak inspirasi desain dan denah rumah minimalis terbaru split level berikut ini :


Tampak depan

Konstruksi terlihat lebih tinggi berkat adanya penambahkan tembok pilar yang berguna untuk menopang bagian atap teras. Ketika membuat pilar hendaknya disesuaikan dengan aturan yang sesuai mulai dari diameter besinya ataupun kekuatan betonnya dalam pondasi. Cara mengaplikasikan pilar agar tidak monoton bisa dengan pemberian finishing keramik, batu alam, marmer ataupun cat yang menyesuaikan konsep dari fasad bangunan tersebut.  Selain itu kusen jendela dan pintu berbahan kayu finishing dengan kaca yang ketebalannya berkisar 4 mm - 8 mm.


Tampak samping

Nampak samping desain rumah minimalis terbaru ini terdapat gate berbahan besi hollow 4x6 atau 4x4 yang tidak terlalu tinggi dan menutupi tampilan rumah serta mampu memberikan safety yang maksimal. Warna merah membuat fasad bangunan terkesan lebih komplek dan mewah apalagi dengan pemandangan yang menyegarkan dari tanaman hijau di sekitarnya. 


Tampak atas atap

Bangunan rumah split level ini menggunakan model atap pelana dan datar dak cor bagian belakang. Genteng beton flat multiline di pilih karena lebih tahan lama menahan beban berat, tidak mudah retak dan terdiri dari 11 genteng per meter persegi. Harga genteng beton juga lebih murah berkisar Rp 4.700 / 33x42 cm di beberapa daerah tertentu. Biasanya bangunan rumah membutuhkan 10 buah per meter persegi. Sedangkan di bagian belakang menggunakan atap dak beton datar yang difungsikan untuk penempatan tangki air.



Tampak atas samping

Tampilan rumah dari atas samping terlihat lebih detail banyaknya jendela atau sirkulasi udara luar di segala ruang baik di lantai dasar ataupun lantai split level atas. Di samping sebelah kanan terdapat lahan kosong yang difungsikan untuk lorong jalan untuk akses menuju ruang belakang yang lebih efisien. Agar tampilan lebih cantik dan terkesan asri anda juga bisa membuat vertikal garden dengan beberapa tanaman bunga yang warna-warni di lorong samping rumah itu.

Denah ruang beserta ukurannya

Berikut denah ruang dari desain rumah split level terbaru ukuran bangunan 11 x 17 m :

Lantai bawah terdapat area carport berukuran 3,7 x 7 m, teras depan di tengah 2 x 2,7 m. Masuk ke dalam rumah menuju lorong depan kamar tidur depan dengan fasilitas bathroom dalam berukuran 3,5 x 5 m. Di belakangnya ditempatkan tangga sebagai akses naik turun lantai atas dengan pemanfaatan lorong bawahnya untuk area wudhu dan pantry berukuran 3,5 x 2,5 m. Mushola dalam rumah 1,5 x 3,5 m berdampingan langsung dengan area foyer yaitu living room dan dinning room 8,5 x 3,7 m. Bedroom di ruang belakang lantai dasar 4,5 x 3 m dan 1 bathroom luar dengan ukuran 2,75 x 1,5 m.

Sedangkan di lantai atas split level yaitu terdapat 2 bedroom berukuran 3 x 6,2 m di bagian depan dan 2,5 x 6,2 m di belakang dengan dihimpit bathroom luar 3,5 x 1,5 m dan tangga 3,5 x 2 m di tengahnya.

Kesulitan dalam proses kontruksi bangunan desain rumah split level ini memungkinkan anda untuk mempersiapkan rancangan anggaran biaya dan pemilihan tukang yang profesional sebelum berencana membangun hunian ini agar mendapatkan hasil maksimal sesuai keinginan anda dan keluarga.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalh desain dan denah rumah, isnpirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah dan kamar tidur anak.