Desain dan Denah Rumah Minimalis Kontemporer Atap Beton dan Jendela Sudut yang Kekinian

Desain rumah minimalis kontemporer

Homeshabby.com -- Selamat siang bunda, semoga selalu diberkahi kesehatan dan pandemi virus mendunia ini segera berakhir agar kita semua bisa beraktifitas secara normal kembali, aamiin. Masih di inspirasi yang sama yang tidak kalah keren, kali ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi mengenai desain dan denah rumah minimalis kontemporer atap beton dan memiliki jendela sudut yang kekinian dan membuat penampilan bangunan rumah semakin mewah. Penasaran seperti apa? Mari simak penjabaran berikut ini :


Tampak depan

Fasad bangunan rumah ini memiliki konstruksi berbentuk leter L yang menyisakan space kosong dari grass block bagian lantai dasarnya yang dapat dimanfaatkan untuk area motorport. Teras di buat menyamping dan pijakan kaki bertingkat dengan lorong masuk ke dalam rumah yang di tambahkan pilar tirai kayu vertikal yang dapat mengatur intensitas sinar matahari dalam ruangan. Sebagian dinding eksterior dibuat lebih menonjol dengan bahan material batu alam yang membuat tampilan fasad lebih variatif. Selain itu terdapat jendela sudut di bagian depan maupun samping yang dapat memberikan cahaya dari sudut mana saja. Desain rumah kontemporer ini memilih memasang downlight untuk atap sebagai penerangan ketika malam hari.



Nampak samping

Dengan penggunaan jendela sudut membuat desain fasad bangunan rumah ini dapat dinikmati dari segala arah. Nampak samping rumah ini terkesan tembus cahaya karena banyaknya penggunakan jendela yang berbahan kusen uPVC dan fiber glass yang ketebalannya berkisar 8 mm sehingga memiliki ketahanan yang lama walaupun menghadapi berbagai cuaca yang ekstrim. Jendela bagian samping di buat tertutup dan berbentuk collage yang terkesan lebih elegan. Anggaran biaya dalam proses pemasangan jendela sudut uPVC sekitar 10 juta tergantung bentuk space bangunan dan dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman. Harga mungkin akan sedikit berbeda dengan harga pasaran di setiap daerah. Oleh karena itu, homeshabby.com sarankan untuk survey langsung ke toko bangunan terdekat.



Ruang tamu

Ruang tamu dibuat lebih earthy dengan adanya jendela kaca yang lebar di segala sisi. Untuk menyamarkan sinar matahari yang terlalu panas sepanjang hari anda juga bisa menambahkan roller blinds berbahan kain black out atau dim out sesuai kebutuhan anda berdasarkan tingkat ketahanan panas yang berbeda. Posisi pintu utama yang berada dielemen bidang berbeda membuat anda mudah menata set sofa di dalam ruang tamu.



Pembagian ruang

Pembagian ruang pada desain rumah minimalis kontemporer ini memiliki 2 bedroom dengan 1 bathroom luar yang digunakan secara umum. Segala ruangan mempunyai sirkulasi udara dan cahaya secara individu sehingga mampu menghemat energi listrik pada siang hari. Dengan lengkungan leter L membuat ruang tamu dan dinning room terkesan terpisah pada elemen bidang berbeda. Dining room tetap dibuat open floor dengan kitchen dan bagian belakangnya dimanfaatkan untuk area laundry dengan akses pintu keluar masuk halaman belakang yang lebih efisien.



Nampak atas

Desain rumah minimalis kontemporer ini menggunakan elemen atap datar dari dak cor beton lengkap dengan aliran drainase yang membuat bagian atas tidak akan mudah terjadi genangan air yang mengganggu. Dalam pembuatan atap beton yang benar sangat penting dan harus diperhatikan secara teliti sehingga daya tahan rumah dan kualitas bangunan juga semakin terjamin. Karakteristik dak beton yang berkualitas baik harus memiliki solid atau kekuatan dalam menahan beban, pengerjaan yang halus dan rata sehingga nilai estetika rumah menjadi lebih cantik, harus dibangun dalam tempo waktu yang tepat dan dengan anggaran biaya yang ekonomis. 

Hitung dimensi atap untuk menaksir bahan yang digunakan, peralatan seperti bor atau sejumlah tim kerja tukang yang dibutuhkan. Timing juga harus dipertimbangkan supaya hasil dak beton nantinya tidak melengkung, tidak rata atau bahkan retak karena kesalahan tersebut.



Denah rumah kontemporer

Denah ruangan rumah minimalis kontemporer ini bisa anda sesuaikan lahan yang tersedia.  Sebagai contoh dengan ukuran bangunan sekitar 5,6 x 11 m dengan tata letak ruang sebagai berikut :

Di bagian depan di buat teras berukuran lebar 1,20 m dengan lorong masuk menuju living room 3,30 x 2,70 m. Dinning room dan kitchen berukuran 5,10 m x 3,35 m, bedroom bagian depan berukuran 2,60 x 2,30 m, 1 bathroom luar 1,20 x 2,30 m dan 1 bedroom dibagian belakang dengan ukuran 2,90 x 3,35 m. Terdapat area laundry di bagian sampingnya bedroom belakang berukuran 2,25 x 1,50 m.

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.