Tips dan Inspirasi Mushola Cantik untuk Ibadah di Bulan Puasa

Mushola dalam Rumah



Homeshabby.com -- Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari akan tiba. Tidak sedikit orang yang ingin memaksimalkan ibadahnya di bulan penuh berkah. Salah satunya adalah mempercantik mushola di dalam rumah apalagi di masa-masa PSBB atau stay at home.



Merenovasi ataupun menambahkan ruangan kecil untuk difungsikan sebagai tempat beribadah yang terkesan nyaman dan lebih cantik di pandang dengan budget minim tentu akan memberikan kesan yang tidak terlupakan untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan di tengah wabah virus Covid-19.  Berikut beberapa tips dan inspirasi desain mushola cantik di bulan Ramadhan :


1. Desain Mushola kecil di taman belakang rumah


Mushola di taman belakang rumah

Tambahkan space yang fungsional di dekat taman belakang rumah anda dengan konsep outdoor maupun semi outdoor sesuai selera anda. Ukuran berkisar 1 x 1,5 m cukup untuk anda sulap menjadi mushola cantik dengan nuansa alam yang berbeda. Ibadah di bulan Ramadhan akan merasa lebih bersemangat karena suasana mushola yang sejuk dan nyaman. Batu alam finishing cat putih senada dengan cat dinding dan keramik mampu menghadirkan kesejukan karena lokasi mushola yang berdekatan langsung dengan taman hijau yang rindang. Agar nampak lapang tambahkan rak tangga minimalis untuk tempat perlengkapan ibadah anda.


2. Interior mewah dan elegan di mushola dalam rumah


Mushola mewah dan elegan

Mushola dalam rumah anda terlihat biasa-biasa saja? Anda bisa mengganti konsep mushola di hunian anda dengan interior desain akrilik atau ukiran-ukiran yang berwarna gold dan hiasan kaligrafi yang merupakan ciri khas dari tempat beribadah di seluruh dunia. Pemilihan warna cat putih paling mudah diaplikasikan karena mampu membuat tampilan clean look dan dapat menonjolkan warna gold dan lighting tersembunyi di balik rak kiblat. Tentukan arah kiblat yang tepat saat membangun mushola di dalam rumah agar ibadah anda di bulan puasa akan lebih fokus dan maksimal.


3. Mushola dengan folding door yang praktis


Folding door mushola

Selain menggunakan ukiran islami, anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran dengan menggunakan wallpaper bermotif warna gold yang juga identik dengan bulan Ramadhan. Tidak perlu secara keseluruhan cukup sebagian sisi dinding kiblat saja sudah menciptakan desain mushola cantik dan terkesan simpel. Folding door di pilih sebagai pembatas sekaligus penutup saat anda melakukan ibadah sehingga akan lebih terkesan serius dan fokus tanpa takut terganggu oleh aktifitas anggota keluarga lainnya. Sajadah bulu juga akan membuat anda nyaman dan betah berlama-lama di dalam mushola. Tidak lupa untuk menambahkan rak serbaguna sebagai tempat penyimpanan kitab-kitab dan perlengkapan ibadah lainnya yg lebih efisien.


4. Mushola cantik dan kiblat yang terfokus


Mushola minimalis

Memiliki mushola cantik di rumah tidak perlu besar-besar cukup dengan ukuran berkisar 1,8 x 3 m sudah terkesan fungsional. Desain mushola di sudut ruangan dengan pemilihan warna putih gold yang terkesan clean look dan elegan dengan posisi kiblat yang cenderung gelap karena terfokus dengan warna cat hitam pada taman outdoor sehingga kualitas ibadah di bulan puasa anda akan lebih baik dan tidak akan terganggu dengan lalu lalang orang yang melintas. Desain mushola ini memiliki bukaan pintu yang unik yang tidak terlalu tinggi sehingga tetap terlihat cerah.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber

Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.