Peralatan Dapur yang Harus di Persiapkan Menyambut Bulan Puasa Ramadhan

 Peralatan dapur menyambut bulan puasa Ramadhan

Homeshabby.com -- Bulan puasa sebentar lagi akan segera tiba, hampir semua aktifitas akan banyak terpusat di dapur untuk menyiapkan makan sahur dan buka puasa. Untuk itu, anda harus memastikan mulai sekarang mengenai kondisi peralatan dapur dalam kondisi baik. Segeralah mengganti peralatan yang sudah tidak layak pakai agar memudahkan bunda ketika proses memasak. Berikut ini beberapa peralatan dapur yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan puasa Ramadhan.


1. Panci Presto


Panci Presto

Panci presto salah satu peralatan dapur yang mungkin jarang di pakai sehingga anda perlu mengetahui kondisinya, mulai dari pegangannya sampai dengan rekatnya tutup panci. Memasak olahan makanan yang memerlukan daging tentu akan membutuhkan keberadaan panci presto agar lebih cepat dan efisien. Selain untuk lebih menghemat bahan bakar gas juga akan menciptakan sterilisasi dari daging tersebut. Apabila kondisi panci presto anda di rumah sudah tidak bagus, sebaiknya anda menggantinya dengan kapasitas serta jenis panci yang berkualitas baik dan lebih awet. Sebagai rekomendasi, produk panci presto berbagai merk dengan harga berkisar mulai 190 ribu - 1 juta tergantung jenis dan fitur kelebihan dari masing-masing merk panci presto. Untuk spesifikasi lebih detail akan di jelaskan pada artikel homeshabby.com selanjutnya.


2. Panci wajan elektrik serbaguna

Panci wajan elektrik serbaguna

Anda sudah memiliki panci wajan elektrik seperti ini? tentu dalam keadaan bahan bakar gas habis di malam hari ataupun saat sahur membuat aktifitas di dapur menjadi terganggu. Dengan hal itu, sebaiknya anda mengubah ataupun bisa menambah peralatan dapur yang berteknologi listrik dengan tegangan yang rendah namun mampu menjadikan aktiftas memasak anda lebih cepat dan juga menyenangkan di bulan Ramadhan. Tutup panci yang terbuat dari bahan kaca juga memudahkan anda memantau bahan masakan yang anda olah. Alat dapur yang bisa jadi alternatif untuk menghangatkan makanan tanpa harus menggunakan kompor ini bisa anda dapatkan di beberapa marketplace atau toko terpercaya dengan kisaran harga mulai 160 ribu - 500 ribu tergantung spesifikasinya. 


3. Kompor


Kompor

Kompor menjadi perlatan dapur paling dominan yang harus dicek kesiapannya. Tungku kompor harus dalam kondisi baik karena sangat mempengaruhi kualitas api. Tungku yang tersumbat akan membuat api menjadi merah dan tidak merata sehingga masakan jadi lama matang. Bagian tungku bisa di cuci dan di sikat lembut kemudian di bilas sebelum dikeringkan. Penutup tungku, gerigi semakin rutin digunakan akan berpotensi tertutup oleh kotoran saat proses memasak. Model Kompor gas tersedia beragam bentuk yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan, dari mulai kompor gas portable, freestanding maupun tanam dengan jumlah tungku 1 sampai 4 tungku. Jika anda yang memiliki cukup banyak dana, bisa menggunakan model kompor 4 tungku yang sekaligus bisa digunakan sekali memasak sehingga akan lebih mudah dan cepat mempersiapkan masakan di bulan Ramadhan.


4. Blender / juicer


Blender

Cuaca yang panas ketika bulan Ramadhan membuat alat andalan untuk meracik jus buah segar untuk berbuka puasa yaitu blender sangat dibutuhkan. Dengan kondisi blender yang prima, maka tugas menyiapkan minuman akan lebih ringan dan menyenangkan. Cek kondisi penutup dan pastikan rapat jika diulir lalu karet bagian bawah masih lekat dengan baik. Jika blender digunakan untuk menghaluskan bumbu, maka gunakan blender yang berbeda karena aroma bumbu sangat lekat pada tabung blender dan tentunya sangat mengganggu jika digunakan untuk membuat jus atau smothie. Kondisi tabung atau wadah yang sudah pecah sebaiknya segera anda ganti dengan blender baru yang lebih berkualitas baik. Untuk inspirasi daftar harga blender sudah di bagikan homeshabby.com pada artikel sebelumnya. Silahkan cek disini bunda :)



5. Rice cooker dan peralatan lainnya


Rice cooker dan alat lainnya

Alat memasak nasi ini sudah menjadi peralatan standar di dapur. Lakukan pengecekan mulai dari wadah nasi yang masih anti lengket hingga kondisi kabel guna memastikan keamanan dari perangkat dapur yang membutuhkan listrik ini agar bisa memaksimalkan saat mematangkan nasi secara merata. Selain rice cooker, peralatan dapur lainnya seperti pemanggang roti, teko listrik jika ditemukan dalam kondisi tidak maksimal, perlu dilakukan penggantian dengan unit yang baru apalagi jika kabel terkelupas dan colokan ke listrik sudah rusak guna menghindari situasi yang tidak diinginkan saat bulan Ramadhan.

Tidak harus dengan penggantian peralatan dapur yang baru jika anda rutin mengecek dan membersihkan kondisi peralatan yang jarang di gunakan di dapur. Servis jika kerusakan masih bisa di perbaiki dan berfungsi dengan baik. Sehingga aktifitas mempersiapkan menu berbuka puasa dan sahur akan lebih menyenangkan dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber






Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.