Engglis Version

Inspirasi Desain Tempat Wudhu di Dalam Rumah Tampil Cantik Bersih dan Sejuk

Desain tempat wudhu rumah

Homeshabby.com -- Keberadaan tempat wudhu tidak pernah terpisahkan dengan mushola dalam rumah. Area yang sejuk dan mudah dijangkau akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penghuni rumah, maupun tamu yang berkunjung untuk beribadah. Banyak orang membangun area wudhu menjadi satu di dalam kamar mandi supaya lebih praktis, namun ada juga yang membuat area wudhu khusyu' yang biasanya ditempatkan berdekatan dengan mushola. Beberapa inspirasi desain tempat wudhu di dalam rumah tampil cantik bersih dan sejuk telah homeshabby.com rangkum di bawah ini dan bisa menjadi referensi anda di rumah :


Tempat wudhu di taman hijau dalam rumah

Rumah dengan taman minimalis di dekat dining room bisa dimanfaatkan sebagai area tambahan untuk membangun tempat wudhu dengan konsep semi outdoor yang menggunakan atap transparan. Mushola di dalam rumah ini terletak di sebelah taman minimalis dengan penyekat kaca yang terkesan mewah. Buat peresapan air di bagian lantai secara tepat agar suasana dalam rumah tetap nyaman dan terhindar dari genangan air. Taman memanjang yang dilengkapi water curtain dengan gemercik air yang memberikan relaksasi tersendiri, sehingga menciptakan tampilan desain interior yang asri dan menyejukkan.




Tempat wudhu minimalis

Ketika membangun tempat wudhu tidak perlu dengan lahan yang luas, cukup dengan space berukuran 1 x 1 m seperti gambar di atas berlantai batu bata yang anti genangan air bisa anda jadikan referensi di rumah. Lokasi berdekatan dengan area laundry jemur dengan lantai tegel beratap kaca transparan yang berkualitas baik sehingga tahan dengan berbagai cuaca ekstrim sekalipun. Perpaduan warna batu bata dengan warna putih yang clean look dan tanaman hijau sangat nampak udara yang segar dan menyejukkan.




Tempat wudhu di samping rumah

Desain tempat wudhu ini bisa anda posisikan di samping ataupun di belakang rumah berdekatan langsung dengan halaman terbuka berhias rumput sintetis pada lantai. Supaya selaras dengan konsep mushola, gunakan alas steeping dengan bahan material parket kayu yang tidak licin sehingga akan lebih safety dan tidak lembab. Suasana yang memiliki pencahayaan langsung dari sinar matahari mampu membuat kualitas ibadah anda lebih terang dan damai. Pilih desain area wudhu dengan bahan material batu bata baik di dinding kran maupun lantai agar mudah dalam peresapan air.



Tempat wudhu di lorong rumah

Hunian dengan space kosong di samping rumah yang biasanya digunakan sebagai lorong akses menuju ruang tengah maupun belakang bisa anda manfaatkan sebagai area tambahan untuk membangun tempat wudhu sederhana dengan cukup menanam kran air di antara kursi dudukan untuk tempat anda bersantai. Anda bisa menggunakan batu kerikil apung di bagian alas lantai agar mudah meresapnya aliran air yang terlihat alami. Anda juga bisa menambahkan material kayu atau menerapkan konsep unfinishing agar tahan terhadap kondisi cuaca yang berubah-ubah. Dinding pada area tersebut diaplikasikan dengan model plester berkontur kasar warna putih sehingga cahaya dan udara bisa dinikmati secara maksimal. Selain itu, dengan warna clean look tersebut dapat menonjolkan hiasan tanaman hijau dengan kerangka rak dari besi hitam yang terkesan maskulin.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber


Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.