Desain dan Denah Rumah Bertingkat Ukuran 7 x 15 M Lengkap dengan Mushola dan Perpustakaan Minimalis

Desain dan denah rumah 7 x 15 m

Homeshabby.com -- Good morning bunda, selamat menjalankan ibadah puasa perdana bagi anda yang beragama islam :) Nah mari simak inspirasi terbaru dari homeshabby.com mengenai desain dan denah rumah bertingkat berukuran 7 x 15 m lengkap dengan mushola dan perpustakaan minimalis di dalamnya. Membangun hunian dengan lahan yang terbatas dibutuhkan kecermatan dalam memanfaatkan setiap jengkal space yang tersedia. Sehingga tata ruang yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan dan juga memiliki aspek pencahayaan dan suasana yang baik. Berikut desain beserta denahnya yang lebih detail :



Tampak depan

Lebar bangunan yang hanya 7 meter memungkinkan anda untuk memilih model desain rumah bertingkat cocok untuk keluarga besar baik di pedesaan maupun di perkotaan. Fasad rumah terlihat menawan dengan desain yang cukup simpel. Sisa lahan untuk pembatas dengan jalan raya hanya berkisar kurang dari 1 meter agar bisa memaksimalkan area carport untuk bisa miliki kapasitas kendaraan yang lebih luas. Ukuran carport 4,5 x 5 m di pilih dengan pembagian space 2 meter untuk taman hijau di sebelah kiri, sehingga walaupun fasad yang terkesan mendekat ke tepi jalan tetap terkesan sejuk dan polusi udara bisa terserap oleh tanaman yang ada. Pada desain rumah bertingkat ini menggunakan kusen alumunium baik pintu maupun jendela dengan finishing warna cat putih yang elegan. 



Tampak bagian atap atas

Pada bagian atap desain rumah bertingkat ini menggunakan model atap limasan memanjang ke belakang dengan atap beton flat yang merupakan ciri khas dari rumah bergaya minimalis modern. Selain lebih efisien juga lebih berkualitas baik dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Pada bagian belakang menggunakan atap rangka hollow dan kaca transparan sebagai pencahayaan area laundry dan jemur di dalam rumah. Sedangkan pada kanopi carport terlihat berbeda karena atap dak cor yang dikombinasikan dengan kaca transparan di bagian depan sehingga akan lebih safety dan suasana teras lebih teduh. 




Denah tata letak ruang

Desain rumah bertingkat ukuran 7 x 15 m ini memiliki pembagian tata letak ruang setiap lantai dengan fungsi yang berbeda. Di lantai 1 berfungsi untuk public area sedangkan lantai 2 dikhususkan untuk aktifitas anggota keluarga inti yaitu private area karena hanya terdapat 3 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 perpustakaan minimalis sebagai fasilitas tambahan bagi anda yang hoby membaca. Pada lantai 1 yang difungsikan sebagai ruang public sebagian besar di manfaatkan untuk menyambut saudara atau siapa saja yang berkunjung dengan tambahan fasilitas ruang ibadah yang berdekatan dengan ruang tamu.



Denah ruang lantai 1

Pada lantai 1 terdapat carport berukuran 4,5 x 5 m dengan kapasitas 2 mobil, taman minimalis 4,5 x 2 m. Teras dibuat dengan lebar kurang dari 1 meter dan desain ruang tamu yang memanjang kebelakang karena di himpit 2 penyekat dinding untuk bedroom dan area tangga. Ruang tamu berkisar 2 x 4 m dengan space tangga yang berukuran senada. 1 kamar tidur di bagian depan berukuran 4 x 3 m, ruang keluarga dan dinning room yang tanpa sekat 5 x 4 m, mushola 2 x 3 m, kamar mandi luar 1,5 x 2 m. Sedangkan di bagian belakang terdapat dapur yang cukup luas berukuran 3 x 3 m dengan kitchen set berbentuk letter L dan sirkulasi udara yang cukup karena berdekatan dengan taman belakang 4 x 1,5 m.


Denah ruang lantai 2

Memiliki balkon di lantai 2 untuk tempat bersantai yang bernuansa cozy dengan tanaman hijau yang menyegarkan berukuran 2 x 2 m. 1 bedroom di sebelah kanan depan berukuran 4 x 3 m yang berdekatan dengan 1 bedroom lainnya 3,5 x 2,5 m. Depan pintu kamar langsung di hadapkan dengan area bathroom luar dengan fasilitas pribadi berukuran 1,5 x 2 m. 1 kamar tidur di bagian belakang berukuran 4 x 2,5 m, 1 perpustakaan minimalis untuk keluarga bersantai dan membaca buku-buku kesukaannya dengan space 2 x 2 m. Ruang cuci jemur dengan atap transparan 3 x 3 m cukup membuat pencahayaan di dalam rumah bisa lebih maksimal di depan maupun dari belakang rumah.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Instagram @noman_desainrumah


Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.