Inilah Ukuran Kamar Mandi dalam Kamar Tidur yang Tepat untuk Rumah Minimalis Modern

Desain kamar mandi dalam kamar tidur

Homeshabby.com -- Anda memiliki kamar tidur dengan ukuran yang luas? Dari segi ukuran, anda dapat maksimalkan kamar tidur dengan dua fungsi, yaitu sebagai tempat tidur dan anda dapat memanfaatkan space dalam kamar untuk dijadikan kamar mandi privasi anda juga. Pembangunan kamar mandi dalam kamar tidur hakekatnya fokus pada penyesuaian etika dan kenyamanan. Agar kedua fungsi tersebut optimal dan efisien, tentu ada aturan yang harus dipertimbangkan salah satunya kesesuaian luas kamar mandi dan kamar tidur. Kali ini homeshabby.com akan memberikan inspirasi tentang ukuran kamar mandi dalam kamar tidur yang tepat untuk rumah minimalis modern, berikut uraiannya :


1. Ukuran bathroom 1,5 x 1,5 m



Apabila luas kamar tidur anda kurang dari 12 meter persegi, sebaiknya tidak memaksakan penambahan ruang untuk kamar mandi karena hal tersebut akan membuat kesan penuh dan sempit bagi ruang istirahat anda. jadi jika anda ingin membuat kamar mandi dalam, setidaknya ukuran kamar leboh dari 12 M2. Dari segi ukuran kamar mandi dalam kamar tidur yang paling tepat adalah 1,5 x 1,5 m dengan tetap mempertimbangkan desain yang simpel dan perabotan sesuai kebutuhan anda. Desain bathroom di atas dengan konsep sederhana tanpa furniture yang berlebihan cukup dilengkapi dengan toilet duduk, tempat tisu dan cermin serta tanaman hijau yang mampu memberikan kesan lapang dan sejuk pada kamar mandi dalam kamar.


2. Ukuran bathroom 2 x 2 m 



Idealnya ukuran kamar mandi memiliki luas sepertiga dan minimal seperempat dari total luas ruangan kamar tidur. Sehingga walaupun dengan adanya penambahan elemen bidang dalam ruangan akan tetap memberikan area gerak yang bebas untuk aktifitas anda di dalam kamar tidur. Ukuran 2 x 2 m ini memiliki 2 bagian dalam bathroom, adanya penyekat kaca untuk membatasi shower dan toilet duduk sehingga area bathroom tetap terkesan kering dan bersih. Pilihlah warna yang mampu memantulkan cahaya sehingga akan memberikan aksen luas pada ruangan yang kecil.


3. Ukuran bathroom 1,5 x 2 m



Atur letak atau posisi kamar mandi di titik yang tepat, agar aktifitas dan kenyamanan tidak terganggu. Sebaiknya, posisikan bathroom dibagian sudut kamar atau di bagian elemen bidang yang terpisah dengan tempat tidur dan tetap dengan akses pintu masuk keluar yang langsung menuju kamar tidur dengan konsep private area. Jangan memposisikan kamar mandi menghadap ke ranjang sehingga kualitas tidur akan lebih baik tanpa pandangan langsung ke bathroom. Tema berbeda dengan kamar tidur juga bisa anda terapkan seperti gambar diatas, ukuran space yang memanjang dengan wallpaper dinding berwarna biru langit dan motif burung mampu memberikan aksen berbeda dibandingkan dengan konsep lainnya. Peletakan cermin bulat berukuran besar mampu membuat kesan luas untuk ukuran 1,5 x 2 m ini.


4. Ukuran bathroom 2 x 2,5 m



Desain kamar mandi dalam kamar tidur untuk rumah minimalis modern harus memperhatikan ukuran interior, jenis perabotan, atau mungkin beberapa storage yang saving space dalam kamar mandi tersebut. Seperti halnya gambar di atas, penambahan bathub tidak akan jadi masalah untuk ukuran lahan yang terbatas asalkan tidak adanya sekat pembatas dengan toilet duduk dan rak besi. Desain kamar mandi ukuran 2 x 2,5 m  ini di lengkapi exhaust fan yang dapat menetralkan kelembapan dan pertukaran udara sehingga suasana akan terlihat lebih nyaman dan aman bagi kesehatan anda.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis modern dari yang sederhana hingga rumah minimais modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.