Desain dan Denah Rumah + Toko Walaupun Kecil tapi Tampil lebih Elegan

Desain dan denah rumah + toko kecil namun tetap elegan 

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Semoga selalu diberikan kesehatan di setiap harinya. Kali ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi yang selalu bermanfaat yaitu mengenai desain dan denah rumah + toko walaupun kecil namun tetap terlihat elegan. Dengan luas yang terbatas tidak menghalangi anda untuk menambahkan tempat usaha yang memiliki manfaat yang lebih di era modern sekarang ini. Berikut inspirasinya :


Tampak depan

Desain fasad rumah + toko ini terlihat classy dan focal point. Area carport secara terbuka terlihat lebih lapang dan terang tanpa adanya pagar pembatas dan penutup atap. Sedangkan disebelah kanan depan rumah terdapat space yang digunakan untuk toko atau tempat usaha dengan teras kurang dari 1 meter dan atap datar. Agar nampak selaras gunakan cat dinding toko yang sesuai dengan konsep rumah anda. Pintu toko menggunakan model folding gate dengan bukaan samping dan lock di bagian tengahnya yang lebih efisien.



Tampak samping

Terlihat bangunan rumah dari samping, tata letak toko yang berada di depan samping carport merupakan tempat yang tepat karena mudah dijangkau semua orang apalagi tanpa adanya pagar pembatas. Beberapa planter di letakkan pada teras toko untuk menambah aksen lebih segar dan lebih cantik di pandang. Lampu tempel pada setiap dinding toko dan teras rumah juga akan menciptakan kesan hangat pada malam hari. 



Tampak atas

Bagian atap secara detail dari bagian atas bangunan terlihat elegan dan tinggi karena konstruksi atap pelana dengan sudut segitiga di bagian tengah. Atap pelana ini menggunakan genteng beton flat yang berkualitas baik dan tahan terhadap cuaca. Dikombinasikan dengan atap dak cor pada bagian toko sehingga memudahkan anda ketika ingin menambahkan desain toko menjadi lantai 2. Atap datar ini dilengkapi saluran drainase sebagai peresapan air menuju halaman pekarangan samping yang hijau.



Desain dan denah tata letak ruangan

Gambar di atas merupakan denah dari beragam ruangan yang ada di desain rumah + toko ini. Desain rumah ini memiliki 4 kamar tidur dan 2 kamar mandi luar sebagai public area karena hanya memiliki 1 lantai dasar. Toko yang terlihat lebih besar ukurannya dibandingkan dengan ruangan lainnya. Adanya lorong samping rumah di sebelah kiri menuju ruang tengah yang sekaligus dimanfaatkan sebagai garden minimalis berbentuk memanjang. Sedangkan di sebelah kanan juga terdapat garden dengan pembatas pintu lipat yang berukuran kurang dari 1 meter.




Denah ruang beserta ukurannya

Berikut ini merupakan denah ruangan beserta ukurannya pada rumah + toko yang memiliki luas bangunan 9,7 x 20 m. 

Carport berukuran 4,7 x 6 m dan toko tempat usaha berukuran 5 x 6 m serta teras depan rumah 2 x 3 m. Masuk pada bagian inti rumah terdapat ruang tamu ukuran 3 x 4 m bersebelahan dengan kamar tidur bagian depan 3 x 3,5 m, 1 kamar tidur sebelah kiri 3 x 3 m, ruang keluarga dan taman samping dengan bukaan pintu lipat dari kaca 3 x 3,5 m. 2 kamar mandi luar yang berdekatan dengan kamar tidur berukuran sama 1,5 x 1,5 m dan 2 kamar tidur yang memiliki ukuran 3 x 3 m setiap ruangnya. Untuk lebih saving space, letak dinning room di bagian tengah tanpa adanya sekat ruang. Sedangkan di bagian belakang terdapat space yang memanjang yang digunakan untuk area dapur dan tempat cuci jemur di bagian sudutnya. Sebelah kiri terdapat bukaan pintu sebagai akses keluar rumah menuju taman samping yang memanjang berukuran 1,5 m x 12 m. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.