Desain dan Denah Rumah Kecil Ukuran 6 x 8 M Tampil Sederhana dengan Nuansa Asri

Desain rumah sederhana berukuran 6 x 8 m

Homeshabby.com -- Good morning bunda cantik, Semoga selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari penyebaran virus Covid-19 yang marak belakangan ini. Kali ini akan dibagikan mengenai desain dan denah rumah kecil ukuran 6 x8 M tampil sederhana dan bernuansa asri. Walaupun terkesan kecil namun akan tetap nyaman di tempati karena tata letak ruang dan lokasi lahan yang mendukung. Berikut penjabarannya :




Tampak depan rumah

Fasad bangunan yang dikelilingi pekarangan hijau terlihat sederhana dan lebih menonjol yang biasanya diterapkan di daerah pedesaan dengan luas halaman di sekitarnya yang masih alami. Pemilihan eksterior yang berbahan finishing agar nampak lebih kekinian seperti kusen kayu pada pintu utama dengan 2 bukaan dan jendela yang dikombinasikan dengan kaca bening otomatis akan memancarkan cahaya temaram dari lighting ketika malam hari. Sehingga suasana hangat dan menenangkan akan dirasakan pada desain rumah kecil tersebut.




Tampak belakang

Baik di belakang maupun di depan area teras menggunakan elemen grass block dengan lebar berkisar 1,2 m menuju jalan raya. Agar memudahkan sebagai akses keluar masuk kendaraan baik dari depan maupun belakang rumah, selain itu bahan grass block juga lebih efisien karena dapat menyerap air hujan sehingga halaman rumah akan terhindar dari genangan air atau kebanjiran. Eksterior bagian belakang masih sama dengan menggunakan kusen kayu dan kaca es dan hiasan lampu dinding sebagai cahaya hangat di malam hari.



Tampak depan samping

Dengan ukuran bangunan yang hanya 6 x 8 m memungkinkan desain rumah kecil ini memiliki pekarangan halaman yang cukup luas, berbagai tanaman dan bunga yang warna-warni dapat menambah tampilan fasad lebih cantik dan menawan apalagi dipadukan dengan beberapa lighting tersembunyi di balik tanaman depan rumah yang memberikan focal point bagi desain hunian kecil ini. Teras depan menggunakan kanopi rangka hollow berkaca dengan finishing cat putih yang nampak modern dan pagar teralis besi yang terkesan safety.



Tampak atap rumah

Walaupun di daerah pedesaan, desain rumah kecil berukuran 6 x 8 M ini tetap mengunakan elemen eksterior seperti di perkotaan pada umumnya yaitu genteng beton flat dengan pipa paralon untuk mengalirkan air hujan ke beberapa tanaman di sekitar rumah. Bentul model atap pelana yang lebih tahan lama dan aman dari rentannya kebocoran menjadi salah satu pilihan beberapa orang untuk mengaplikasikannya ke hunian mereka.


Denah ruangan beserta ukurannya

Lain halnya seperti artikel sebelumnya, bagian depan denah pada gambar terletak di bagian atasnya di mulai dari ukuran halaman depan 1,5 x 6 m, ruangan di sebelah kiri dengan konsep open space di dalam rumah tanpa adanya penyekat dinding secara permanen yaitu living room lengkap dengan TV LED di bagian depan 3,4 x 3 m, dapur memanjang ke belakang lengkap dengan pantry dan meja makan yang menyatu berukuran 4,4 x 3 m. Sedangkan di sebelah kanan terbagi menjadi 3 ruang dengan 2 kamar tidur sebagai private area 3,4 x 3 m di depan 2,5 x 3 m dan 1 kamar mandi luar di bagian belakang 2,85 x 3 m.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adlah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola, teras rumah dan kamar tidur anak.