Engglis Version

Cara Membuat Kamar Mandi yang Ramah Anak untuk Rumah Minimalis Modern

Desain kamar mandi yang ramah anak

Homeshabby.com -- Memiliki anak yang super aktif dirumah, setiap orang tua harus mempertimbangkan untuk membuat desain ruangan yang ramah anak. Bukan hanya diruang keluarga dan kamar tidur tetapi juga di dalam kamar mandi. Elemen di ruangan kamar mandi berpotensi membahayakan bagi anak sehingga hal pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan. Seperti apa tips yang tepat untuk membuat kamar mandi yang ramah anak untuk rumah minimalis modern? Berikut uraiannya :

1. Bahan interior yang aman dan tidak licin bagi anak


Kamar mandi dengan tirai dan lantai yang kasar

Kamar mandi adalah area basah, sebaiknya keramik lantai dipilih dengan kontur yang kasar supaya tidak licin dan anak bisa beraktifitas dengan aman. Bersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali untuk menghindari bakteri ataupun lumut hijau yang membuat lantai menjadi lembab dan licin. Selain itu anda juga bisa menggunakan sekat shower yang berbahan kain tirai yang bisa di gunakan sesuai kebutuhan dan lebih aman daripada menggunakan sekat kaca. 


2. Kamar mandi dengan konsep warna yang menyenangkan


Desain kamar mandi dengan interior pink kesukaan anak

Hal yang menyenangkan bagi anda adalah mengaplikasikan hal-hal yang disukainya. Berikan warna favorit di dalam desain kamar mandi. Biasanya anak perempuan menyukai warna cerah seperti pink yang berani. Sedangkan anak laki-laki menyukai warna yang tegas. Aplikasikan pada interior kamar mandi agar tampak ceria. Furniture juga harus diposisikan dengan benar agar mudah dijangkau. Meja rias dengan wastafel di bawahnya yang dilengkapi laci terbuka bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan atau dekorasi mainan anak yang mudah diambil dan anda bisa menambahkan karpet anti selip di setiap sudut letak interior untuk mengantisipasi licinnya lantai.


3. Kamar mandi yang simpel dengan pencahayaan yang maksimal


Kamar mandi dengan keramik tegel yang kasar

Desain kamar mandi ini menggunakan batu kerikil yang bisa menyerap air sebagai pembatas antara keramik tegel dengan keramik biasa di bagian wadah area shower sehingga akan terhindar dari kondisi genangan air yang basah. Letakkan perlengkapan mandi dengan rapi di bagian bawah agar anak mudah dijangkau. Ruang gerak yang leluasa karena konsep simpel pada kamar mandi mampu membuat anak lebih betah berlama-lama di dalam ruangan tersebut. Pencahayaan dengan jendela kaca yang besar mampu memberikan suasana yang terang dan dapat mempercepat perubahan area basah pada lantai menjadi kering.


4. Dekorasi lucu dan interior yang penuh warna


Interior yang ramah anak

Pertimbangkan usia dan tinggi anak sebelum mendesain kamar mandi. Agar anak-anak tidak mudah bosan dan malas mandi. Gunakan rak lengkap dengan kursi minimalis dengan warna yang cerah dan ceria seperti kuning tetapi tetap jaga agar tetap memiliki gaya netral yang dominan seperti warna putih bersih. Tirai dengan motif lucu sesuai kesukaan si kecil juga dapat menjadi alternatif pemilihan yang tepat untuk kamar mandi ramah anak. Tambahkan juga tempat atau wadah sikat gigi berkarakter dengan warna yang ceria sehingga akan menciptakan suasana kamar mandi yang menyenangkan dan kreatif.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber



Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat bebrapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, dan teras rumah, dan kamar tidur anak.