Engglis Version

Beberapa Tips Penting saat Membangun Tangga di Dalam Rumah yang Ramah Anak


Tips penting saat membangun tangga rumah yang ramah anak

Homeshabby.com -- Rumah anda bertingkat? atau mungkin berkeinginan untuk merenovasi hunian dan menambah lantai atas. Keberadaan tangga sebagai akses naik turun lantai sangat penting bagi hunian anda. Sebelum membangun tangga di dalam rumah khususnya anda yang sudah memiliki anak kecil yang super aktif tentu harus mendesain elemen tangga dengan baik dan safety agar tidak berakibat fatal terhadap keselamat si kecil. Lantas bagaimana membangun tangga yang baik dan ramah anak ? Mari simak langsung tips dari homeshabby.com berikut ini :


1. Perhatikan kontur permukaan anak tangga


Tangga dengan karpet kasar

Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki tangga di dalam rumah yang rentan dengan aktifitas anak berlalu lalang, anda bisa menambahkan visabilitas pencahayaan dengan menambahkan jendela ataupun lighting tersembunyi dan warna tangga yang tajam agar pada setiap ujung langkah garis anak tangga lebih membantu anak anda dalam menaiki tangga. Apabila permukaan tangga dirumah anda terbuat dari kayu, beton atau keramik pasangkan karpet yang kasar untuk mengurangi daya gesekan agar tidak licin dengan corak yang sesuai konsep di sekitarnya. 


2. Posisi tangga dan kelandaian


Tangga diantara dua dinding

Posisi tangga di dalam rumah yang ramah anak dapat terlihat dari gambar di atas, berada di antara dua dinding penyekat yang terkesan tersembunyi dengan pegangan tangan saat naik turun yang menempel sehingga aman dan tidak takut anak jatuh dari railing atau menaiki railing tangga. Kemiringan tangga yang ideal adalah 24-45 derajat. Tangga yang ramah anak harus dibuat lebih landai dengan kemiringan 20-24 derajat yang dianggap akan lebih safety untuk si kecil. Lighting temaram tersembunyi pada anak tangga dikombinasikan dengan warna permukaan kayu yang terkesan natural mampu menciptakan penampilan interior dalam rumah semakin elegan dan mewah serta suasana terang akan memudahkan si kecil naik turun dari ujung ke ujung.


3. Pasang railing tangga dan bordes


Pasang railing tangga dan bordes

Dalam membangun tangga dalam rumah yang ramah anak, kehadiran railing / pegangan tangga serta bordes (area istirahat di tangga) adalah sebuah keharusan jika model tangga anda seperti gambar di atas. Bahan dasar kayu memiliki kontur yang lebih aman bagi anak daripada keramik yang tajam dan licin. Tinggi idealnya sebuah railing adalah 90-100 cm dari pusat aantrade dengan disesuaikan tinggi tangan orang dewasa sehingga lebih nyaman ketika di sentuh. Keamanan ekstra untuk si kecil juga bisa memberi jarak antar railing 8 - 12 cm. 

Selain railing, bordes sebagai area istirahat di tangga juga sangat perlu. Hadirkan bordes di tiap 10-12 anak tangga (ketinggian tangga 1,5 - 2 m). Selain berfungsi sebagai area istriarahat, juga mampu mencegah seseorang tidak langsung terjatuh ke lantai dasar, melainkan ke bordes terlebih dahulu.


4. Pagar teralis di ujung bawah tangga 


Pagar teralis di ujung bawah tangga


Langkah terakhir namun penting saat membangun tangga rumah yang ramah anak yaitu dengan menambahkan pagar teralis pada ujung bawah tangga. Agar si anak sulit memanjat, hindari pemilihan jenis pagar dengan celah yang renggang atau terlalu pendek serta teralis dengan garis horizontal. Pagar safety yang dilengkapi lock bukan sistem slot karena cara ini dapat dengan mudah dibuka oleh si anak. Teralis finishing cat lacquer memiliki ketahanan yang lama dan tidak mudah berkarat sehingga tidak akan membahayakan anak kesayangan anda.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan kelaurag anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.