Engglis Version

Solusi untuk Ruang Sempit : Trik Ide Desain Tempat Cuci Minimalis dengan Memanfaatkan Sisa Lahan pada Rumah Modern

Ide desain tempat cuci minimalis

Homeshabby.com -- Memiliki hunian kecil mengharuskan anda untuk lebih memperhatikan penataan setiap ruangannya agar lebih efektif. Penataan yang tepat akan menjadi kunci sebuah rumah semakin nyaman untuk ditinggali. Hal tersebut berlaku juga dalam merancang desain tempat cuci minimalis di dalam rumah anda. Memanfaatkan sisa lahan yang ada walaupun dengan ukuran yang terbatas, menjadikannya sebagai washing place / tempat cuci lengkap dengan mesin cuci dan perlengkapan lainnya dan tetap membuat ruangan rumah anda terkesan lapang untuk beraktifitas. Bagaimana caranya ? dan dimana posisi yang tepat ? Berikut homeshabby.com akan membagikan solusi untuk ruang sempit yaitu trik desain tempat cuci minimalis dengan memanfaatkan sisa lahan di rumah modern :


1. Manfaatkan sudut elemen bidang yang kosong



Ada beberapa sudut bidang yang masih kosong dan tampaknya bisa dijadikan area mencuci pakaian. Dengan kondisi seperti itu, anda bisa langsung menyulap space yang kosong tersebut dengan mendekorasinya dan diatur secara fungsional agar dapat digunakan sebagai peletakan mesin cuci. Ukuran space yang senada dengan ukuran mesin cuci membuat desain rumah minimalis semakin tertata dengan sempurna. Lalu pada dinding jangan lupa untuk memasang rak terbuka untuk menaruh deterjen, pengharum pakaian dan peralatan mencuci lainnya. Agar tampilan lebih cantik, anda bisa menambahkan beberapa planter yang eye catchy.

2. Lorong tangga rooftop yang cukup efisien



Daripada dibiarkan kosong atau dijadikan tempat untuk menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai, bagaimana kalau dimanfaatkan menjadi area mencuci. Banyak orang mengabaikan lorong tangga dengan di biarkan kosong atau mungkin sebagai tempat menaruh perkakas yang terkesan berantakan. Kali ini anda bisa menyulapnya sebagai tempat area mencuci bersih yang lebih fungsional dan lebih stylish. Peletakan mesin cuci pada kabinet yang terkesan sembunyi dan menghemat ruang gerak. Tangga rooftop untuk menjemur dengan pencahayaan yang maksimal ke seluruh ruangan di bawahnya. 


3. Manfaatkan teras di belakang rumah



Apabila anda memiliki sisa lahan di belakang rumah jangan dianggurin! manfaatkan berapapun ukuran sisa lahan yang tersedia minimal cukup untuk menaruh mesin cuci, pergunakanlah secara maksimal. Konsep outdoor yang menyatu dengan area taman belakang rumah cocok untuk menjemur pakaian karena mendapatkan sinar matahari secara langsung. Rumah minimalis modern akan terkesan lapang dengan cara tersebut. Aktifitas mencuci akan lebih menyenangkan dan memudahkan anda mengawasi anak yang sedang bermain walaupun sambil mencuci pakaian.


4. Area cuci jemur di lorong jalan samping rumah



Adanya lahan memanjang di samping rumah, biasanya dimanfaatkan kebanyakan orang untuk jalan keluar masuk menuju ruangan tengah. Dengan konsep outdoor berbatasan langsung dengan tembok pembatas antar rumah tetangga dan ukuran yang sempit tidak akan menghalangi anda untuk berkreasi menyulapnya sebagai area relaksasi sekaligus tempat cuci jemur yang efisien yang super homey. Cukup untuk peletakkan rak ambalan untuk menaruh mesin cuci, keranjang baju dan perlengkapan mencuci lainnya. Tidak lupa untuk menambahkan rak gantungan untuk menjemur dan tanaman hijau di sepanjang lorong sebagai tambahan aksen agar terkesan asri dan menyenangkan.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis moder. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, inspirasi ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.