Desain dan Denah Rumah Ukuran 9 x 22,8 M Konsep Minimalis Sederhana dengan Taman Outdoor di Samping Rumah

 Desain dan denah rumah ukuran 9 x 22,8 m

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Semoga selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari segala hal yang negatif. Kali ini homeshabby.com akan membagikan desain dan denah rumah ukuran 9 x 22,8 M konsep minimalis sederhana yang dilengkapi area taman outdoor disamping rumah yang indah dan menarik. Pemanfaatan space di halaman samping rumah banyak diminati oleh banyak orang untuk tempat bersantai, berkebun bahkan ada pula yang menambahkan area swimming pool yang dapat menambah tampilan desain rumah sederhana semakin elegan dan modern. Seperti apa penjabaran lebih detailnya ? Berikut uraiannya :


Tampak depan

Dengan lebar rumah 9 m fasad rumah terlihat simpel dengan rasa safety yang maksimal. Desain fasad bangunan terlihat lebih memanfaatkan material alam yang natural, seperti pagar carport berbentuk partisi vertikal dari bahan kayu jati, dan batu alam di bagian sisi tembok pembatas yang dapat memberikan safety bagi bagian dalam rumah. Perpaduan atap limasan dengan atap datar pada teras mampu membuat konstruksi bangunan semakin menawan.


Tampak samping

Tampilan depan rumah ketika tidak adanya pagar pembatas pada bagian depan dengan memiliki bagian teras berukuran cukup luas sebagai area bersantai dan dikelilingi adanya tanaman hijau baik dari beragam planter yang cantik maupun adanya vertikal garden pada dinding. Rumah terkesan memiliki suasana asri dan nyaman saat beraktifitas. Agar kendaraan pribadi anda lebih aman anda bisa menambahkan kanopi sebagai penutup atap carport dengan bahan yang memiliki harga yang relatif terjangkau.

Contoh desain samping rumah

Pada bagian samping rumah yang memberikan focal point pada desain ini dapat anda rancang seperti gambar di atas. Space taman berukuran 3 x 5,3 m memanjang dengan penambahan area swimming pool ukuran 2 x 1 m di hiasi berbagai tanaman hijau yang rindang yang mampu menambah suasana bersantai anda di teras samping rumah semakin menyejukkan dan menenangkan. Agar pemandangan taman outdoor tetap bisa dinikmati di seluruh sudut ruang di dalam rumah, anda bisa memanfatkan pintu atau pembatas kaca yang transparan. Pencahayaan tetap masuk dan privasi anda tetap terjaga.


Denah ruangan rumah

Pada gambar di atas sangat terlihat beberapa ruangan di dalam rumah yang berukuran 9 x 22,8 m ini. Dengan adanya pagar pembatas secara keseluruhan dan luas teras yang cukup luas, anda bisa menempatkan area ruang tamu dengan konsep open space yang menyegarkan. Rumah ini memiliki 3 kamar tidur dan suasana sejuk dapat dinikmati di dalam rumah karena banyaknya ventilasi udara dari interior bukaan berbahan kaca serta area taman outdoor di samping rumah lengkap dengan swimming pool dan teras sebagai tempat relaksasi anda dan keluarga.


Desain dan denah ruangan rumah ukuran 9 x 22,8 m

Sedangkan pada bagian gambar ini, memperlihatkan tata letak ruangan yang lebih detail. Penempatan beberapa ruangan berdasarkan kebutuhan anda sangat penting agar rumah tetap terkesan tidak sempit dan berantakan. Memiliki 2 kamar mandi dengan 1 kamar mandi luar yang berdampingan langsung dengan tempat wudhu dan mushola di dalam rumah, di posisikan tepat di bagian depan yang bersifat sebagai public area. Sehingga tamu yang datang berkunjung tetap bisa memanfaatkannya tanpa takut privasi anda terganggu.


Denah ruangan rumah ukuran 9 x 22,8 m


Selanjutnya pada bagian denah rumah ini terlihat beberapa ruangan dalam 1 lantai beserta ukurannya. 

Pada bagian depan terdapat area carport 5,5 x 3 m dan motorport 5,5 x 2,5 m, teras sebagai ruang tamu terbuka 3 x 5,5 m. Masuk bagian dalam rumah langsung dihadapkan dengan 1 kamar tidur di bagian sebelah kanan 4 x 3,5 m dilengkapi kamar mandi dalam 1,5 x 3,5 m. Di bagian sebelah kanan terdapat tempat wudhu dan kamar mandi di elemen bidang yang berbeda berukuran 2 x 3 m. Mushola dan dapur dengan ukuran yang sama yaitu 2 x 3 m. 

Di bagian tengah terdapat area luas dan terbuka di dalam rumah yang difungsikan sebagai dinning room dan living room tanpa penyekat apapun berukuran 8,3 x 5,5 m. Berhadapan langsung dengan taman samping rumah 3 x 5,3 m yang menyatu dengan swimming pool 2 x 1 m. 

Di bagian belakang terdapat area servis dan jemur 3 x 3,5 m dan 2 kamar tidur yang berdampingan dengan ukuran yang berbeda yaitu 2,5 x 3,5 m dan 3,5 x 3,5 m.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, dan kamar tidur anak.