Engglis Version

RAB Rumah Type 36 : Pokok Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Menghitung RAB




Homeshabby.com -- Mempunyai rumah merupakan impian semua orang. Apalagi bagi mereka yang ingin hidup berkeluarga lepas dari orang tua. Namun, harga bahan dan upah pekerja semakin naik. Berdasarkan kondisi tersebut, anda perlu mengetahui cara menghitung biaya membangun rumah agar tidak memunculkan biaya (cost) yang terlalu tinggi. Perhitungan banyaknya biaya yang dibutuhkan baik upah maupun bahan dalam sebuah pekerjaan membangun rumah di sebut dengan RAB (rencana anggaran biaya). RAB rumah type 36 adalah tipe rumah yang mempunyai luas bangunan 36 meter persegi, dengan ukuran 6 x 6 m. Luas tanah pada rumah type 36 ini dapat dipadukan dengan beberapa ukuran luas tanah seperti 60 meter persegi atau 72 meter persegi. 





Berikut beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam menghitung RAB.

1. Menghitung material atau bahan  : Perhitungan material yang dipakai termasuk harganya.

2. Menghitung biaya pekerja   : Perhitungan lamanya bekerja para pekerja dalam menyelesaikan suatu jenis pekerjaan dalam satuan waktu dan biaya yang digunakan.

3. Menghitung peralatan  : Jenis dan jumlah peralatan, lamanya pemakaian serta biayanya.

4. Menghitung overhead : Termasuk menghitung biaya-biaya tidak terduga yang perlu diantisipasi, baik berkaitan dengan cuaca atau masalah moneter.

5. Menghitung besarnya pajak (tax) : Meskipun besarnya telah ditentukan dengan peraturan, tetapi anda perlu juga menghitung nya dengan teliti.

6. Menghitung biaya tak terduga  : Besarnya biaya tidak bisa diseragamkan. Biaya ini sangat tergantung pada kelihaian dan kondisi daerah yang berbeda-beda. Misalkan berapa besar biaya koordinasi keamanan tentu tidak akan bisa dihitung secara pasti.

7. Mengitung biaya perizinan : Nama dari komponen perizinan berbeda-beda di setiap daerah demikian juga nilai restribusinya, seperti IMB, izin prinsip, izin lokasi, izin site plan, advice planning, dll.

8. Untuk estimator jasa kontraktor ditambahkan satu faktor, yaitu faktor profit atau keuntungan, tetapi tidak untuk pekerjaan yang dikerjakan sendiri.




Sebisa mungkin anda harus bisa menekan banyak biaya untuk mengurangi pengeluaran sebab membangun rumah jika tidak melakukan kontrol budget bisa mengakibatkan pembengkakan biaya. Selain itu manajemen tukang harus benar-benar diperhatikan, semakin mundur waktu pekerjaan semakin banyak pengeluaran yang tidak terduga. Sebisa mungkin menggunakan material yang bisa diperoleh dilokasi setempat.


Perkiraan biaya anggaran membangun rumah diluar pembelian tanah bila harga borong per meter Rp. 2.500.000,00 maka biaya yang dibutuhlkan untuk membangun rumah type 36 yaitu 36 meter persegi x Rp. 2.500.000,00 = Rp. 90.000.000,00.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah dasain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keuarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.