Inspirasi Konsep Rumah Minimalis yang Sehat untuk Keluarga dari Ancaman Virus



Homeshabby.com -- Rumah dengan desain yang mendukung sirkulasi udara dan memberikan kesejukan adalah idaman setiap orang. Terutama bagi anda yang tinggal di perkotaan. Lokasi yang tepat dan efisien juga berpengaruh bagi kesehatan keluarga. Sebaiknya jangan membangun rumah di kawasan industri, bantaran sungai, pembuangan sampah karena akan berdampak mengalami pencemaran udara atau terganggunya siklus daur air yang bersih. 
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah rumah anda menjadi lebih sejuk dan sehat. Selain memperhatikan ventilasi, tentu saja harus menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan rumah. Rumah yang sejuk dan bersih akan memberikan dampak positif, seperti kesehatan dan terhindar dari ancaman berbagai virus, sehingga desain yang ramah lingkungan akan terwujud bagi keluarga anda tercinta.



Mendesain ruang tamu yang ramah lingkungan akan lebih menghemat pengeluaran ataupun energi. Maka dari itu, anda bisa menyiasatinya dengan memaksimalkan pencahayaan dari cahaya matahari, yaitu penggunaan jendela secara maksimal dan pemberian dekorasi tanaman hidup yang akan memberikan suasana sejuk dan udara yang sehat bagi tamu ataupun bagi anda sendiri sebagai pemilik rumah. Color tone yang cerah membuat ruang tamu anda semakin cozy.





Adanya kamar mandi tak luput dari perhatian anda. Produk material ramah lingkungan akan mengurangi kontaminasi lingkungan yaitu pencampuran atau pencemaran bakteri/virus yang berbahaya bagi kesehatan keluarga anda. Penggunaan keramik marmer, batu alam dan kayu kerap ditemukan pada rumah minimalis tropis modern. Atap bathroom yang terbuat dari kaca mampu memberikan penerangan walaupun tanpa menggunakan lampu. Desain kamar mandi ini di lengkapi tempat shower yang dibatasi kaca, wastafel, toilet, serta tower rail sebagai gantungan handuk. 






Selanjutnya pada bagian dapur, sangat penting adanya penggunaan cooker hood sebagai alat penghisap asap yang digunakan untuk menyingkirkan asap, uap dan bau yang timbul dari proses masak memasak. Selain itu juga pemilihan warna putih merupakan warna yang terlihat bersih dan bebas dari kotoran ataupun bakteri. Penggunaan interior yang fungsional dapat memberikan dampak yang positif, seperti udara menjadi tetap segar dan aktifitas memasak anda menjadi menyenangkan.






Ruangan makan biasanya di posisi tengah mengakibatkan suasana terasa pengap dan lembab karena ukuran yang sempit pula. Maka dari itu, anda bisa mengaplikasikan warna putih pada perabotan dan hitam pada karpet lantai yang akan memberikan nuansa luas, cerah serta bersih pada ruangan. Selain pemilihan warna dan furniture yang tepat, anda juga harus selalu menjaga kebersihan apalagi dengan penggunaan warna putih yang cenderung bisa membuat debu/kotoran lebih terlihat. Sebagai tambahan, adanya dekorasi/pajangan berupa tanaman hidup yang akan membuat ruangan di posisi tengah tetap terkesan sejuk.





Tempat yang paling penting bagi setiap personal anggota keluarga adalah kamar tidur. Tempat beristirahat setelah beraktifitas penuh di luar rumah. Warna dipercaya dapat memancarkan energi yang mempengaruhi mood dan aktivitas manusia. Umumnya, cat kamar tidur berwarna putih, karena warna ini mampu menampilkan suasana yang menenangkan sehingga tidur bisa terasa nyenyak. Pencahayaan yang cukup dari jendela, dekorasi pernak-pernik yang lucu dan warna furniture yang mencolok akan membuat penghuninya merasa betah berlama-lama di dalam kamar, khususnya anak-anak. Tanaman hijau di dalam ruangan selain memberikan kesan sejuk juga mampu menyaring bakteri atau udara dari luar rumah, sehingga kamar tidur tetap terlihat bersih dan menyehatkan.


Selain pemilihan material yang ramah lingkungan, Sebuah rumah juga harus dilengkapi oleh pengelolaan limbah yang baik seperti tempat penampungan sampah lengkap dengan penutupnya. Jika perlu, antara sampah organik dan anorganik dipisahkan. Kemudian untuk limbah yang berupa air, misalkan limbah dari kamar mandi atau wastafel harus disalurkan ke sumur resapan yang dilapisi pasir dan batu kerikil, sehingga akan terjadi pemurnian udara bersih di sekitar rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber



Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdepat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema uggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.