Engglis Version

Kelebihan Konsep Terbuka pada Rumah Minimalis Modern

Tampak depan rumah konsep terbuka

Homeshabby.com -- Kendala terbesar saat memiliki rumah minimalis adalah bagaimana menata ruangan yang sempit dengan interior yang fungsional dan praktis. Solusinya yaitu beberapa ruangan dijadikan satu dalam satu ruangan terbuka yang sederhana. Konsep open space atau lantai terbuka atau biasa disebut open floor menjadi populer dan banyak diadaptasi pada banyak model hunian kontemporer masa kini. Konsep desain yang sangat cocok untuk rumah-rumah berukuran kecil dan mampu memberikan suasana lebih rileks sekaligus meningkatkan interaksi di antara sesama penghuni rumah. Berikut beberapa kelebihan konsep terbuka pada rumah minimalis modern :

1. Rumah terasa lebih terang


Ruang tamu penuh cahaya

Rumah berkonsep ruang terbuka memungkinkan anda untuk tidak perlu menggunakan lampu dengan daya yang besar. Cukup dengan penambahan jendela kaca pada ruang tamu yang akan membantu sinar matahari masuk dan menerangi seluruh bagian rumah anda. Selain itu rumah yang penuh dengan pembatas dinding dan gelap berisiko mendatangkan nyamuk dan hama seperti kecoa atau semut. 

2. Ruangan lebih lapang


Ruang keluarga + ruang kerja

Dibandingkan dengan ruangan yang diberikan penyekat dinding untuk setiap bagiannya, rumah dengan konsep open space jauh terasa lebih lapang/luas. Anda pun bisa menggunakan ruang keluarga sekaligus sebagai ruang kerja, ataupun ruang tamu sekaligus menjadi ruang keluarga. Kondisi tersebut dapat membuat anda menghemat anggaran biaya furniture rumah. Kalaupun anda membutuhkan penyekat sebagai pembatas aktifitas yang lebih private, anda bisa menggunakan penyekat kaca yang kedap suara sehingga akan memberikan kesan pribadi tetapi tetap bebas dari rasa pengap atau gelap.


3. Mudah berinteraksi dan mengawasi anak


Kamar tidur

Posisi kamar tidur yang bersebelahan dengan area terbuka seperti taman hijau sebagai tempat bersantai dan bermain anak mampu memberikan dampak positif bagi anda. Desain kamar yang menggunakan jendela dengan material kaca yang transparan mampu memberikan kemudahan anda untuk mengawasi anak saat bermain walaupun anda sedang beraktifitas di kamar tidur. Selain itu ketika keluarga lain sedang bersantai anda bisa berinteraksi secara langsung sehingga suasana terasa lebih menyatu dengan lainnya. Namun, anda tidak perlu khawatir untuk menjaga privasi anda di dalam kamar. Hal itu tetap bisa dilakukan dengan penambahan roller blinds pada jendela yang bisa ditarik ke bawah untuk menutupnya. Privasi tetap terjaga dan terhindar dari cuaca yang ekstra dari luar rumah.


4. Membuat keluarga lebih akrab



Dapur + Dinning room

Desain dapur open space yang menyatu dengan dinning room dan taman minimalis di belakang rumah yang terlihat luas dan nyaman, karena saat anda memasak atau merapikan area dapur, anda juga tetap bisa mengawasi si kecil yang asyik bermain di taman tanpa harus mondar-mandir dari dapur ke area bermain. Area dapur yang menyatu dengan ruangan lain juga dapat menjaga interaksi anda dengan anggota keluarga lainnya untuk lebih akrab. Dengan kondisi seperti itu, aktifitas memasak anda pun akan terasa lebih menyenangkan tanpa adanya rasa jenuh.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis   : Imka
Editor     : Munawaroh
Sumber  : Instagram @rumahleon




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.