Desain dan Denah Rumah Konsep Sederhana dengan Ukuran 9 x 10 M Cocok untuk Keluarga Harmonis bisa Diterapkan di Kota maupun di Desa

Desain dan denah rumah 9 x 10 m

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda, kemarin homeshabby.com sudah membahas tentang atap limasan dan sekarang saatnya membahas rumah konsep sederhana tapi tampil elegan dengan kesan natural dari penggunaan material kayu pada elemen-elemen eksterior rumah yang sangat tepat. Desain rumah diatas adalah rumah dengan ukuran 9 x 10 m, rumah dengan model tanpa pagar pembatas di depan yang membuat fasad rumah terlihat lebih megah dan menawan sehingga dengan ukuran bangunan yang ada memberikan efek yang nyaman bagi keluarga harmonis baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan.


Tampak depan

Desain rumah ini menghadirkan konsep minimalis tetapi tetap elegan, dengan atap genteng beton flat yang tahan terhadap perubahan suhu, pintu rumah yang menggunakan material bahan kusen jati bertekstur lembut, lebih tahan lama dan awet karena tahan sampai puluhan tahun dan dapat memberikan penampilan natural dan menghangatkan bagi pemilik rumah. Banyak penggunaan jendela di setiap sudut eksterior yang akan memberikan akses sirkulasi udara dari luar masuk ke dalam rumah, rumah tidak terasa pengap dan lembab. Adanya sedikit tambahan lekukan bidang kotak dibagian depan sebelah kanan yang menjorok ke depan di lengkapi dengan lubang ventilasi yang akan dimanfaatkan untuk mushola di dalam rumah. Terdapat taman sebagai lahan penghijauan sekaligus penyerapan air hujan agar halaman rumah tidak mudah becek ataupun banjir. 


Ruang tamu

Masuk pada area living room desain dan denah rumah sederhana ukuran 9 x 10 m. Konsepnya minimalis dengan pemilihan warna-warna yang senada, pemanfaatan penyekat ruang dengan model transisi vertikal mampu memberikan efek lapang pada wajah rumah ini, ruangan satu dengan lainnya terasa menyatu. Ruang tamu ini dilengkapi dengan 1 sofa empuk lengkap dengan bantal bermotif tropical dan meja kayu berbentuk oval cukup sebagai peletakan planter dan secangkir kopi untuk menjamu tamu yang berkunjung. Selain itu adanya kursi sofa berbalut selimut bulu dan karpet lantai serta berbagai tanaman hijau disudut ruang mampu membuat suasana ruangan terkesan sejuk dan hangat.


Ruang keluarga

Pada bagian tengah terdapat ruang keluarga yang berbatasan langsung dengan ruang tamu sehingga ukuran bangunan 9 x 10 m ini akan terlihat semakin maksimal dengan pemanfaatan berbagai ruangan di dalam rumah tanpa terkecuali. Desain ruang keluarga yang terlihat modern, warna yang lembut pada setiap interior yang digunakan, bahan furniture yang safety mampu memberikan efek nyaman, tenang dan membuat aktifitas berkumpul bersama keluarga semakin menyenangkan. Desain seperti ini cocok untuk diaplikasikan di daerah kota maupun desa dengan tetap memperhatikan ukuran furniture menyesuaikan dengan ukuran space ruangan yang ada sehingga akan tetap terkesan luas. 


Mushola minimalis

Seperti dijelaskan sebelumnya, posisi mushola minimalis di dalam rumah ini terletak dibagian depan. Space dengan ukuran 1,5 x 2 m ini cukup untuk mushola yang dilengkapi rak dengan 5 sisi di sudut kiblat sebagai penyimpanan perlengkapan ibadah sekaligus dekorasi kecil. Tak lupa adanya hiasan dinding lukisan ka'bah agar dapat menambah nilai estetika dari ruangan tersebut. Pemilihan wallpaper pada sebagian dinding dengan warna yang lembut mampu membuat aktifitas beribadah anda lebih hangat dan menenangkan di dukung dengan adanya tanaman hijau sebagai pemanis ruangan. Yang menarik pada desain mushola tersebut adanya pemanfaatan sekat kayu lipat yang efisien sehingga dapat di buka tutup agar ibadah anda tidak terganggu.



Denah rumah 9 x 10 m lantai 1

Berikut denah rumah konsep sederhana dengan ukuran 9 x 10 m yang cocok untuk keluarga harmonis di perkotaan maupun di pedesaan. Penjabarannya :

Terdapat carport pada bagian depan kiri berukuran 5 x 3 m, teras rumah 1,5 x 3 m dan garden minimalis sebagai area penghijauan 6 x 1,3 m. Masuk pada ruangan utama yaitu ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga berukuran 3 x 5,5 m, di sebelah kanan terdapat 1 kamar anak tanpa pintu dan mushola minimalis yang menjorok ke depan dalam 1 ruangan dengan ukuran 4 x 3 m, di bagian belakangnya 1 kamar tidur 3 x 3 m. Sedangkan di sebelah kiri terdapat 1 kamar tidur 3 x 3 m. Di bagian belakang dapur minimalis yang memiliki ukuran 4,2 x 2 m dengan konsep open space menyatu dengan area taman di teras belakang rumah sekaligus sebagai area servis dan jemur baju yang berukuran 3 x 2 m. Pada sudut belakang rumah terdapat 1 kamar mandi ukuran 2 x 1,5 m. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimali sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, mushola dalam rumah, teras rumah, dan  kamar tidur anak.