Inspirasi Desain Ruang Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan Bagi Anak


Homeshabby.com -- Bagi anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak yang masih sekolah tentu menyadari pentingnya belajar. Agar anak-anak berkonsentrasi untuk belajar, sebagai orang tua juga harus menyadari untuk menyediakan ruangan khusus yang di peruntukkan sebagai ruang belajar bagi anak. Desain ruang belajar yang kondusif dan suasana yang menyenangkan agar anak-anak tidak mudah bosan dan hilang fokus saat belajar. Dalam hal ini, anda perlu memperhatikan beberapa interior yang ada di dalam ruang belajar yang bisa mendukung imajinasi mereka. Inilah beberapa inspirasi desain ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak dari homeshabby.com :



Desain rumah minimalis modern selalu mempunyai ukuran kamar tidur anak yang lebih kecil daripada ukuran kamar tidur lainnya. Jika ruangan kamar tidur anak memiliki space kosong, anda bisa memanfaatkannya dengan menjadikannya ruang belajar lengkap dengan rak penyimpanan buku. Ukuran meja multifungsi tentu harus menyesuaikan dengan ukuran space yang ada. Bentuk meja yang unik, warna lembut yang nyaman dipandang mata memberikan kesan menyenangkan bagi anak untuk belajar. Jangan lupa gantungkan note-note pada dinding agar anak bisa mengingat hal-hal yang perlu disiapkan esok hari. 




Desain ruang belajar seperti ini cocok untuk anak laki-laki maupun perempuan, karena pemilihan warna yang netral dan tidak berkarakter yang banyak disukai anak. Jika rumah anda memiliki space yang lapang baik di dalam kamar tidur maupun di ruangan khusus, desain ruang belajar ini sangat tepat untuk diaplikasikan. Meja minimalis di sudut ruangan lengkap dengan kursi dan bantal bulu yang akan menambah suasana santai dan tidak tegang bagi anak. Tambahkan juga rak penyimpanan buku dan aksesoris agar anak gemar membaca serta berkreasi. Untuk menambah ruangan semakin sejuk tanaman hijau bisa anda manfaatkan di sekitar area belajar.




Tema ruang belajar yang edukatif seperti ini khusus diperuntukkan bagi anak laki-laki, karena pemilihan warna dan dekorasi yang simpel sesuai kebutuhan anak. Desain yang unik dengan atap payung kesukaan anak, di lengkapi dengan rak gantung maupun rak lantai untuk penyimpanan buku dan perlengkapan sekolah. Lengkap dengan mainan dan alat peraga yang dapat membantu perkembangan otak anak anda seperti sempoa, buku-buku serta pernak pernik lainnya yang bisa membuat orang tua terlibat dalam proses belajar anak. Percantik ruang dengan catatan pelajaran yang ditempelkan pada dinding meja belajar agar anak tidak mudah lupa apa yang harus dipersiapkan.




Pemilihan warna earth tone yang tidak mencolok dan enak dipandang mata sangat penting untuk ruang belajar si kecil. Dekorasi dinding pada rak dan furniture lainnya yang berbahan kayu natural mampu memberikan suasana nyaman dan tenang bagi aktifitas anak. Selain itu, agar anak anda semakin bersemangat membaca anda bisa meletakkan rak minimalis dengan desain unik untuk meletakkan buku-buku ataupun komik kesukaan anak. Posisi ruang belajar seperti ini bisa ditempatkan pada sudut kamar tidur. Ukuran ramping pada interior yang digunakan mampu membuat ruangan terlihat tetap lapang.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber  : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.