Engglis Version

Cara Mengetahui RAB Rumah dan Volume Pekerjaan Dalam Pembangunan Rumah Minimalis

Dekoruma

Homeshabby.com -- Tahukah anda kalau rencana anggaran biaya (RAB) dan volume pekerjaan dalam pembangunan rumah menjadi hal yang vital dan harus dipikirkan dengan matang? Banyak orang memilih membangun rumah sendiri dibandingkan dengan membeli rumah siap huni. Namun, membangun rumah harus direncanakan secara matang termasuk dalam segi anggaran biaya pembangunan rumah (RAB). Perhitungan biaya ini bertujuan untuk mengantisipasi kelebihan budget yang mungkin terjadi. Biaya yang harus dianggarkan untuk membangun rumah pun beragam, mulai dari biaya desain, harga material, upah pekerja dll. Semua harga ini semestinya dihitung dan dikonsepkan sejak awal sehingga lebih efisien dan efektif. 
Sedangkan volume pekerjaan adalah menghitung jumlah banyaknya volume bagian pekerjaan dalam satu kesatuan.


sbbkab.go.id

Menghitung volume pekerjaan dan biaya total pembangunan yang diwujudkan dalam rencana anggaran biaya saat membangun rumah atau bangunan lainnya minimal diperlukan gambar rumah yang dapat diamati dari denah, tampilan dari beberapa sisi, dan potongan beberapa elemen-elemen di gambar tersebut. 

Dengan luas bangunan dikalikan harga satuan/meter persegi sudah diperoleh nilai global kebutuhan dana untuk membangun. Harga satuan per meter persegi untuk pembangunan di masing-masing daerah berbeda tergantung kondisi wilayah serta kekayaan hasil alam yang menyangkut material dasar. Biasanya, harga standar tersebut dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui kantor dinas teknisnya.

Ada beberapa cara untuk menghitung volume setiap jenis pekerjaan. Cara penghitungan tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Perhitungan volume pekerjaan yang mempunyai luas dan ketebalan atau mempunyai penampang dan panjang menggunakan satuan m3. Contonya, pasangan batu kali, batu-bata dan kusen.

2. Perhitungan volume pekerjaan yang hanya mempunyai luas dan ketebalan yang relatif tipis menggunakan satuan m2. Contohnya, Plesteran, pasangan lantai, pengecatan.

3. Perhitungan volume pekerjaan yang sifatnya dominan memanjang menggunakan m1 atau meter lari. Contohnya lisplang, instalasi pipa atau kabel.

4. Perhitungan volume bahan-bahan satuan menggunakan satuan ukuran buah. Contohnya lampu, stop kontak, kunci, wastafel dan kran air.

5. Perhitungan volume bahan satuan yang terdiri dari beberapa komponen bahan yang dirakit menjadi satu menggunakan satuan unit. Contohnya panel listrik dan meja dapur cuci.

Dari pemaparan di atas, tentunya anda sudah terinspirasi mengenai cara mengetahui RAB rumah dan menghitung volume pekerjaan dalam pembangunan rumah minimalis. Menghitung RAB memang bukan pekerjaan yang mudah, karena perlu ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Sehingga proyek pembangunan rumah akan berjalan lancar, efektif dan efisien.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah mijnimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.