Inspirasi Desain Plafon untuk Rumah Minimalis Modern



Desain aneka plafon


Homeshabby.com -- Bagi anda yang suka memperhatikan struktur bangunan rumah, mungkin plafon adalah bagian bangunan yang cukup menentukan keindahan sebuah ruangan di rumah. Bukan hanya sebagai penutup rangka atap penahan cuaca panas saja, tetapi juga bisa sebagai tempat untuk menyembunyikan seluruh instalasi listrik dan air pada rangka plafon. Seiring dengan perkembangan seni kreatifitas desain rumah, maka semakin beragam pula kreasi bentuk model plafon yang bisa diterapkan sehingga rumah anda akan semakin mewah dan modern. Berikut kumpulan inspirasi desain plafon untuk rumah minimalis modern anda : 

1. Model Plafon Gypsum


Plafon gypsum

Model plafon gypsum adalah pilihan yang paling banyak digemari oleh masyarakat untuk pelengkap interior rumah minimalis modern. Plafon jenis ini memiliki kemudahan dalam mendapatkannya, selain itu harganya yang relatif lebih murah dengan material rangka yang bervariasi membuat anda lebih menghemat anggaran biaya. Tampilan rangka plafon yang rapi dan beragam tahan terhadap perubahan suhu dan cuaca terutama di daerah tropis. Walaupun pada musim panas, suasana di dalam rumah minimalis modern akan tetap terkesan hangat. Harga kisaran plafon jenis gypsum mulai 58ribu - 68ribu dengan ukuran plafon 122 x 244 cm dan tebal 9 mm.

2. Model Plafon PVC

Plafon pvc

Desain plafon PVC ini adalah salah satu desain paling Favorit di setiap rumah bergaya minimalis modern. Dengan gaya arsitektur modern, plafon jenis PVC ini menyembunyikan lighting dengan sempurna. Ruangan pun tidak akan terasa terlalu terang, tetapi hangat dan nyaman. 


Plafon pvc 

Plafon PVC terbuat dari material yang sama untuk pembuatan pipa air terkenal sangat daya tahan yang tinggi terhadap air, api, dan juga serangan rayap. Materialnya yang kuat namun ringan serta tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif yang bervariatif namun memiliki kekurangan jika di renovasi ulang dengan pergantian cat warna lain tidak akan maksimal sehingga harus diganti material yang baru. 
Harga yang dimiliki kisaran mulai 30ribu - 65ribu / meter dengan ukuran rata-rata 0,8 mm x 20 cm. 

3. Model Plafon Metal


Plafon metal

Bahan plafon metal ini adalah lempengan baja tipis yang diproses dengan cara diembos dan dicetak dalam berbagai motif. Material dirapikan dengan finishing cat minyak/pelitur yang menyerupai kayu alami. Plafon metal umumnya menjadi pilihan karena bahannya yang anti bocor, anti rayap sehingga lebih kuat dan lebih tahan lama. Dengan motifnya yang beragam tentu pengerjaannya membutuhkan level kesulitan yang tinggi. Pilihan motif tentu juga harus disesuaikan dengan bentuk dan gaya rumah itu sendiri. Harga kisaran lebih mahal mulai 80ribu - 135ribu/lembar tergantung jenisnya.

4. Model Plafon Kayu


Plafon kayu

Plafon kayu adalah jenis plafon yang terbuat dari kayu olahan dan berbentuk lembaran-lembaran berukuran 1 x 9 cm. Tampilan plafon kayu sangat elegan karena dalam proses finishing, kayu dipelitur dengan warna alami kayu agar kesannya lebih natural. Desain rumah minimalis modern yang memakai plafon jenis ini akan lebih artistik dan rustic. Bahan material memberikan kesan hangat pada ruangan. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, insiprasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.