Inilah Perhitungan RAB Pekerjaan Rangka Atap Rumah Tahun ini


Perhitungan RAB rangka atap rumah

Homeshabby.com -- Untuk mengingatkan kembali, pada postingan artikel sebelumnya homeshabby.com telah memaparkan mengenai rencana anggaran biaya (RAB) pada desain rumah. Kali ini akan dijabarkan lebih lanjut dengan materi menghitung RAB pekerjaan rangka atap rumah dengan menggunakan material kayu. Atap merupakan bagian bangunan yang terdapat pada bagian atas sebuah konstruksi bangunan rumah yang berfungsi sebagai tempat berlindung dari sengatan matahari secara langsung. Pekerjaan atap terdiri dari kuda-kuda kayu, rangka atap kaso dan reng genteng, lisplang kayu, nok genteng atau juray kayu. Untuk menghitung biaya pekerjaan rangka atap kayu memerlukan analisa harga satuan dari komponen-komponen tersebut. Perhitungan RAB pekerjaan rangka atap dapat diuraikan sebagai berikut :


Penjelasan uraian tabel di atas berbadasarkan komponen-komponen pekerjaan rangka atap kayu diantaranya :

1. Pekerjaan konstruksi kuda-kuda kayu kamper medan. Kuda-kuda adalah balok kayu dengan ukuran tertentu yang dirakit dan dibentuk sehingga membentuk segitiga sama kaki. Terdiri dari balok kayu kamper medan , besi strip, paku ukuran besar, meni kayu, pembantu tukang dan tukang kayu dengan rata-rata jumlah pengerjaan nya 8,563,700.

2. Pekerjaan konstruksi kuda - kuda kayu borneo super. Kuda - kuda diletakkan pada beton ringbalk bersudut tertentu dengan fungsi sebagai pembentuk model atap bangunan. Terdiri dari balok kayu borneo super, besi strip, paku ukuran besar, meni kayu, pembantu tukang dan tukang kayu dengan jumlah rata - rata harga pengerjaan nya 7,663,900 yang relatif lebih mudah dibandingkan dengan kayu kamper medan.

3. Pasang kaso + reng genteng plentong kayu borneo super. Kaso (usuk) adalah balok kayu dengan ukuran 4/6 cm atau 5/7 cm yang berfungsi sebagai dudukan reng. kaso dipasang dengan jarak 50 cm. Terdiri dari balok kayu borneo super, paku 7 - 10 cm, pembantu tukang dan tukang kayu dengan jumlah rata-rata 87,300.

4. Pasang kaso + reng genteng beton kayu borneo super. Reng adalah balok kayu berukuran 2/3 cm atau 3/4 cm yang berfungsi sebagai dudukan atap genteng. Terdiri dari balok kayu borneo super, paku 7 - 10 cm, pembantu tukang dan tukang kayu sejumlah 96.000.



5. Pasang lisplang kayu kamper medan 3 x 20 cm berupa papan kayu yang berfungsi sebagai aksen dan penyangga genteng bagian bawah. terdiri dari papan kayu kamper medan, paku 7 - 10 cm, pembantu tukang dan tukang kayu dengan jumlah rata-rata/ harga satuan 87,300.

6. Pasang lisplang kayu kamper medan 3 x 30 cm yang dipasang pada ujung kaso bagian bawah atau ujung kaso bagian pinggir atap yang berbentuk pelana atau sopi-sopi. Terdiri papan kayu kamper medan, paku 7 - 10 cm, pembantu tukang dan tukang kayu dengan jumlah 112,000.

7. Pekerjaan nok / gording / juray kayu borneo super merupakan balok kayu dengan ukuran tertentu yang diletakkan pada kaki kuda - kuda yang berfungsi sebagai dudukan kaso, reng dan atap di atasnya. Terdiri dari balok kayu borneo super, paku 10 - 15 cm, pembantu tukang dan tukang kayu dengan jumlah rata - rata / harga pengerjaan nya 5,216,700.

Nah itu dia detail harga dan urutan pembuatan rangka atap rumah bagi anda yang sedang membangun rumah atau merenovasi atap rumah anda :)


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur ruang, keluarga, kamar mandi, mushola dala rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.