Desain dan Denah Rumah Terbaru Type 36 Luas Tanah 60 M2 Lengkap dengan Ukurannya


Homeshabby.com -- Ada rencana membangun rumah idaman type 36? Sebelum membangun, ada baiknya anda mempertimbangkan denahnya terlebih dahulu. Karena rumah type 36 dengan luas tanah 60 meter persegi yang minimalis akan terasa sempit jika tidak diperhitungkan denah ruangannya dengan kebutuhan. Pemakaian material bangunan yang berkualitas baik dengan keunggulan yang dimiliki dapat memberikan tampilan fasad bangunan rumah terlihat elegan dan modern dan tidak ketinggalan zaman. Kali ini homeshabby.com akan membagikan inspirasi desain dan denah rumah terbaru type 36/60 lengkap dengan ukuran setiap ruangan di dalamnya. 




Pada bagian samping fasad bangunan desain rumah type 36/60 ini terlihat menawan. Bagian atap menggunakan atap pelana atau atap bumbungan dengan konstruksi sederhana dan memiliki ketinggian yang berbeda dari atap satunya dalam satu bangunan. Atap pelana dengan bahan beton flat mempunyai resiko bocor yang kecil karena air hujan akan langsung ke bawah. Memiliki kemiringan kurang lebih 30-40 derajat sehingga akan tercipta ruangan di dalam plafon. Desain rumah ini termasuk bangunan ekonomis yang sangat tepat untuk keluarga baru yang masih muda.





Pada fasad bangunan depan terlihat desain rumah yang elegan dan modern untuk ukuran yang minimalis yaitu type 36/60 . Penggunaan woodplank pada sebagian sisi dinding depan rumah mampu memberikan tampilan yang berbeda. Pagar atau GRC yang dibingkai dengan beton tetapi lebih ringan yang bentuknya mirip kayu sehingga terkesan natural pada material yang dipakai. Harga woodplank GRC jauh lebih murah dibanding dengan pagar kayu kamper, merbabu atau yang lainnya yaitu kisaran 200ribu dengan tebal 0,8 cm panjang 300 cm dan lebar 20 cm di wilayah kota-kota besar. Sebagai tambahan agar rumah memiliki sirkulasi udara yang bersih dan segar, anda bisa memanfaatkan lahan penghijauan di depan rumah dan aksen tanaman rambat pada dinding transisi teras rumah. Tampilan rumah akan cantik dan menjadi focal point bagi yang melihatnya.





Sedangkan pada tampilan bangunan dari belakang. Nampak pemanfaatan ruang secara maksimal. Terdapat area dapur secara terbuka pada bagian belakang menyatu dengan taman hijau. Ukuran bangunan dengan luas tanah 60 meter persegi dapat anda manfaatkan untuk membangun area tanpa atap untuk penempatan tangki air sebagai wadah penampungan air untuk beraktifitas khususnya mandi ataupun mencuci. Sehingga dapat menghemat adanya penggunaan listrik secara berlebihan.




Nampak secara jelas beragam ruangan di dalam rumah beserta ukurannya. Desain rumah type 36 memiliki ukuran carport yang luas yaitu 4,5 x 3 m, terdapat halaman depan untuk area penghijauan berukuran 3 x 1,7 m, teras 3 x 1,2 m. Masuk pada bagian utama dalam rumah yaitu ruang tamu yang menyatu dengan mushola minimalis tanpa adanya pembatas pintu 3 x 4,1 m. Pada bagian belakang terdapat dapur berukuran 3 x 1,2 m dan kamar mandi luar 1,6 x 1,8 m serta taman hijau pada sisa lahan belakang. Rumah ini memiliki 2 kamar cocok untuk keluarga baru dengan ukuran ruangan yang berbeda. Pada bagian depan berukuran 2,5 x 3 m dan bagian belakang 3 x 3 m sebagai kamar utama. 


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber  : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga. kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamartidur anak.