Desain dan Denah Rumah Luas Lahan 13 x 13 M terdapat 3 Kamar Tidur dan Taman Hidroponik Membuat Rumah Lebih Enak di Pandang

Tampilan depan rumah

Homeshabby.com -- Hello bunda, terima kasih masih setia dengan update terbaru inspirasi desain dan denah rumah dari homeshabby.com Kali ini akan membagikan mengenai desain dan denah rumah luas lahan 13 x 13 m memiliki 3 kamar tidur dan tanaman hidroponik yang akan membuat tampilan rumah menjadi focal point bagi setiap orang yang melihatnya. Atap genteng yang digunakan adalah genteng metal kisaran harga 20ribu - 35ribu / biji tergantung jenis genteng tersebut. Genteng metal mempunyai keunggulan daya tahan yang tinggi, bobot yang ringan, ragam pilihan warna yang bervariatif, ramah lingkungan serta harga yang lebih murah dibandingkan dengan model genteng lainnya. Desain rumah yang modern kekinian dengan lahan sebagai wadah untuk mewujudkan hobi berkebun anda, selain itu dapat memberikan kesan rumah semakin homey. Berikut pemaparannya semoga menjadi inspirasi keren bagi anda :


Tampak dari atas

Fasad bangunan terlihat menawan pada bagian atas, dengan penggunaan material yang berkualitas serta pemanfaatan lahan halaman yang fungsional untuk bersantai dan berkebun mampu memberikan kesan tampilan desain rumah yang elegan nan asri bagi siapapun yang menikmatinya. Atap rumah berbentuk pelana dan datar pada carport dan teras menambah keunikan tersendiri dari fasad bangunan. Pemanfaatan lahan untuk berkebun namun dengan biaya ekonomis, salah satunya dengan menanam sayuran hidroponik teknik bercocok tanam tanpa media tanah dan menggunakan banyak air sehingga dapat menghemat anggaran belanja dan terbebas dari sayuran yang terkontaminasi pestisida.

Untuk membuat kebun tanaman hidroponik, anda membutuhkan pipa paralon diameter 3 inci, gelas plastik, penyambung dan penutup paralon, gergaji, selang dengan pompa aquarium, alat solder, alat bor, air, spons dan biji tanaman/sayuran. Melubangi beberapa pipa paralon untuk tanaman hidroponik dengan jarak antar lubang sekitar 20 cm, melubangi gelas plastik untuk tanaman hidroponik dengan alat solder, letakkan gelas ke dalam lubang pipa sisakan satu lubang untuk jalur pemberian nutrisi tanaman. 

Selanjutnya gunakan selang dan pompa air untuk mengairi tanaman hidroponik yang akan anda tanami (nyalakan pompa air cukup pada pagi hari saja untuk menghemat air dan listrik), Jika tempatnya sudah siap anda bisa meletakkan bibit tanaman diatas spon lalu letakkan pada gelas plastik. Jangan lupa berikan larutan nutrisi pada tanaman tersebut.

Dengan hal itu, penampilan depan rumah akan terlihat asri dan sirkulasi udara bersih tercukupi. Rumah semakin enak dipandang karena segarnya tanaman hidroponik tersebut.


Ruang tamu

Desain rumah luas lahan 13 x 13 m memiliki beragam ruang sesuai kebutuhan pemiliknya dengan memanfaatkan penyekat untuk pembatas ruang sehingga tampilan di dalam rumah terkesan luas. Ruang tamu yang dilengkapi sofa memanjang serta meja tamu ditengah dengan posisi ruang yang memiliki jendela kaca serasa menyatu dengan suasana asri pada halaman kebun tanaman hidroponik. Ruang tamu terkesan hangat karena material bahan yang alami. 



Kamar tidur utama

Desain rumah ini memiliki 3 kamar tidur, salah satunya kamar tidur utama. Ukuran kamar tidur untuk lahan 13 x 13 m tentu terlihat luas. Konsep modern yang dipilih membuat suasana kamar tidur lengkap dengan kamar mandi dalam semakin elegan di pandang. Pemilihan warna putih dan biru langit pada interior kamar mampu menciptakan suasana nyaman dan tenang bagi anda beristirahat. Posisi kamar di bagian samping memungkinkan untuk menambahkan jendela kaca dengan hiasan gorden simpel warna putih yang dapat memantulkan cahaya dari luar rumah. Ketika dibuka pun akan terlihat indahnya pemandangan hijau pada tanaman hidroponik.


Dapur menyatu dengan dinning room

Dinning room yang menyatu dengan area dapur di tempatkan pada bagian belakang rumah. Space yang terlihat luas dapat terlihat karena tidak adanya penyekat ruang sebagai pembatas. Ruang makan multifungsi dengan peletakan rak memanjang yang menempel di di dinding serta tv minimalis sebagai teman berkumpul bersama keluarga. Interaksi anda saat memasak dengan anggota keluarga lain akan lebih mudah. Suasana ruangan terkesan cozy imbas dari pencahayaan dan penataan interior yang apik.


Denah rumah 13 x 13 m


Berikut ini merupakan denah rumah ukuran lahan 13 x 13 m yang dilengkapi dengan 3 kamar tidur dan tanaman hidroponik yang menambah tampilan fasad bangunan semakin asri. 2 kamar tidur dibagian kanan menyatu dengan halaman disamping rumah serta 1 kamar mandi di antara 2 kamar tidur tersebut. Sedangkan 1 kamar tidur berada di sebelah kiri tepat dibelakang carpot. Lalu pada bagian tengah dari desain rumah lantai 1 ini terdapat ruang dengan konsep terbuka dan penyekat ruang sebagai pembatas seperti ruang tamu, ruang makan/keluarga dan dapur. Pada bagian belakang terdapat 1 kamar mandi dan 1 tempat cuci jemur bersebelahan dengan dapur. 

Lahan ukuran 13 x 13 m di manfaatkan untuk bangunan rumah berukuran 13 x 9 m sedangkan sisanya digunakan untuk area bersantai sekaligus untuk area berkebun tanaman.sayuran hidroponik.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor  : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.