Desain dan Denah Rumah Lantai 2 dengan Luas Bangunan 8 x 12 M Konsep Modern dan Hemat Energi

Desain dan denah 2 lantai ukuran 8 x 12 m

Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda. Kali ini homeshabby.com akan membagikan seputar desain dan denah rumah lantai 2 dengan luas bangunan 8 x 12 m dengan konsep modern dan hemat energi. Rumah yang ideal adalah rumah minimalis 2 lantai namun cukup untuk anggota keluarga. Melihat kondisi saat ini, rumah idaman yang hemat energi merupakan pilihan menarik, mengingat harga properti terus meningkat dari waktu ke waktu. Berikut contoh desain rumah yang anda impikan. Baca sampai habis ya. jangan setengah-setengah :)


Tampak depan

Ukuran bangunan 8 x 12 m membuat desain rumah ini memiliki ukuran halaman depan yang luas dengan bentuk memanjang ke belakang. Fasad bangunan yang terlihat elegan dengan material yang kekinian dengan memaksimalkan penggunaan jendela pada setiap bidang, baik di bagian depan maupun samping rumah. Atap datar (dak beton) yang anti bocor, pagar pembatas berbentuk transisi pada bagian lantai 2 dari bahan kayu berlapis cat hitam yang membuat tampilan rumah semakin modern. Kombinasi elemen modern dan sederhana pada desain rumah ini mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat lainnya. 


Ruang keluarga

Desain dan denah rumah 2 lantai dengan luas bangunan 8 x 12 m ini memiliki ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga. Ukuran ruang tamu yang luas 6,5 x 3, 8 m memungkinkan untuk peletakan rak TV led dan dekorasi pendukung lainnya berukuran besar dengan model tanam dinding. Konsep ruang keluarga ini didominasi dengan warna netral seperti putih dan abu-abu. Bagian lantainya menggunakan lapisan kayu / parket dan karpet agar terasa semakin hangat. Model pintu geser berbahan kaca transparan adalah salah satu cara untuk ruangan di dalam rumah mendapatkan sirkulasi cahaya yang maksimal, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik.


Dapur minimalis

Konsep awal dari desain rumah ini adalah modern dan hemat energi. Dengan adanya patokan tersebut, anda bisa membangun sebuah area dapur agar tetap memiliki cahaya yang cukup tanpa penggunaan lampu yang akan menimbulkan panas dan pengap pada ruangan. Sebagai gantinya pemanfaataan atap dapur dengan glass block sebagai skylight alami sehingga aktifitas memasak terasa menyenangkan. Ukuran kitchen set 2 x 2 m memungkinkan untuk ruangan disatukan dengan meja makan yang efisien. Dengan sentuhan warna cream dan warna kayu yang alami mampu menambah suasana dapur menjadi hangat dan nyaman.


Kamar tidur utama

Ketika anda melihat foto diatas pasti sudah terpikir dibenak anda bahwa desain kamar tidur yang menunjukkan adanya elemen-elemen modern tetap memberikan kehangatan tersendiri. Desain kamar tidur utama ini tepat dibagian belakang lantai 2, dilengkapi bed queen size dengan quilt berbahan linen dan berwarna senada dengan cat dinding. Menambahkan rak minimalis disamping kanan dan kiri tempat tidur sebagai tempat penyimpanan dekorasi bisa membuat kamar utama menjadi kamar dengan kesan glamour seperti di hotel.
Desain kamar tidur utama ini cukup unik dengan 2 elemen berbeda yaitu, adanya lorong dan headframe kasur sebagai pembatas. Lorong tersebut dimanfaatkan sebagai area santai sambil menonton tv dan di lengkapi dengan pagar kaca yang transparan sehingga lorong tetap terang dan hangat terpancar cahaya dari luar rumah didukung juga dengan adanya penggunaan glass block pada atap sebagai pencahayaan alami di siang hari. 


Denah lantai 1

Terlihat jelas denah rumah lantai 1 dengan luas bangunan 8 x 12 m beserta ukuran ruang pada gambar di atas. Di lantai 1 terdapat area living room dengan pintu menyamping berukuran 6, 5 x 3,8 m bersebelahan dengan bed room / kamar tidur tamu 4 x 3 m, lalu 1 kamar mandi luar beserta tempat laundry 1,5 x 1,5 m disamping pintu samping untuk akses keluar rumah.
Tangga naik berada di bagian tengah dan terdapat area dapur memanjang yang menyatu dengan dinning room berukuran 8 x 3,5 m. Luas bangunan 8 x 12 m ini memiliki space kosong disekitarnya yang dapat dijadikan area santai sekaligus taman hijau untuk berkebun baik di bagian depan, samping maupun di bagian belakang rumah. Sehingga walaupun banyaknya jendela ventilasi, ruangan di dalam rumah akan tetap terkesan sejuk dan hangat karena adanya tanaman di halaman luar.


Denah lantai 2

Denah pada lantai 2 yaitu :
Terdapat 3 kamar tidur dengan ukuran yang berbeda - beda. Bagian depan 1 kamar tidur utama dengan ukuran 5 x 6 m dan 1 kamar mandi dalam yang mewah, serta adanya lorong dengan jendela kaca untuk tempat menonton tv dan bersantai. 1 kamar tidur pada bagian belakang 3,5 x 5 m lengkap dengan jendela besar untuk penerangan dan 1 kamar tidur anak 3 x 3,5 m lengkap dengan pintu akses menuju balkon dibagian belakang lantai 2. Selain itu juga terdapat 1 kamar mandi luar di bagian tengah ukuran 1,5 x 1,5 m dan sedikit space untuk wastafel dan kaca di luar kamar mandi. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.