Desain dan Denah Rumah Konsep Tropis Lantai 2 dengan Luas Lahan 12 x 10 M terdapat Mushola dalam Rumah


Homeshabby.com -- Selamat pagi bunda :) Terima kasih masih setia di update terbaru desain dan denah rumah homeshabby.com. Kali ini akan disajikan pembahasan mengenai desain dan denah rumah konsep tropis lantai 2 dengan luas lahan 12 x 10 m. Rumah konsep tropis merupakan desain rumah yang bisa beradaptasi dengan iklim tropis, seperti musim hujan dan musim panas. Pemilihan interior yang fungsional berbahan alam adalah cara yang paling tepat untuk rumah konsep tropis. Sehingga walaupun dengan cuaca panas sepanjang tahun, rumah anda tetap memiliki suasana sejuk dan adem. Amazing bukan ?? Coba lihat desain di bawah ini :




Rumah dengan konsep tropis identik dengan penerangan panas yang maksimal dari depan rumah. Pemilihan eksterior yang berkualitas dan memiliki bahan yang memiliki keunggulan memantulkan panas membuat rumah tetap terkesan sejuk dan nyaman. Seperti adanya dinding roster beton untuk menjaga sirkulasi udara agar rumah tetap terkesan dingin dan juga modern bagi fasad bangunan. Terdapat 2 area carport dengan pagar pengaman yang terbuat dari besi yang dikombinasikan dengan bahan kayu berbentuk persegi panjang sekaligus dengan taman mini di tengah sebagai penghijauan agar rumah tetap terlihat asri.




Terlihat tampilan rumah dari atas, pada bagian atap desain rumah ini terbuat dari genteng mantili yang termasuk kedalam genteng hias, memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah pecah sehingga dapat digunakan berpuluh-puluh tahun walaupun dengan cuaca yang ekstrim. Pemanfaatan lahan kosong sebagai area hijau dan dinding beton pada lantai 2 dapat memberikan kesan natural pada tampilan rumah. Bentuk bangunan dengan model atap pelana yang simpel dan menarik dengan permainan tinggi rendah antara atap utama dan atap kedua membuat tampilan eksterior yang dinamis dan membuat fasad bangunan juga terlihat tidak monoton.



Yang tak kalah menarik terdapat mushola minimalis di lantai 2 pada bagian utama yang bersebelahan langsung dengan tangga sebagai akses naik-turun saat beraktifitas. Mushola ini di lengkapi dengan dekorasi kaligrafi menghadap kiblat dan lukisan senja pada bagian samping, serta bahan kayu di bagian lantai dan dinding kiblat yang akan menambah kenyamanan anda dalam beribadah. 



Berikut detail denah ruangan beserta ukurannya pada lantai 1, terdapat 2 area carport dan taman mini sebagai penyekat dengan ukuran 6 x 4,5m pada setiap area carport. Masuk pada bagian ruang keluarga yang sekaligus dapat difungsikan sebagai ruang untuk menjamu tamu yang menyatu dengan dinning room 5 x 6 m dan berhadapan langsung dengan kamar tidur tamu dengan ukuran yang sama dilengkapi dengan 1 kamar mandi minimalis. Pada bagian belakang terdapat pantry ukuran 1,5 x 5 m dan kamar mandi di sudut bawah tangga.




Lanjut pada bagian lantai 2 dengan konsep split level berukuran 12 x 10 m, Terdapat 1 kamar tidur utama ukuran 3 x 3 m bersebelahan dengan mushola dan ruang keluarga secara terbuka dan lorong menuju balkon yang di lengkapi dengan taman hijau di lantai 2. Pada bagian belakang terdapat 1 kamar mandi dan tempat servis / tempat cuci sekaligus tempat jemuran.


Anggaran biaya untuk membangun rumah ini kurang lebih memakan anggaran Rp 650 jutaan. Untuk anggaran lahan beserta bangunan lengkap dengan eksterior yang ada memakan biaya kisaran 2 - 3 miliar untuk wilayah Jabodetabek. Untuk anggaran biaya tentunya akan bergantung juga dengan spek bahan material yang digunakan, harga tanah, dan juga desainnya itu sendiri. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa  dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh 
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips da trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.