Engglis Version

Tips Penting agar Asap Dapur Tidak Mengganggu


Homeshabby.com -- Pernahkan anda memasak dengan suasana pengap? Hal itu di sebabkan karena asap dan bau-bauan yang berasal dari kompor dan tidak adanya ventilasi yang memadai. Idealnya, sebuah dapur harus memiliki ventilasi atau jendela yang memadai sehingga bisa membantu mengalirkan udara dari dalam ruangan dan menggantinya dengan udara luar. Dengan membuat dapur lebih segar, secara otomatis membuat dapur nyaman ketika digunakan. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kualitas udara di dapur ;

1) Memasang jendela di dapur 


Jendela menjadi hal yang paling utama yang ada di dapur. Anda perlu memastikan bahwa dapur memiliki jendela untuk menjada sirkulasi udara. Sirkulasi yang tidak baik akan mengubah dapur menjadi tempat yang panas serta pengap. Dapur sebaiknya berada di pinggir / belakang  dan tidak ditengah-tengah rumah. Hal ini akan membuat suasana dapur menjadi nyaman, dan terhindar dari asap yang mengganggu.


2) Gunakan peralatan anti panas dan Exhaust Fan



Desain dapur dengan pemasangan peralatan dapur yang anti panas, seperti kompor induksi bisa anda gunakan dalam memasak karena kompor ini menghasilkan panas yang lebih kecil dibandingkan dengan panas kompor biasa. Selain itu, anda juga bisa menggunakan exhaust fan mirip seperti kipas angin, berfungsi menyedot udara dari dalam ruangan keluar rumah, sebelum asap sempat menyebar ke ruangan lain. Pastikan pembersihan rutin tetap dilakukan agar kinerjanya optimal. 


3) Memasang Cookerhood 


Cookerhood memegang peranan penting dalam aktifitas memasak di dapur, menjaga ruangan agar tetap bersih dan bebas dari asap yang mengganggu. Cookerhood juga sering disebut sebagai penghisap asap, uap dan bau pada proses masak-memasak di dapur. Asap dan bau serta berbagai kotoran akan dihisap dan membuangnya atau memprosesnya kembali agar udara didalam ruangan tetap sehat dan segar. Penghisap asap yang berkualitas akan memberikan nilai estetika bagi dapur anda agar terlihat modern, dan udara segar membuat rasa nyaman ketika memasak.


4) Adanya ventilasi udara dan aroma terapi


Jika dapur anda tidak memiliki jendela, setidaknya pastikan ada ventilasi udara yang cukup. Bukan hanya udara panas, ventilasi yang terlalu kecil akan menghambat  asap yang akan keluar dapur, akibatnya asap berpindah ke ruangan lain dalam rumah dan mengganggu aktifitas keluarga. Salah satu cara yang mudah dan cepat untuk mengusir bau yang tak sedap dengan menggunakan aromaterapi, dengan aroma yang cukup netral dan menyegarkan. Hal ini bisa membuat dapur tetap harum, dan terlihat bersih dari asap yang mengganggu.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis  : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sedehana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, Inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah dan kamar tidur anak.