Model Kanopi yang Trend Tahun ini


Homeshabby.com -- Lindungi teras rumah anda dengan desain dan model kanopi yang trend tahun ini. Tidak cuma teduh, rumah anda akan terlihat lebih stylish! Perubahan cuaca yang ada, membuat rumah anda membutuhkan perhatian khusus, terutama dengan pemanfaatan kanopi di teras rumah. Kanopi merupakan penutup atap yang terbuat dari berbagai macam material dengan tujuan memberikan keteduhan. Pada umumnya, kanopi digunakan pada area outdoor untuk mengurangi intensitas cahaya matahari atau air hujan yang masuk, biasanya dipasang di carport, teras, balkon dan sejenisnya. Berikut ini adalah beberapa model kanopi yang trend tahun ini ;

1) Model kanopi berbahan kayu


Model kanopi ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Selain ramah lingkungan, kesan menyatu dengan alam sangat cocok untuk desain rumah diarea tropis. Finishing kayu disesuaikan dengan kebutuhan seperti politur natural. Tidak hanya itu, kanopi kayu terbukti lebih tahan lama dibandingkan kanopi dengan material lainnya, biasanya menggunakan kayu jati / kayu kalimantan. Dikarenakan kayu bukan material yang memuai/menyusut sehingga tentunya memiliki umur lebih lama. Model kanopi kayu ini dipadukan dengan bagian atap yang berbahan kaca, sehingga area sekitar tetap mendapatkan pencahayaan yang cukup dan tahan dengan perubahan suhu/cuaca.



2) Kanopi kain


Pemakaian model kanopi berbahan kain membuat struktur bangunan terlihat klasik. Penyangga yang digunakan terbuat dari besi dengan cat warna putih, senada dengan warna kain sebagai atapnya. Atap kain kanopi ini disebut dengan kain sunbrella buatan Amerika yang memiliki umur kisaran 10 tahun. Walaupun kesannya terbuat dari kain, tapi memiliki kualitas yang baik. Keunggulan yang dimiliki tahan terhadap jamur, cuaca dan air hujan. Kain tersebut tidak mudah luntur, meskipun setiap hari terkena panas dan hujan. Jadi aman untuk anda aplikasikan pada teras rumah anda.



3) Model kanopi besi hollow


Kanopi dengan material besi hollow adalah material paling lazim digunakan dan mudah ditemui. Material besi juga bisa dikombinasikan dengan kayu maupun kaca transparan. Pemberian cat juga akan menentukan hasil akhir dari sebuah kanopi, seperti cat warna abu-abu menggambarkan kesan modern dan menawan. Model kanopi ini cukup kuat untuk menahan air hujan dan dengan atap kaca tentu akan mendapat sinar matahari yang bisa menyehatkan bagi keluarga anda.



4) Kanopi baja ringan


Jenis material ini adalah salah satu yang paling ekonomis. Desain dan permainan warna yang kental dengan tema rumah modern. Kanopi ini sangat mudah untuk dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Atap kanopi dengan ruas prastisi berbentuk kotak-kotak dari kaca dengan tekstur yang berbeda-beda membuat teras atau carport rumah tembus cahaya. Kesan tambahan yang ditimbulkan adalah kehangatan bagi penikmatnya dari pencahayaan lampu dinding pada teras rumah.

Jadi dari berbagai model kanopi dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing dari bahan materialnya, tentu pemilihan model tetap menyesuaikan budget dan kebutuhan dari setiap rumah itu sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis hingga rumah minimalis modern. selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga , kamar mandi, mushola dalam rumah, dan kamar tidur anak.