Kumpulan Konsep Dapur di Ruang Terbuka, Dapur pun Tidak Pengap dan Tak Panas


Homeshabby.com -- Rumah impian adalah idaman setiap orang. Tidak perlu mewah dan luas, cukup dengan nyaman sudah membuat rumah seolah-olah menjadi surga. Area penting di rumah salah satunya yaitu dapur. Pada masa sekarang, dapur bukan hanya sebagai tempat memasak, tapi dapur juga dimanfaatkan untuk tempat berkumpul bersama keluarga apalagi jika ada acara keluarga, bisa sambil masak bersama. Dapur juga sering menyatu dengan dining room/meja makan yang bisa dijadikan sebagai tempat kumpul bersama keluarga. Guna memaksimalkan area dapur yang fungsional kini banyak desain dapur dengan konsep terbuka, memasak dengan nuansa berbeda, menyatu dengan alam. Berikut konsep dapur di area terbuka yang bisa di jadikan referensi menarik bagi anda ;




Dapur menjadi satu dengan taman belakang rumah memberikan nuansa menyejukkan. untuk membuat desain dapur seperti ini tidak membutuhkan area yang luas. Dapur pun tidak perlu dibuat terlalu besar, yang penting ada area terbuka yang memungkinkan dapur mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan cukup cahaya, sehingga dapur tidak pengap dan tidak panas. Area yang menyatu dengan taman hijau membuat aktifitas memasak jadi lebih menyenangkan.




Berbeda dengan sebelumnya, desain dapur ini walaupun tidak menyatu dengan taman secara langsung, tetapi konsep seperti ini akan tetap menjaga suasana dapur yang nyaman dan terhindar dari panas sinar matahari langsung. Lokasi dapur yang ketika keluar langsung menuju taman belakang dengan penyekat pintu kaca memberikan nuansa menyegarkan. Meskipun berada di dalam rumah, penggunaan pintu kaca, cahaya dan udara bisa masuk dengan maksimal untuk penerangan dapur, sehingga terhindar dari suasana pengap.




Desain dapur terbuka yang berbaur dengan konsep alami pada interior yang digunakan, seperti lantai vynil yang bertekstur kayu, dining room dengan bahan kayu jati, dan bersebelahan dengan taman hijau penuh dedaunan rimbun serta pemanfaatan atap transparan yang tahan terhadap perubahan suhu. Keunggulannya dari konsep seperti ini, mendapatkan ventilasi udara dan penerangan yang cukup, udara yang menyegarkan membuat tenang saat moment makan bersama keluarga. Selanjutnya, yang paling menarik adalah tembok dapur yang menggunakan batu bata dan kelihatan seperti bongkaran rumah bikin dapur anda terlihat adem.




Konsep dapur di ruang terbuka dengan perpaduan warna coklat bak kayu pohon dengan nuansa alam yang menarik dan membuat area dapur terlihat lebih cantik. Warna yang selaras pada area dapur menambah suasana dapur makin terang yang dibantu dengan cahaya secara langsung dari taman tanpa atap transparan. Pemanfaatan tirai bambu lipat ke atas bisa ditutup ketika terjadi perubahan suhu, seperti hujan maupun panas yang menggangu aktifitas memasak, meskipun begitu dapur tidak akan pengap maupun gelap.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Imka
Editor   : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.