Daftar Harga Tukang Terbaru di Kota-Kota Besar Indonesia 2020

Insinyurbangunan.com

Homeshabby.com -- Anda sedang merencanakan membangun rumah atau pertokoan? Selain anggaran bahan material, upah atau harga tukang menjadi salah satu hal yang harus diperhitungkan. Harga tukang bangunan sendiri bisa dihitung perhari atau borongan. tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika anda menggunakan sistem harian, anda harus terus-menerus mengawasi kerja tukang karena semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun, maka semakin banyak biaya upah yang harus anda sediakan. Untuk upah tukang bervariasi, tergantung tingkat keahlian serta lokasi pembangunan. Berikut daftar harga tukang di kota-kota besar, antara lain :


Rumah.com

1. Jakarta

Selain memperhatikan lahan dan budget, pemilihan tukang juga perlu anda lakukan. Jakarta merupakan kota besar dengan tingkat penduduk yang banyak, tentu mempengaruhi besar tarif upah tukang baik profesional maupun tidak. Harga tukang harian di daerah Jakarta Rp. 80.000 - Rp. 175.000 / hari dengan waktu kerja yang hampir sama semua lokasi 8 jam kerja. Upah tukang di Jakarta lebih mahal di bandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Untuk pemilihan tukang tidak profesional sebaiknya pilih harga tukang di bawah rata-rata, agar anda bisa lebih meminimalisir biaya pembangunan.

2. Surabaya

Pemilihan tukang yang cocok dengan anda bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya kecekatan dalam bekerja, tetapi semua orang pasti mengharapkan jasa tukang bangunan yang jujur dan berpengalaman. Di Surabaya tarif upah tukang harian Rp. 80.000 - Rp. 100.000/hari lebih murah dibandingkan dengan Kota Jakarta. Harga tersebut untuk tukang yang sudah profesional dan berpengalaman. Untuk tukang tidak profesional sebaiknya anda memilih harga tukang di bawah rata-rata.

3. Semarang

Di Semarang merupakan kota besar yang mempunyai tarif upah tukang yang cukup mahal dengan harga Rp. 75.000 - Rp. 150.000/hari tergantung keahlian dalam membangun. Harga tersebut merupakan harga untuk tukang yang profesional, sedangkan untuk tukang tidak profesional, tentu tarif upah di bawah rata-rata tersebut.

4. Kalimantan 

Kalimantan merupakan daerah kepulauan dengan biaya hidup yang cukup mahal. Tentu dapat mempengaruhi juga terhadap harga tukang di daerah tersebut. Harga tukang harian kisaran Rp. 100.000 - Rp. 200.000/hari jauh lebih besar melebihi kota Jakarta. Untuk anda yang berencana akan membangun atau merenovasi rumah di daerah kalimantan khususnya, sebaiknya berhati-hati dalam memilih tukang karena harga untuk tukang yang tidak mempunyai keahlian dan pengalaman yang handal tentu mempunyai tarif di bawah rata-rata.

5. Bandung 

Harga tarif tukang harian di daerah Bandung sama dengan daerah kota Jakarta yaitu, Rp 80.000 - Rp. 175.000/hari untuk tukang profesional. Sedangkan untuk tukang belum profesional sebaiknya pilih harga tukang di bawah rata-rata.

6. Madiun

Selanjutnya, daerah Madiun provinsi Jawa timur. Harga tukang harian yang lebih murah di bandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Biaya hidup yang terjangkau dan harga material yang tidak terlalu mahal mempengaruhi harga tukang di daerah tersebut. Harga Rp. 70.000 - Rp. 100.000 / hari dengan sistem kerja sama 8 jam dalam sehari untuk tukang yang profesional. 


Sebaiknya, ketika anda hendak memilih tukang bangunan yang berkualitas usahakan anda dapat dari rekomendasi teman atau kerabat anda yang pernah membangun rumah sebelumnya. Sehingga anda dapat mendengar penilaian kualitas kerjanya. Ketika sudah memilih jelaskan lebih rinci konsep bangunan yang anda inginkan agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan jangan lupa membuat kontrak perjanjian yang membahas lingkup pekerjaan, tarif serta jam kerja.

Note : Penentuan harga dalam artikel ini berdasar informasi berbagai tukang di berbagai daerah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Ima
Editor : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.