Cara membuat Peresapan Air pada Teras Rumah Minimalis


Homeshabby.com -- Ngeluh banjir? Anda bisa menyulap teras rumah minimalis menjadi taman yang dapat bermanfaat untuk peresapan air. Khususnya daerah perkotaan dengan curah hujan yang tinggi membutuhkan lahan untuk peresapan air. Penanaman pohon pada teras mempunyai peranan yang sangat besar untuk mencegah datangnya banjir. Akar tanaman tersebut dapat menyerap air dan menyimpan air sehingga udara di area rumah menjadi sejuk dan bersih. 





Berikut contoh skema alur dari peresapan air yang bisa anda terapkan di rumah anda, dengan adanya peresapan air dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan pasokan air yang bersih dan ramah lingkungan, sehingga membuat sekitar teras rumah anda terlihat asri dan terhindar dari genangan air pada saat musim hujan. 

Cara membuat resapan air yang pertama, memiliki tanah yang datar dan menggalinya dengan kedalaman 1,5 meter serta diameter 80 - 100 cm.
Langkah kedua, untuk memperkuat dinding galian bisa menggunakan batu bata tanpa di plester. Sumur resapan bagian bawah diberi serabut sapu/ijuk, aliran air yang masuk menggunakan pipa paralon dan dihubungkan ke saluran drainase.
Langkah ketiga, lubang galian bisa ditutup dengan menggunakan plat beton. Permukaan area bisa menggunakan pasir dan bagian atas tanah yang bisa ditanami dengan pohon/bunga untuk memperindah teras rumah anda.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.

Penulis : Ima
Editor : Munawaroh
Sumber : Berbagai sumber




Homeshabby.com adalah website kumpulan desain rumah minimalis dari yang sederhana hingga minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggulan kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.