Tips Pemilihan Jenis Bahan Kanopi Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Tips Pemilihan Jenis Bahan Kanopi


HomeShabby.com - Kanopi ?? mungkin istilah ini tidak asing lagi terdengar di telinga anda. Ya, kanopi adalah sejenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian luar rumah maupun beberapa bangunan yang lain seperti pada ruko, toko, dll dari panas matahari maupun air hujan. Sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia kanopi artinya tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya dan pada teras terdapat bertiang sebagai pemisah halaman dengan bagian luar rumah ataupun suatu bangunan. Seiring dengan perkembangan jaman kanopi ini mengalami perkembangan yang pesat selain digunakan untuk rumah juga dapat digunakan pada bagian garasi mobil, kantor, balkon rumah, dll. 

Fungsi utama suatu kanopi berdasarkan penjelasan diatas adalah untuk melindungi penghuni maupun bagian luar suatu rumah atau bangunan yang lain dari sinar matahari atau hujan fungsi lain dari kanopi diantarannya:

1. memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari benda-benda yang jatuh dari atas serta mampu memberikan privasi bagi penggunannya.
2. kanopi mampu dan memberikan nilai dekoratif tambahan pada bangunan. Nilai dekoratif disini maksudnya adalah kanopi mampu menambah keindahan desain atau tampak dari suatu rumah atau bangunan.

Nah, setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari kanopi kita akan membahas mengenai jenis bahan dari kanopi yang awet dan berkualitas :

1. Canopy Membrane 

Bahan pertama jenis kanopi yang awet dan bagus adalah canopy membrane. Kanopi jenis ini terbuat dari agtex, heytex, ferrari, serge. Kanopi jenis ini dapat tahan selama kurang lebih 10 - 30 tahun tergantung dari ketebalan dan merek yyang digunakan. Untuk harga canopy membrane ini berkisar antara 750 rb - 1, 8 jt. Biasanya kanopi ini digunakan untuk rumah elit, masjid besar, dan perusahaan besar. Kegunaan dari kanopi ini dapat untuk atap parkir, atap lapangan olahraga, atap pabrik, atap kolam renang, dll. 

2. Spandek 

Bahan kedua yang sering digunakan adalah spandex. Kanopi jenis ini terbuat dari aluminium dan seng yang tipis. Kelebihan dari bahan jenis ini adalah mudah dilipat sesuai dengan penataan dan bentuk kerangka. Bahan jenis ini bisa tahan selama kurang lebih 10-15 tahun karena termasuk bahan yang anti karat dan jarang terjadi keropos. Bahan spandex ini berkisar antara harga 55 rb sampai 85 rb. 

3. Galvalum

Galvalum adalah jenis bahan kerangka dari kanopi. Bahan jenis ini terbuat dari baja ringan yang cukup kuat. Bahan ini jika dibandingkan dengan besi memiliki kekuatan yang lebih kuat dan ringan. 


Bagi Bunda yang ingin mencari Aneka Hiasan Dinding, Rak Shabby, Keset Home, Keset Kitchen, Wall Decor, Vas Bunga, Kaligrafi, dll. Bunda cukup klik www.helloshabby.com atau follow instagram @hello.shabby. Hello Shabby memberi peluang bagi ibu rumah tangga yang ingin menjadi reseller yang menguntungkan. Bersama Hello Shabby membawa keuntungan bagi kita semua.





Homeshabby.com adalah website kumpulan desain dan denah rumah minimalis mulai dari yang sederhana hingga rumah minimalis modern. Selain itu terdapat beberapa tips dan trik dekorasi rumah berbagai tema. Tema unggula kami adalah desain dan denah rumah, inspirasi ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, mushola dalam rumah, teras rumah, dan kamar tidur anak.