Jangan Abaikan Ini !! Inilah Ukuran Kamar Tidur yang Ideal Untuk Keluarga

Jangan Abaikan Ini !! Inilah Ukuran Kamar Tidur yang Ideal Untuk Keluarga



HomeShabby.com - Kamar tidur adalah salah satu ruang yang paling penting di rumah. Ruangan ini adalah tempat untuk beristirahat dan semua hal yang berbau privasi. Untuk itu kenyamanan merupakan hal yang diutamakan. Salah satu hal yang dapat menjadi unsur kenyamanan adalah dari segi ukuran kamar tidur tersebut. Nah, tak jarang dari kita merasa kebingungan menentukan ukuran dari kamar tidur yang ideal untuk keluarga. Untuk itu, kami akan memberikan ukuran kamar tidur yang ideal untuk keluarga. Pelajari Selanjutnya 😊

1. Kamar Tidur Utama



Kamar tidur utama yang ideal memiliki ukuran dan proporsi yang dapat diperoleh melalui penghitungan ukuran furniture yang ada di kamar tidur. Sebagai contoh, kebutuhan kamar tidur utama adalah tempat tidur ukuran super king size (200 cm x 200 cm), lemari pakaian, 2 meja kecil dengan satu atau dua laci di bagian samping kepala tempat tidur, meja rias, dan kursi rias. Sehingga dapat diperkirakan  luas total furniture adalah 6,40 m2.

Asumsi sirkulasi manusia 200% dari luas furniture. Dengan demikian, total kebutuhan luas ruang kamar tidur utama adalah 6,40 m + (200% x 6,40 m2) = 19.20 m2. Dibulatkan menjadi 20 m2. Dengan kata lain, ukuran ideal kamar tidur utama yang diperlukan adalah 4 m x 5 m.

2. Kamar Tidur Anak 


Kamar tidur anak yang ideal memiliki ukuran dan proporsi yang dapat diperoleh melalui penghitungan ukuran furniture yang ada di kamar tidur. Sebagai contoh, kebutuhan kamar tidur anak adalah tempat tidur ukuran single size  (90 cm x 200 cm), meja belajar, kursi belajar, lemari. Sehingga dapat diperkirakan  luas total furniture adalah 3 m2.

Asumsi sirkulasi manusia 200% dari luas furniture. Dengan demikian, total kebutuhan luas ruang kamar tidur utama adalah 3 m + (200% x 3 m2) = 9 m2. Dengan kata lain, ukuran ideal kamar tidur utama yang diperlukan adalah 3 m x 3 m.

Namun, terkadang kita terlanjur membangun kamar tidur dengan ukuran tidak proposional yang dikarenakan berbagai faktor yang antara lain luas bangunan rumah, jumlah anggota keluarga, dll. Tenang saja kami akan memberikan beberapa tips untuk anda agar kamar tidur terasa proporsional. 

Beberapa tips agar kamar tidur utama tetap terasa proporsional sebagai berikut :

1. Menggunakan warna kamar tidur yang ringan, misalnya putih, krem, atau warna pastel. Selain itu, penempatan jendela di sudut kamar tidur dapat membuat suasana kamar tidur terlihat lebih lapang.
2. Menggunakan material transparan dan ringan. Misalnya cermin pada pintu lemari mampu memberikan kesan luas. 
3. Menggunakan tempat tidur yang memiliki rak atau laci di bagian bawahnya untuk mengatasi kurangnya tempat penyimpanan.
4. Menggunakan furniture yang tidak tertutup, sehingga tidak terkesan masif dan memakan tempat.
5. Menggunakan furniture yang compact dan dapat dilipat sesuai kebutuhan saat ingin dipakai, misalnya sofa lipat dan sejenisnya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat menginpirasi dan juga bermanfaat bagi anda. Sekian Terima Kasih 😊 

Wall Decor Untuk Pemesanan Kontak Whatsapp 08568160677

Wall Decor Untuk Pemesanan Kontak Whatsapp 08568160677

Kaligrafi Untuk Pemesanan Kontak Whatsapp 08568160677


Kaligrafi Untuk Pemesanan Kontak Whatsapp 08568160677


Bagi Bunda yang ingin mencari Aneka Hiasan Dinding, Wall Decor, Rak Shabby, Keset Kitchen, Keset Home, Kaligrafi, Vas Bunga, dll. Bunda cukup klik www.helloshabby.com atau follow Instagram @hello.shabby. Hello Shabby memberi peluang bagi Ibu Rumah Tangga yang ingin menjadi Reseller yang menguntungkan. Bersama Hello Shabby membawa keuntungan bagi kita semua.