Ide Tata Ruang Rumah Minimalis - Mudah Ditiru!

Ide Tata Ruang Rumah Minimalis - Mudah Ditiru!



Homeshabby.com -- Menata interior rumah ataupun eksterior ternyata dapat memberikan penampilan terbaik dan menarik. Untuk menatanya, ternyata juga tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan tips dekorasi dan juga pemanfaatan lahan di ruangan agar maksimal dan memberikan sentuhan akhir yang sempurna sesuai tema rumah. Baik untuk rumah minimalis, modern ataupun klasik, menata interior rumah diperlukan cara dan juga referensinya. Agar memudahkan anda untuk menata interior rumah, simak Ide Tata Ruang Rumah Minimalis - Mudah Ditiru berikut ini:


Eksterior fasad dengan warna terang



Pemilihan warna merupakan bagian finishing akhir dari sebuah elemen yang dapat memberikan hasil akhir menarik dan cantik. Eksterior rumah dengan warna terang dominan putih dan sedikit aksen abu-abu ini memberikan kombinasi yang tepat untuk model rumah minimalis mungil dan sederhana. Penataannya dibuat rapi dengan aksen pilar rumah ditambah elemen lampu eksterior. Detail lainnya juga diperlihatkan jelas dari bagian dinding dengan material woodplank tambahan untuk menimbulkan kesan tekstur.

Sudut kecil untuk teras rumah


Untuk menentukan space rumah yang fungsional, anda bisa memulainya pada bagian sudut teras rumah untuk taman seperti yang terlihat. Jelas jika konsep taman kering jadi pilihannya untuk memberikan kesan segar dan hunian yang lebih liveable untuk ditinggali. Efek segar juga bisa anda lengkapi untuk bagian taman rumah. Atau atur bagian teras dengan set furniture ringan seperti bahan rotan atau bahan UPVC yang ringan.

Atur dekorasi ruang yang ringan


Interior rumah juga membutuhkan bahan dekorasi untuk membuat ruangan lebih segar dan attraktiv. Tidak hanya itu saja, menggunakan aksen karpet motif seperti yang terlihat juga akan melengkapi detail ruang lebih jelas dan tampak berdimensi. Sudut ruang dapat anda formulasikan dengan standing lamp ataupun sekedar tanaman hias untuk menyegarkan suasana ruangan.

Buat penataan open plan



Manfaatkan ukuran ruang yang kecil dan terbatas menggunakan desain ruang open plan. Ini adalah cara yang tepat untuk mengurangi banyaknya sekat pada ruang sehingga bisa memberikan kesan lapang. Ujung ruang sebagai ruang tamu cukup anda lengkapi satu sofa, coffee table dan stool tambahan jika diperlukan. Lengkapi dengan console table supaya muat untuk fungsional ruang lebih rapi dan tertata.


Maksimalkan dengan cahaya ruang 



Jangan buat ruangmu terlihat kecil dengan perabot yang ada. Detailnya bisa anda tempatkan di dekat ruang yang open space antara taman belakang. Pencahayaan yang masuk akan maksimal membuat ruangan lebih lapang dan luas. Penuhi kebutuhan simpan dengan kabinet atau standing rak agar penataan ruangmu terlihat jelas dan tertata rapi. 


Jangan lupakan cermin ruangan


Selain fungsi cermin sebagai padu-padan outfit, anda bisa memiliki cermin untuk ruang yang kecil agar memberikan kesan lapang. Pantulan cahaya yang masuk akan membuat ilusi mata yang seakan-akan ruang lebih luas. Terapkan penggunaan cermin untuk penyesuaian kebutuhan dan letakkan di dekat jendela agar cahaya tetap terpantul dengan jelas.



Manfaatkan tiap sudut 



Hal penting lainnya yang akan berpengaruh untuk interior rumah adalah, memanfaatkan bagian sudut ruangan dengan rapi. Sebagai laundry room, area ini dapat anda maksimalkan penggunaan rak ataupun kabinet lain yang diperlukan. Buat aksen kontainer jika perlu untuk simpan deterjen ataupun kebutuhan lainnya.

Atur serapi mungkin


Bahkan jika kamar mandi di rumah terasa penuh dan sesak, mungkin kamu bisa mengeluarkan sedikit perabot yang digunakan untuk tempat simpan semua alat mandi dan kebutuhan lain. Manfaatkan bagian permukaan dinding untuk tampilan rak display yang rapi can cantik. Ide ini akan mempengaruhi tampilan dapur sehingga terlihat lebih ringkas dan rapi.


Dapur modern dengan tema keinginan


Buatlah ruang dapur yang rapi dan menarik sesuai kesukaan sendiri. Perihal ukuran, mungkin bisa meminimalisir penggunaan perabot dan memilih model dapur yang sesuai. Kamu bisa memilih single wall dengan aksen rak display tanpa kabinet atas serta storage built-in yang berguna untuk kulkas dan keperluan lainnya.


Pilih furniture praktis



Pilih perabot ruang makan yang praktis dan sesuaikan dengan ukuran ruang. Model furniture ringan dan ringkas dari material kayu bisa jadi pilihannya karena bersifat timeless. Inspirasi ruang makan ini akan memberikan suasana kumpulan keluarga yang hangat dan intens. Apalagi desain tata letaknya berada di dekat taman belakang rumah.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Ide Rumah Idaman


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.