Inspirasi Rumah 4.8 x 25 Meter Irit Biaya Unfinished - Ada Rooftop Terbuka

 

Inspirasi Rumah 4.8 x25 Meter Irit Biaya Unfinished - Ada Rooftop Terbuka



Homeshabby.com -- Mendesain hunian perlu dipertimbangkan luas lahan dan juga budgetnya. Karena rumah jadi bagian penting dari kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga desainnya perlu diimbangi dengan pemilihan material hingga mengutamakan segi estetik. Desain rumah kali ini masih dibiarkan tanpa finishing karena mengusung konsep industrial minimalis. Model rumahnya juga dibuat terbuka untuk membuat penghawaan masuk secara optimal. Simak terus, detail lengkapnya pada Inspirasi Rumah 4.8 x25 Meter Irit Biaya Unfinished - Ada Rooftop Terbuka di bawah ini: 


Dinding bata ringan tanpa finishing



Desain interior pada rumah ini terlihat ekonomis dari pemilihan perabot hingga detail dinding yang dibiarkan tanpa finishing. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak, flooring dari semen pun juga dipilih. Untuk memberikan aplikasi ruang yang menarik, sebaiknya memilih perabot dari bahan kayu dengan finishing glossy untuk detail yang kompleks dan merata. 
Begitu juga dengan instalasi listrik yang dibiarkan ditutup dengan pipa untuk memudahkan perbaikan saat terjadi kesalahan.



Detail ruang dengan cahaya




Untuk memastikan desain ruangan tetap terlihat terang tanpa penggunaan listrik saat siang hari, sebaiknya interior rumah menggunakan detail jendela untuk membuat cahaya masuk lebih intens. Selain itu, penggunaan dekorasi ringan pada ruangan bisa dipilih warna kontras seperti cokelat tua, abu tua ataupun unsur lain yang lebih kontras daripada dinding ruangan. Detail semen ekspos pada lantai memiliki sifat yang sensitif terhadap air namun perawatannya yang mudah. Cukup sapu dan pel pada umumnya untuk mengembalikan tampilan.



Detail rooftop terbuka



Rumah ini berukuran 4.8 x 25 meter namun masih memiliki bagian rooftop yang terbilang terbuka dan lapang. Selain bisa jadi aksen dry garden, area ini juga terdapat void area untuk membuat hawa segar masuk ke hunian. Pemilihan detail dan materialnya yang masih sama menggunakan bata ringan dengan kekuatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan batako. 


Void area sekaligus taman rumah



Selain menggunakan konsep industrial modern, hunian ini memiliki satu spot taman yang berada ditengah rumah. Memisahkan antara ruang tamu dan kamar tidur yang membuat hunian terasa lebih menyegarkan. Dengan konsep atap terbuka, pencahayaan maksimal hingga ke bagian interior rumah. Penataannya yang rapi juga menerapkan konsep vertikal garden agar lebih detail. Anda perlu memastikan drainase pada area ini supaya tidak terjadi genangan apabila hujan turun.



Konsep dapur terbuka dekat taman



Seperti pada detail gambar, rumah ini memiliki bagian dapur yang letaknya berada di dekat taman rumah sehingga kegiatan masak jadi lebih nyaman. Dengan konsep terbuka, gunakan beberapa material alami dari bahan kayu hingga model dapur Jepang yang ukurannya kecil tapi fungsional ruangnya tetap maksimal.



Detail pembagian ruang



Dengan model minimalis 3 lantai, rumah ini memiliki pembagian yang tepat. Pada lantai satu digunakan untuk ruang tamu, dapur, taman di tengah ruang dan juga satu kamar tidur utama. Tangga di tempatkan di bagian hunian paling belakang yang menuju lantai 2. Pada lantai 2 terdapat satu kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Pada bagian paling atas digunakan untuk rooftop dan taman kering.




 
Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.