Desain Rumah Mungil 5 x 15 M dengan Konsep Taman Indoor dan Dapur Terbuka

Desain Rumah Mungil 5 x 15 M dengan Konsep Taman Indoor dan Dapur Terbuka

Homeshabby.com -- Kebutuhan rumah tiap tahun yang semakin meningkat menjadi salah satu hal yang harus di utamakan bagi keluarga. Namun ini tidak seimbang dengan luasana rumah yang masih tersedia saat ini. Hal ini pun akan berpengaruh dengan ukuran rumah yang anda miliki jika lahannya terbatas. Salah satunya desain rumah yang akan dibagikan khusus anda untuk menambah inpirasi rumah di masa mendatang. Meski hanya ukuran 5 x 15 m, rumah ini dapat anda coba bangung di area perkotaan hingga pedesaan. Simak inspirasinya Desain Rumah Mungil 5 x 15 M dengan Konsep Taman Indoor dan Dapur Terbuka di bawah ini:


Fasad rumah minimalis eksterior elegan


Tampak detail rumah minimalis ukuran 5 x 15 m ini terlihat modern dengan eksterior monokrom yang menarik dan stylish. Pemilihan warna detail hitam dan putih diaplikasikan merata secara menyeluruh di bagian fasad. Seperti detail pilar rumah dengan sedikit dinding model klasik plus lampu eksterior tambahan agar lebih berbeda. Ventilasi udara maksimal di tempatkan di titik rumah hingga di dinding sopi-sopi supaya pencahayaan interior lebih merata. Hunian yang mungil ini akan menjadi idaman karena cukup idealis untuk keluarga kecil dengan akses terbuka tanpa pagar.


Tampak sisi samping rumah


Hunian ini tampak kuat dan kokoh menggunakan elemen batu alam pada area depan rumah. Penggunaan carport tanpa tiang ini dipilihkan material kaca transparan dan rangka baja metal. Eksterior yang tetap seimbang ini dibedakan antara teras, carport dan taman rumah. Area teras yang sedikit dibuat dak ini berlaku sebagai topi-topi untuk penghalang tampiasn dan panas masuk ek dalam rumah. 
Akses terbuka tanpa adanya pagar ini bisa anda ganti dengan taman mini untuk penyegarkan dan fungsional sebagai resapan air. 

Siapkan sistem drainase rumah yang biasanya beradad di depan atau belakang rumah. Anda bisa menanamnya di sekitar rumah yang ditutupi dengan perkerasan beton ataupun cor.


Detail fasad atap rumah 


Penggunaan model atap pelana bertingkat ini digunakan supaya menciptakan interior ruang yang lebih dramatis jika dipasangkan plafon. Model atap pelana pun sangat cocok dan mudah diterapkan pada rumah mungil seperti ini. Tingka kemiringan yang telah diperhitungkan membuat rumah tetap aman dari rmebesan dan hawa panas. Namun anda tetap perlu memilih material atap yang kuat seperti flat beton, aspal hingga bahan metal lain.

Kombinasikan dengan atap kaca di bagian belakang rumah dan carport seperti yang terlihat. Ini digunakan supaya penghawaan dan konsep terbuka di rumah bisa di rasakan.


Pembagian tata ruang rumah


Dengan ukuran 5 x 15 m, tata ruang rumah ini dibuat minimalis dan rapi. Mulai dari bagian penghijauan depan rumah hingga carpot tampak terbuka supaya terkesan melegakan. Satu sisi rumah dijadikan ruang privasi khusu untuk kamar tidur, kamar mandi hingga taman indoor untuk penghawaan di antara dua kamar tidur. 

Konsep open plan diterpakan untuk area publik seperti ruang tamu dan ruang keluarga serta ditambahkan sekat untuk menjaga privasi. Rumah ini pun juga memiliki mushola dalam rumah hingga laundry kecil di belakang rumah yang segar dengan konsep open space taman belakang.

Pembagian ruang dengan ukuran




Ukuran 5 x 15 m pada rumah ini bisa anda simak detail ruang dan ukurannya sebagai berikut:

- Di mulai dari bagian taman rumah ukuran 2.5 x 2.25 m, carport ukuran 2.5 x 4 m dan teras ukuran 2.5 x 1.25 m
- Interiornya terdapat ruang tamu ukuran 2.5 x 2.5 m, ruang keluarga ukuran 2.5 x 3 m, mushola dalam rumah ukuarn1.5 x 12.5 m dan kamar mandi umum ukuran 1.25 x 1.5 m.
- Dengan area privasi seperti kamar tidur 1 ukuran 2.5 x 2.5 m, kamar tidur utama ukuran 3.25 x 2.5 m dengan kamar mandi dalam ukuran 1 x 1.5 m
- Memiliki taman indoor ukuran 1 x 2 m, ruang cuci jemur ukuran 2 x 2.5 m dan dapur serta ruang makan konsep outdoor ukuran 2 x 2.5 m
- Terakhir adalah taman belakang rumah ukuran 5 x 1.25 m yang bisa dijadikan tempat santai hingga area santai khusu keluarga.


 



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman Desain Rumah


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.


Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com