7+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type Mezzanine Maksimal Untuk Lahan Sempit

 
7+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type Mezzanine Maksimal Untuk Lahan Sempit


Homeshabby.com -- Saat ini hunian dengan konsep Mezzanine sering diaplikasikan di kota besar yang memiliki lahan sempit guna memaksimalkan penataan ruang di dalam rumah. Seperti yang diketahui, rumah mezzanine adalah rumah yang menambahkan ruangan tambahan lain yang terletak di antara lantai serta plafon. Desain ruang mezzanine ini dibuat bertujuan untuk menambah ruangan lain tanpa harus membuat lantai tambahan lagi. 

Sebelum membangun rumah dengan konsep mezzanine pastikan anda memang membutuhkan area di sekitar mezzanine untuk tempat santai bahkan ruang tidur  sekaligus. Selain itu, anda bisa mempertimbangkan luasan lantai mezzanine, pencahayaan yang optimal hingga perabotan yang baik untuk digunakan. Sebagai inspirasinya, anda bisa menyimak 7+ Inspirasi Desain Rumah Minimalis Type Mezzanine Maksimal Untuk Lahan Sempit di bawah ini:


Tampak fasad rumah mezzanine

the_jasminehouse


Desain rumah mezzanine dari bagian fasad terlihat menarik dengan pembagian lahan yang optimal untuk bangunan, area penghijauan serta carport rumah. Tanpa detail yang berlebihan, fasad rumah ini sangat menarik dengan penggunaan kanopi di carport untuk menjaga kendaraan dari panas dan hujan. Tampak dari kejauhan konsep mezzanine diterapkan dengan maksiamlaknya ventilasi mati untuk sekedar pencahayaan agar ruangan lebih terbuka dan tidak pengap.


Desain teras minimalis rumah mezzanine

the_jasminehouse



Beralih di area teras rumah dibuat konsep minimalis sederhana dengan eksterior abu-abu serta sentuhan kayu alami untuk kabinet sudut di teras dan kursi besi yang dikombinasikan dengan rotan alami. Meski teras rumah terlihat sangat mungil, penempatan kursi dialihkan di sekitar carport yang cukup fungsional sebagai tempat santai ataupun area bermain anak. Agar kesejukan tetap dirasakan, anda bisa menambahkan berbagai tanaman hias untuk kesan yang asri dan alami.


Interior ruang tamu minimalis nuansa earth tone

the_jasminehouse



Interior ruang tamu pada rumah mezzanine ini dibuat ukuran yang sedang tanpa coffee table untuk memaksimalkan ruangan. Luas ruangan yang tidak terlalu besar ini cukup anda isi dengan sofa kulit fungsional untuk dijadikan ruang keluarga sekaligus. Sebagai dekorasinya, gunakan sedikit sentuhan alami dari tanaman kering untuk mempercantik sudut ruangan. Agar semakin dinamis, tambahkan beberapa pajangan dinding berupa foto keluarga atau rak display untuk pernak-pernik ruangan.


Ruangan mezzanine di atas teras  rumah

the_jasminehouse



Ruang mezzanine yang diaplikasikan pada bagian teras rumah ini dapat anda buat dengan ukuran 1 x 2 m dan dijadikan tempat santai prribadi. Tangga vertikal dari besi yang mepet dengan jendela ruang tamu ini dipermanis tirai bambu minimalis agar terlihat menarik dan tampak safety. Desain ruang tamu minimalis yang hangat dengan foto keluarga memberikan kesan haru berkumpul bersaama keluarga.


Dapur di bawah ruang mezzanine

the_jasminehouse


Rumah ini memiliki dua mezzanine yang berada di sekitar ruang tamu dan di atas dapur. Penempatan yang maksimal dan efisien untuk kegiatan masak ini dibuat konsep semi-terbuka dengan taman belakang rumah yang berukuran kecil. Dapur model linear dengan counter top tanpa kabinet atas ini tetap maksimal untuk ruang simpan. Anda bisa mengalihkan penyimpanan di sebelah meja dapur dengan rak terbuka atau kabinet model lain. 

Tangga untuk ruang mezzanine di pilih tangga besi untuk keamann dan lebih kuat dalam jangka waktu yang lama.


Detail dapur minimalis dengan atap kaca

the_jasminehouse



Agar maksimal, untuk kegiatan masak di dapur meski dengan ukuran yang sempit. Anda bisa membatasi perabot rumah tangga untuk tidak disimpan seluruhnya di sekitar dapur. Penggunaan kabinet dapur yang diganti dengan rak display ini maksimal bisa anda jadikan pilihan untuk meletakkan perabot masak seperti spatula, panci ataupun cutting board. Karena ukuran yang kecil, maksimalkan lagi dengan pencahayaan dari atap kaca atau skylight supaya lebih terang.


Ruang santai di rumah mezzanine

the_jasminehouse


Ruang santai yang ditempatkan di area mezzanine di atas dapur ini dibuat sederhana. Dinding beton ekspose nampak menarik dengan konsep unfinish agar terlihat menarik dan bertema industrial. Dekorasi ruang santai yang diisi dengan karpet bulu serta macrame gantung untuk kesan dekoratif. Maksimalkan pencahayaan di sekitar area mezzanine untuk suasana santai yang nyaman dan lebih menarik.



Kamar tidur minimalis dengan konsep lesehan

the_jasminehouse



Desain kamar tidur yang menarik untuk dijadikan kamar utama ini dibuat konsep minimalis yang sangat berkesan. Konsep lesehan tanpa ranjang dengan rak model terbuka untuk menyimpan pakaian atau alat sholat dipilih bahan kayu agar terlihat ramah lingkungan. Dinding kamar tidur yang masih menggunakan semen unifinish di salah satu sisi ini membuat tampilan kamar tidur semakin dinamis, karena dekorasi yang diaplikasikan tidak terlalu banyak.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : the_jasminehouse



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.