7 Model Atap Rumah Untuk Inspirasi Hunian Minimalis Hingga Modern


7 Model Atap Rumah Untuk Inspirasi Hunian Minimalis Hingga Modern


Homeshabby.com -- Atap merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh tertinggal saat membangun rumah. Selain sebagai pelindung area bawahnya agar tidak kehujanan, atap rumah juga menjadi kebutuhan dasar agar komponen rumah lengkap dan layak dihuni. Atap juga merupakan salah satu elemen penting untuk menambahkan nilai seni dan gaya cantik dari model rumah yang telah dibangun. Namun saat memilih atap tentunya anda perlu menyesuaikan model atap apa dan jenis material atap apa yang sesuai dengan konsep rumah. Agar rumah dapat lengkap dan jelas terlihat dari kejauhan. Lalu model atap rumah seperti apa saja yang cocok untuk diaplikasikan dirumah anda? Simak 7 Model Atap Rumah Untuk Inspirasi Hunian Minimalis Hingga Modern yang bisa anda ketahui kelebihan masing-masing di bawah ini!


Model atap rumah piramida 

archiputra_desain

Model atap berikut ini disebut piramida. Model yang pembuatannya rumit dan perlu perhitangan panjang, lebar dan ketinggian akurat di setiap sisinya. Model atap piramida ini disarankan untuk rumah yang memiliki luas tanah kecil, sehingga tampak atap seperti yang terlihat tanpa menyisakan space yang akan membuat lebar model atap. Atap piramida ini memiliki empat bidang segitiga yang sama bentuknya. 


Model atap setengah miring

noman_desainrumah

Rumah denga atap model setengah miring seperti ini saat ini banyak diaplikasian untuk rumah-rumah bertipe modern dengan luasan yang sedang. Mulai dari rumah kontemporer, Scandinavian, minimalis hingga modern sangat cocok untuk menerapkan atap setengah miring ini. Selain modelnya yang simpel, model atap setengah miring ini sengaja dibuat dengan dinding sopi-sopi yang lebih tinggi agar bisa dimaksimalkan untuk ruang lain seperti lotong dan area santai. Konsep rumah dengan menggunakan atap setengah miring ini juga unik bisa anda kombinasikan dengan atap kaca yang mampu menberikan penghawaan terang ke dalam rumah.



Model atap pelana rumah minimalis

archiputra_desain

Model atap pelana ini termasuk model atap yang mudah dikenali dengan bentuk segitiga dan atap yang kemiringannya curam. Atap rumah pelana seperti ini cukup sering dijumpai dan diaplikasikan pada berbagai rumah minimalis hingga modern di perumahan. Anda bisa menggunakan atap pelana ini untuk daerah tropis yang suhu panas terlalu tinggi karena dapat meredam hawa panas masuk kedalam rumah secara berlebih. Selain itu, atap pelana ini juga menyisakan ruang kosong dibagian bawah langit-langit rumah yang bisa dijadikan loteng hingga kamar tidur.


Atap limasan yang cocok untuk segala tipe rumah

archiputra_desain


Melihat model atap rumah selanjuntya, ini dinamakan atap limasan atau perisai yang memiliki sisi miring di keempat sisi. Biasanya model atap ini digunakan pada rumah-rumah yang berukuran luas dan sangat populer dijadikan model atap untuk rumah di Indonesia. Kestabilan atap limasan ini sangat baik karena memiliki bagian dalam yang miring dengan empat sisi. Selain kokoh, atap limasan ini sangat cocok untuk rumah yang berada di daerah tropis dengan cuaca yang tidak menentu.


Model atap datar untuk rumah bergaya kontemporer

archiputra_desain


Saat membangun rumah, desain dan model atap sangat menentukan penampilan fasad rumah. Nah jika anda termasuk kaum millenial yang menyukai desain rumah minimalis, inspirasi model atap datar ini bisa dijadikan solusinya. Model atap datar memang lebih sedikit mahal ketimbang model atap biasnaya karena struktur tulangan plat atap ini haruslah kuat untuk bisa menompang beban mati dan beban hidup dari rumah dan atap itu sendiri. Model atap datar ini juga sangat cocok diterapkan pada pemilii rumah yang ingin menambah lantai lagi, sehingga bisa dikatakan rumah tumbuh.


Model atap rumah kombinasi

archiputra_desain


Selain dapat melindungi banguna rumah dan isinya, atap juga bisa membuat fasad rumah lebih menarik. Apalagi dengan model atap kombinasi yang dibuat unik mulai dari atap pelana, setengah miring dan atap datar menggunakan kaca tranparan. Desain atap yang menarik ini bisa anda bagi untuk beberapa bagian mulai dari bangunan utama, depan dan belakang. 


Model atap limasan jawa modern

noman_desainrumah


Hampir sama dengan model atap limasan di pembahasan sebelumnya, desain atap limasan jawa modern kali ini nampak berbeda dengan adanya ornamen tambahan di tiap sudut atap, Model atap limasan memang dipercaya dapat memberikan tampilan fasad rumah terlihat megah, kuat dan kokoh. Selain itu, model atap limasan seperti juga bisa anda kombinasikan lagi dengan model atap lain supaya memperkaya tampilan fasad rumah jadi lebih menarik.






Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.